Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Surakarta pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Keaktifan Belajar Siswa

Ester Lestari, Laila Fitriana, Dhidhi Pambudi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar kognitif dilihat dari keaktifan belajar siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimental semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Sampel yang digunakan adalah siswa dari 2 kelas dengan jumlah 61 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah instrumen tes hasil belajar kognitif dan angket keaktifan belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, kemudian dilakukan uji lanjut pasca anava dengan uji komparasi ganda menggunakan metode Scheffe. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran langsung memberikan efek yang sama terhadap hasil belajar kognitif siswa, (2) siswa dengan keaktifan belajar tinggi memberikan hasil belajar kognitif yang lebih baik daripada siswa dengan keaktifan belajar sedang dan rendah serta siswa dengan keaktifan belajar sedang memberikan hasil belajar kognitif yang sama baiknya dengan siswa yang keaktifan belajarnya rendah, (3) tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan keaktifan belajar siswa terhadap hasil belajar kognitif siswa. 

Keywords

model pembelajaran inkuiri, keaktifan belajar, hasil belajar kognitif.

Full Text:

PDF

References

Mirawati, I. (2008). Eksperimentasi Strategi Pembelajaran Inkuiri pada Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Ruang Ditinjau dari Kecerdasan Spasial Siswa. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sujarwo. (2011). Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Venus Gold Press.

Andrini, V.S. (2016). The Effectiveness of Inquiry Learning Method to Enhance Students’ Learning Outcome: A Theoritical and empirical Review. Journal of Education and Practice, 7 (3): 38-42.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.

Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Hamalik, O. (2015). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Jihad,A. & Haris, A. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Irawati, R.A. (2014). Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Dengan Model Creative Problem Solvong (CPS) Berbantuan Kartu Masalah Pada Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.