PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) DENGAN STRATEGI REACT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI 1 WEDI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Tatiek Kurniawati, Sutopo Sutopo, Henny Ekana Chrisnawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui proses pelaksanaan kegiatan belajar mengajar menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan strategi REACT kelas VIII E SMP Negeri 1 Wedi; 2) Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan strategi REACT; dan 3) Untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dengan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan strategi REACT. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah 1) Rata – rata persentase aktivitas belajar siswa untuk masing – masing aspek kegiatan yaitu kegiatan visual setidaknya 70%, kegiatan lisan setidaknya 60%, kegiatan menulis setidaknya 70%, 2) Rata – rata persentase pemahaman konsep siswa skor 3 setidaknya 60%. Hasil observasi menunjukkan bahwa pada prasiklus diperoleh rata – rata persentase aktvitas belajar siswa 42,89% dan pemahaman konsep siswa 6,67%. Pada siklus I diperoleh rata – rata persentase aktvitas belajar siswa 54,80% dan pemahaman konsep 27,41%. Pada siklus II diperoleh rata – rata persentase aktvitas belajar siswa 70,55% dan pemahaman konsep siswa 71,85%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan strategi REACT dapat meningkatkan aktivitas belajar dan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Wedi Tahun Pelajaran 2016/2017.

 

Keywords

TTW, REACT, aktivitas belajar, pemahaman konsep

Full Text:

PDF

References

Abdulhak, I. (2001). Komunikasi Pembelajaran:Pendekatan Konvergensi dalam Peningkatan Kualitas dan Efektifitas Pembelajaran. Bandung: UPI

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Nasution. (2000). Asas Didaktik Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Sardiman. (2014). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Sudjana, N. (2008). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Yamin, M & Ashari, B. (2012). Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa

Crawford, M. L. (2001). Teaching and Contextually, Research, Rationale and Technique for Improving Student Motivation and Achievement in Mathematics and Science Waco. Texas : CCI Publishing, Inc

Lelawati, J. (2014) . Penerapan Strategi Pembelajaran TTW untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI IPS pada Materi Peluang. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Universitas Sebelas Maret, Surakarta

Rahmawati, F. (2015). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika melalui Strategi REACT pada Siswa Kelas VII C SMP Negeri 11 Surakarta. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Universitas Sebelas Maret, Surakarta

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.