Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Siswa pada Materi Prisma dan Limas Melalui Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E dengan Pendekatan Quantum Learning

Charuli Tikawati, Yemi Kuswardi, Dhidhi Pambudi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan pendekatan Quantum Learning di kelas VIIIB SMP Negeri 1 Wedi Klaten tahun pelajaran 2012/2013.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIIIB SMP Negeri 1 Wedi Klaten tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 38 siswa. Sumber data penelitian diperoleh dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, tes dan dokumen. Teknik analisis data adalah dengan teknik analisis deskriptif.

Hasil penelitian menyimpulkan dengan pelaksanaan tindakan kelas melalui penggunaan model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan pendekatan Quantum Learning pada materi luas permukaan dan volume pada Prisma dan Limas dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa sehingga prestasi belajar juga meningkat dalam pembelajaran matematika. Hal ini didasarkan pada hasil observasi dan hasil tes.

Data hasil observasi, rata-rata persentase siswa yang melakukan aktivitas belajar pada setiap indikator pada Prasiklus sebesar 28,93%, pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 30,7% menjadi 59,63% dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 14,92% menjadi 74,55%. Sedangkan dari hasil tes, persentase siswa yang tuntas pada siklus I 55,3%, pada siklus II persentase siswa yang tuntas mengalami kenaikan sebesar 21% menjadi 76,3%.

Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan pendekatan Quantum Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar pada siswa kelas VIIIB SMP Negeri 1 Wedi Klaten tahun ajaran 2012/2013.

Keywords

aktivitas; matematika; Learning Cycle 5E; Quantum Learning

Full Text:

PDF

References

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Siti Djumhuriyah. (2008). “Penggunaan Model Pembelajaran Learning Cycle untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Siswa Pada Konsep Pemuaian di Kelas VIID SMP Negeri 8 Bogor”. Tersedia di www.docstoc.com

Lexy. J. Moleong. 2001.

Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Arikunto,Suharsimi dkk.2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Bumi Aksara

Refbacks

  • There are currently no refbacks.