Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Students Teams Achievement Divisions) pada Pokok Bahasan Garis dan Sudut Ditinjau dari Aktivitas Belajar Siswa Kelas VII MTS Negeri 7 Klaten Tahun 2018/2019

Rikha Lailla, Ponco Sujatmiko, Henny Ekana Chrisnawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model pembelajaran langsung terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari aktivitas belajar siswa pada materi gais dan sudut. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksperimental semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri 7 Klaten tahun 2018/2019. Dipilih sampel kelas VII E dan kelas VII F, pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilaksanakan dengan metode dokumentasi, metode angket, dan metode tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, uji lanjutannya menggunakan uji komparasi ganda dengan metode Scheffe. Hasil penelitian ini adalah (1) model pembelajaran kooperatif tipe STAD menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik daripada model pembelajaran langsung, (2) siswa dengan aktivitas belajar tinggi menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik daripada siswa dengan aktivitas belajar sedang dan rendah, dan siswa dengan aktivitas belajar sedang menghasilkan prestasi belajar yang sama baiknya dengan siswa yang memiliki aktivitas belajar rendah, (3) pada kedua model yang diteliti, siswa dengan aktivitas belajar tinggi menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa dengan aktivitas belajar sedang, siswa dengan aktivitas belajar tinggi menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa dengan aktivitas belajar rendah, dan siswa dengan aktivitas belajar sedang menghasilkan prestasi belajar yang sama baiknya dengan siswa yang memiliki aktivitas belajar rendah

Keywords

Model Pembelajaran Kooperatif, STAD, Aktivitas Belajar Siswa, Garis dan Sudut.

Full Text:

PDF

References

La Ode, A.J. Mustamin, A. Utu, R. Latief, S. And Salim. (2017). The Application of Scientific Plus Learing to

Improve Mathematics Learning Achievement of Junior High School Students Grade VII. IEJME, Volume 12 No.3. pp. 837-844

Kadir. Lucyana. And Gusti, S. (2017). The Implementation of Open Inquiry Approach to Improve Students Learning Activities, Responses, and

Mathematical Creative Thinking skills. JME, Volume 8 No. 1, January 2017. pp. 103-114

ISSN 2614-0357

Pusat Bahasa, Departemen Pendidikan Nasional. (2008).

Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Tirtonegoro, S.(2001). Anak Supernormal dan Program Pendidikannya. Jakarta : Bumi Aksara.

Budiyono. (2017). Pengantar

Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta: UNS Press.

Fhela, V.R, Riyadi, & Mania, R. (2014). Eksperimentasi Pembelajaran Interaktif Setting

Kooperatif (PSIK) dan Students Teams Avhievement Division (STAD) Pada Materi Peluang Ditinjau dari Aktivitas Belajar Siswa Tahun Pelajaran

/2013. Jurnal Matematika.

Sardiman A.M. (2001). Interaksi dan Aktivitas Belajar Mengajar. Jakarta : Grafindo

Persada.

Slavin, R. E. (2008).

Cooperative Learning.

Bandung: Nusa Media.

Slameto. (2010). Belajar dan

Faktor-Faktoryang

Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Trianto. (2012). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.