Eksperimentasi Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Komputasi Matematika Siswa Kelas X SMK Kristen 1 Surakarta pada Materi Matriks Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika
Abstract
Tujuan penelitian: mengetahui adanya pengaruh 1)discovery learning; 2)kemampuan awal; 3)interaksi model dan kemampuan awal. Penelitian ini termasuk eksperimental semu. Pengambilan sampel melalui cluster random sampling. Analisis data menggunakan analisis variansi multivariat. Berdasarkan penelitian ini disimpulkan: 1)discovery learning menghasilkan pemahaman konsep dan keterampilan komputasi yang lebih baik daripada langsung; 2)siswa berkemampuan awal tinggi menghasilkan pemahaman konsep yang sama dengan yang sedang dan rendah; siswa berkemampuan awal tinggi dan sedang menghasilkan keterampilan komputasi yang lebih baik daripada yang rendah, siswa berkemampuan awal tinggi menghasilkan keterampilan komputasi yang sama dengan yang sedang; 3)pada masing-masing model, siswa berkemampuan awal tinggi menghasilkan pemahaman konsep yang sama dengan yang sedang dan rendah; siswa berkemampuan awal tinggi dan sedang menghasilkan keterampilan komputasi yang lebih baik daripada yang rendah, siswa berkemampuan awal tinggi menghasilkan keterampilan komputasi yang sama dengan yang sedang; 4)pada masing-masing kemampuan awal, discovery learning menghasilkan pemahaman konsep dan keterampilan komputasi yang lebih baik daripada langsung.
Keywords
References
Bal1m, A.G. (2009) The Effects of Discovery Learning on Students’ Success and Inquiry Learning Skills. Eurasian Journal of Educational Research, (35),
-20.
Budiyono. (2015). Pengantar Statistika Multivariat. Surakarta: UNS Press.
Fitriyah. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MAN Model Kota Jambi, Jurnal Pelangi 9 (2), 108-112.
In’am, A. & Hajar, S. (2017). Learning Geometry through Discovery Learning Using a Scientific Approach. International Journal of Instruction, 10 (1), 55-70.
Purwanto, N. (2011). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sujarwo. (2014). Model-Model Pembelajaran Suatu Strategi Mengajar. Yogyakarta: Venus Gold Press.
Suprihatiningrum, J. (2014). Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Refbacks
- There are currently no refbacks.