Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa dalam Sistem Moving Class Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching pada Kelas VII SMP Muhammadiyah 7 Surakarta

Amrih Mahanani, Ponco Sujatmiko, Dwi Maryono

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa pada materi segitiga dan segiempat dalam sistem moving class melalui model pembelajaran Quantum Teaching  pada siswa kelas VIIE SMP Muhammadiyah 7 Surakarta tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIE SMP Muhammadiyah 7 Surakarta tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 29 siswa aktif. Teknik pengumpulan data adalah dengan angket, observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data motivasi belajar matematika siswa yang diperoleh dari hasil angket, data prestasi belajar matematika siswa yang diperoleh dari tes akhir siklus, serta data pelaksanaan proses pembelajaran yang diperoleh dari observasi dan dokumentasi.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa motivasi belajar matematika siswa pada materi segitiga dan segiempat dalam sistem moving class dapat meningkat melalui penerapan model pembelajaran Quantum Teaching  pada siswa kelas VIIE SMP Muhammadiyah 7 Surakarta tahun ajaran 2012/2013. 

Keywords

motivasi belajar; Quantum Teaching; moving class; penelitian tindakan kelas

Full Text:

PDF

References

Elliott, Kratochwill, Littlefield Cook, & Travers. (2000). Educational Psychology : Effective Teaching, Effective Learning, Third Edition. Singapore : McGraw-Hill.

DePorter, B., Reardon, M., & Singer-Nourie, S.. (2007). Diterjemahkan oleh Ary Nilandari. Quantum Teaching : Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas. Terj. Ary Nilandari. Bandung : Kaifa.

Uno, Hamzah B.. (2007). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara.

Budiyono. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta : Sebelas Maret University Press.

Annawiyah, Choirul. (2009). Peningkatan Motivasi Belajar MatematikaDengan Pemberian Hadiah Pada Siswa Kelas IV SDN Gerih 2 Ngawi TahunPelajaran 2008/2009. Skripsi Tidak Dipublikasikan, Universitas sebelas Maret, Surakarta.

Suwandi, Sarwiji. (2009). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta : Panitia Sertifikasi Guru rayon 13 FKIP UNS.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.