PENERAPAN PENDEKATAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, DAN INTELEKTUAL) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IX H SMP N 3 KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Hikmah Ramdhani Putri, Budiyono Budiyono, Dwi Maryono

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk 1) mengetahui peningkatan kreativitas belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan pendekatan SAVI 2) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan pendekatan SAVI. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas IXH SMP N 3 Kebumen. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data kreativitas dan hasil belajar siswa. Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil tes akhir siklus, sedangkan data kreativitas belajar siswa diperoleh dari hasil observasi selama proses pembelajaran. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah hasil belajar siswa setidaknya 75% mencapai KKM (nilai tes ≥ 80) dan setidaknya 75%  dari jumlah siswa mencapai kategori kreativitas tinggi ( skor tes 2,68-4,00) untuk kreativitas belajar siswa pada akhir siklus.Setelah menerapkan pendekatan SAVI dalam pembelajaran matematika, persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 41% pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 36% menjadi 77%. Sedangkan persentase ketuntasan hasil kreativitas belajar siswa pada siklus I 31,8% pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 45,5% menjadi 77,3%. Hal ini berarti semua indikator sudah terpenuhi.  Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa 1) penggunaan pendekatan SAVI dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa kelas IXH SMP Negeri 3 Kebumen tahun ajaran 2013/2014, 2) penggunaan pendekatan SAVI dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IXH SMP Negeri 3 Kebumen tahun ajaran 2013/2014.

Keywords

SAVI, Kreativitas Belajar, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References

Hawadi, R. A., Wihardjo, R.S.D., & Wiyono, M. (2001). Kreativitas: Panduan Bagi Penyelenggaraan Program Percepatan Belajar. Jakarta: PT Grasindo

Munandar, Utami. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Meier, Dave. (2002). The Accelerated Learning Handbook - Panduan Kreatif Dan efektif Merancang Program Pendidikan Dan Pelatihan.Terjemahan Rahmani Astuti. Bandung: Kaifa.

Budiyono. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Moleong, L J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi., Suhardjono, & Supardi. (2007). Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta :Bumi Aksara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.