Penerapan Model Brain Based Learning (BBL) pada Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Ketuntasan dan Aktivitas Belajar Siswa

Elsha Diah Prastuti, Mardiyana Mardiyana, Dhidhi Pambudi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketuntasan dan aktivitas belajar siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali tahun ajaran 2014/2015 melalui penggunaan model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) pada mata pelajaran matematika.

             Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali tahun ajaran 2014/2015. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan tes. Teknik analisis data adalah dengan teknik analisis deskriptif. Validasi data dari aktivitas belajar siswa menggunakan teknik triangulasi waktu dan proses pembelajaran dengan menggunakan teknik triangulasi sumber.

Berdasarkan hasil tes diperoleh persentase ketuntasan siswa mengalami peningkatan yaitu pada prasiklus sebesar 52% dari seluruh siswa di kelas yang memperoleh nilai lebih dari sama dengan kriteria ketuntasan yakni 2.66, meningkat menjadi 72% pada siklus I meningkat lagi menjadi 80% pada siklus II.

Pada aktivitas belajar siswa berdasarkan hasil observasi untuk setiap aspek aktivitas belajar, di tahap prasiklus persentase aktivitas belajar pada kegiatan visual dan mendengarkan yang mencapai kategori aktivitas belajar tinggi sebesar 64% dari seluruh siswa dikelas, setelah dilakukan tindakan dengan menerapkan model pembelajaran Brain Based Learning pada siklus I meningkat menjadi 80%, pada siklus II meningkat menjadi 92%. Pada aspek kegiatan lisan sebesar 12% pada prasiklus meningkat menjadi 42% pada siklus I dan meningkat menjadi 62% pada siklus II. Pada kegiatan menulis sebesar 44% pada prasiklus meningkat menjadi 54% pada siklus I dan meningkat menjadi 80% pada siklus II.

Keywords

Brain based Learning; ketuntasan belajar; aktivitas belajar

Full Text:

PDF

References

Kemendikbud. 2013. (Online.http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/uji-publik-kurikulum-2013-1

Kemendikbud. 2013. ”Penilaian Hasil Belajar”.(Online. http://penelitiantindakankelas.blogspot.com/2013/12/Penilaian-hasil-belajar-Kurikulum-2013.html

Sardiman, 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar . Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Given, K. 2007. Brain-Based Teaching : Merancang Kegiatan Belajar Mengajar yang Melibatkan Otak, Emosional, Sosial, Kognitif, Kinestetis, Reflektif. Penerjemah : Lala Herawatu Dharma, Bandung: Kaifa.

Jensen, E. 2008. Pembelajaran Berbasis Kemampuan Otak: Cara Baru dalam Pengajaran dan Pelatihan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jayalakshmi, Annakodi. 2013. Brain Based Learning Strategies. International Journal of Innovative Research and Studies. Vol 2 : Issue 5. Tersedia : http://www.ijirs.com/vol2_issue-5/19.pdf

Suwandi, Sarwiji. 2009. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penilaian Karya Ilmiah. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 FKIP UNS.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.