Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Divisions (Stad) di Kelas VII B MTS Muhammadiyah 6 Karanganyar

Muhtar Irsyad, Ponco Sujatmiko, Dhidhi Pambudi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas VII B MTs Muhammadiyah 6 Karanganyar tahun pelajaran 2014/2015 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII B MTs Negeri 6 Karanganyar tahun pelajaran 2014/2015. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan tes. Teknik analisis data adalah dengan teknik analisis deskriptif. Validasi data dari keaktifan siswa dengan menggunakan teknik triangulasi. Dari hasil observasi rata-rata prosentase keaktifan siswa pada siklus I 74,56% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 82,73%. Sedangkan dari hasil tes, siklus I prosentase ketuntasan siswa sebesar 39,29% menjadi 75% pada siklus II. Berdasarkan hasil observasi dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas VII B MTs Muhammadiyah 6 Karanganyar tahun pelajaran 2014/2015 pada pembelajaran matematika adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang terdiri dari lima komponen utama yaitu : presentasi, kelompok, kuis, skor individu, dan penghargaan kelompok. Hal tersebut dikarenakan dalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD siswa terlibat aktif berdiskusi dalam kelompok yang heterogen, terlibat aktif dalam kegiatan presentasi kelas, dan adanya penghargaan kelompok. Dan dengan adanya kuis dan skor kemajuan individu dalam kelompok setiap individu berlomba memperoleh nilai terbaik untuk kelompoknya sehingga prestasi siswa meningkat.

Keywords

STAD; keaktifan siswa; prestasi belajar

Full Text:

PDF

References

Basrowi dan Suwandi. 2008. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Bogor : Ghalia Indonesia.

Budiyono. 2003. Metodologi Penelitian Tindakan. Surakarta: UNS Press.

Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Robert E. Slavin. 2008. Cooperatif Learning : Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Indah.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.