PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY – TWO STRAY (TSTS) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI GEOMETRI PADA SISWA KELAS VIII-G SMP NEGERI 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Dimas Bagas Ariyanto, Imam Sujadi, Rubono Setiawan

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran matematika pada materi geometri dengan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS (Two Stay- Two Stray) yang mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII-G SMP Negeri 1 Surakarta dan mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah mengikuti pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS. Subyek penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 33 siswa kelas VIII-G SMP Negeri 1 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian berlangsung selama dua siklus. Data dan metode mengumpulkan data yang digunakan pada penelitian adalah data keterlaksanaan pembelajaran dengan metode observasi, dan data kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan metode tes. Pada penelitian ini indikator keberhasilan penelitian yang digunakan adalah dari jumlah siswa yang mengikuti tes akhir siklus minimal 60% siswa mencapai skor maksimal pada tiap tahap pemecahan masalah matematika. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Data hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII-G SMP Negeri 1 Surakarta tahun ajaran 2016/2017 menunjukkan persentase siswa yang memperoleh skor maksimal pada tiap tahap pemecahan masalah matematika mengalami peningkatan, yaitu: 4 siswa (12,12%) pada prasiklus, menjadi 8 siswa (25%) pada siklus I; menjadi 21 siswa (70%) pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan penerapan pembelajaran kooperatif tipe TSTS mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII-G SMP Negeri 1 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017.

Keywords

Two Stay–Two Stray, kemampuan pemecahan masalah matematika.

Full Text:

PDF

References

Polya, G. (1974). How To Solve It. New Jersey : Princeton University Press.

Moeharti. (1986). Sistem-sistem Geometri. Jakarta: Karunia Universitas Terbuka.

Oxford Advanced Learner’s Dictionary. (2005). Oxford : Oxford University Press.

Ngalimun. (2014). Strategi dan Model Pembelajaran.Yogyakarta : Aswaja Pressindo.

Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.