EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN STRATEGI QUESTION STUDENT HAVE (QSH) PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 16 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/ 2018

Desy Anisa Nur Widowati, Sutopo Sutopo, Yemi Kuswardi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui; manakah model pembelajaran yang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik model pembelajaran STAD dengan strategi QSH atau menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi teorema Pythagoras; manakah diantara gaya belajar visual, auditori atau kinestetik yang menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik; pada model pembelajaran STAD dengan strategi QSH atau model pembelajaran konvensional, manakah yang  menghasilkan prestasi belajar lebih baik antara siswa dengan gaya belajar visual, auditori atau kinestetik; pada gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik, manakah yang menghasilkan prestasi belajar lebih baik, siswa yang memperoleh model pembelajaran STAD dengan strategi QSH atau yang memperoleh model pembelajaran konvensional. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimental semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Surakarta tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 179 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah instrumen tes prestasi belajar dan angket gaya belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis pada penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran STAD dengan strategi QSH menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada model pembelajaran konvensional; siswa dengan gaya belajar visual memiliki prestasi belajar yang lebih baik daripada siswa dengan gaya belajar kinestetik sedangkan siswa dengan gaya belajar auditori memiliki prestasi belajar yang sama baiknya dengan siswa yang memiliki gaya belajar visual maupun kinestetik.

Keywords

STAD, QSH, Gaya belajar

Full Text:

PDF

References

De Poter, B & Hermacki, M. (2015). Quantum Learning. Terjemahan Alwiyah Abdul rahman. Bandung: Khalifa.

Hanum, L. (2015). STAD: A Teacher’s Experience in Teaching with Student Teams Achivment Division (STAD) Model. International Journal of Instruction, 8(2), 100-112.

Hamruni. (2012). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Insan Mandiri.

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran Meng-embangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slavin, R.E. (2008). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Silberman, M. (1996). 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Jakarta: Pustaka Insan.

Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif -Progresif. Jakarta: Kencana.

Winkel, W.S. (1996). Psi-kologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.