Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together (NHT) di SMK Negeri 6 Surakarta
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan kemandirian belajar siswa pada pembelajaran matematika dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan proses pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT yang dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru matematika dan siswa kelas XI Multimedia 1 SMK Negeri 6 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 28 siswa. Sumber data penelitian diperoleh dari siswa berupa aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran matematika. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi. Teknik analisis data adalah dengan teknik analisis deskriptif. Validasi data dari kemandirian belajar siswa selama proses pembelajaran menggunakan teknik triangulasi penyidik. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa proses pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT yang dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa Berdasarkan hasil observasi persentase kemandirian belajar siswa pada pra siklus sebesar 48,53%, siklus 1 mengalami peningkatan sebesar 18,97% menjadi 67,50% dan siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 15,12% menjadi 82,62%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas XI Multimedia 1 SMK Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016.
Keywords
References
Permendikbud No 103 tahun 2014
Nurhayati, E. 2011. Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Warsono. 2012. Pembelajaran Aktif Teori dan Asesment. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Refbacks
- There are currently no refbacks.