PENERAPAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI KELAS XI IPS 1 SMA ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran model Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan metode penemuan terbimbing yang dapat meningkatkan minat belajar siswa dan untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran matematika dengan model Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan metode penemuan terbimbing. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan metode dokumentasi. Validitas data diuji menggunakan teknik triangulasi sumber. Jika triangulasi sumber memberikan hasil yang berbeda, maka digunakan triangulasi teknik. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah rata-rata persentase minat belajar siswa diatas 60% yang diperoleh dari rata-rata indikator minat belajar pada akhir siklus. Langkah pembelajaran menggunakan model tersebut yang dapat meningkatkan minat belajar siswa pada materi fungsi komposisi adalah presentasi singkat dengan memanfaatkan IT kemudian diadakan pembagian kelompok. Diskusi kelompok menggunakan LKK dilanjutkan diskusi kelas dan kuis individu. Sebelum pembelajaran berakhir, ada penarikan kesimpulan tentang apa yang telah dipelajari. Berdasarkan hasil observasi minat belajar dengan pembelajaran tersebut diperoleh data rata-rata persentase minat belajar siswa mencapai 44,01% pada siklus I yang diperoleh dari indikator yang meliputi perasaan senang mencapai 46,10%, partisipasi aktif 39,84%, dan perhatian mencapai 46,10%. Sedangkan pada siklus II diperoleh data rata-rata persentase minat belajar siswa mencapai 64,06% yang diperoleh dari indikator yang meliputi perasaan senang mencapai 67,19%, partisipasi aktif mencapai 59,38% dan perhatian mencapai 65,62%.
Keywords
References
Arifin, Z. 2011. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung : Remaja Rosdakarya
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta
E. Slavin, Robert. 2008. Cooperatif Learning, Teori, Riset dan Praktik. Terj Nurulita. Bandung : Nusa Media
Suherman, E. dkk. (2001). Common Text Book Strategi Pembelajaran Kontemporer. Bandung : JICA UPI
Syah, M. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung PT Remaja Rosdakarya
Refbacks
- There are currently no refbacks.