Eksperimentasi Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Komputasi Matematika Siswa Kelas X SMK Kristen 1 Surakarta pada Materi Matriks Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika

Emmanuel Yudith Setiawan, Budi Usodo, Rubono Setiawan

Abstract

Tujuan penelitian: mengetahui adanya pengaruh 1)discovery learning; 2)kemampuan awal; 3)interaksi model dan kemampuan awal. Penelitian ini termasuk eksperimental semu. Pengambilan sampel melalui cluster random sampling. Analisis data menggunakan analisis variansi multivariat. Berdasarkan penelitian ini disimpulkan: 1)discovery learning menghasilkan pemahaman konsep dan keterampilan komputasi yang lebih baik daripada langsung; 2)siswa berkemampuan awal tinggi menghasilkan pemahaman konsep yang sama dengan yang sedang dan rendah; siswa berkemampuan awal tinggi dan sedang menghasilkan keterampilan komputasi yang lebih baik daripada yang rendah, siswa berkemampuan awal tinggi menghasilkan keterampilan komputasi yang sama dengan yang sedang; 3)pada masing-masing model, siswa berkemampuan awal tinggi menghasilkan pemahaman konsep yang sama dengan yang sedang dan rendah; siswa berkemampuan awal tinggi dan sedang menghasilkan keterampilan komputasi yang lebih baik daripada yang rendah, siswa berkemampuan awal tinggi menghasilkan keterampilan komputasi yang sama dengan yang sedang; 4)pada masing-masing kemampuan awal, discovery learning menghasilkan pemahaman konsep dan keterampilan komputasi yang lebih baik daripada langsung.

Keywords

discovery learning, kemampuan awal, pemahaman konsep, keterampilan komputasi.

Full Text:

PDF

References

Bal1m, A.G. (2009) The Effects of Discovery Learning on Students’ Success and Inquiry Learning Skills. Eurasian Journal of Educational Research, (35),

-20.

Budiyono. (2015). Pengantar Statistika Multivariat. Surakarta: UNS Press.

Fitriyah. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MAN Model Kota Jambi, Jurnal Pelangi 9 (2), 108-112.

In’am, A. & Hajar, S. (2017). Learning Geometry through Discovery Learning Using a Scientific Approach. International Journal of Instruction, 10 (1), 55-70.

Purwanto, N. (2011). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sujarwo. (2014). Model-Model Pembelajaran Suatu Strategi Mengajar. Yogyakarta: Venus Gold Press.

Suprihatiningrum, J. (2014). Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.