EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DENGAN PENDEKATAN SAVI PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR KELAS VIII SMP NEGERI 2 JATEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Zein Fikri Rohmah, Triyanto Triyanto, Laila Fitriana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah yang memiliki prestasi belajar lebih baik antara siswa yang diberikan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dengan pendekatan SAVI atau model pembelajaran langsung pada materi teorema Pythagoras; manakah yang memiliki prestasi belajar lebih baik antara siswa dengan aktivitas belajar tinggi, sedang, atau rendah pada materi teorema Pythagoras; dan pada masing-masing aktivitas belajar siswa, manakah yang memiliki prestasi belajar lebih baik antara siswa yang diberikan model pembelajaran Two Stay Two Stray dengan pendekatan SAVI atau model pembelajaran langsung pada materi teorema Pythagoras. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi untuk mengumpulkan data nilai UTS Semester I matematika, metode angket untuk data aktivitas belajar, dan metode tes untuk data prestasi belajar pada materi teorema Pythagoras. Teknik analisis data menggunakan anava dua jalan dengan sel tak sama, dilanjutkan uji komparasi ganda dengan metode Scheffe. Sebagai persyaratan analisis yaitu uji normalitas menggunakan uji Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan metode Bartlett. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa siswa yang diberikan model pembelajaran Two Stay Two Stray dengan pendekatan SAVI memiliki prestasi belajar yang lebih baik dari model pembelajaran langsung pada materi teorema Pythagoras; siswa dengan aktivitas belajar lebih tinggi memiliki prestasi belajar  lebih baik dari siswa dengan aktivitas belajar lebih rendah pada materi teorema Pythagoras; pada masing-masing kategori aktivitas belajar siswa, siswa yang diberikan model pembelajaran Two Stay Two Stray dengan pendekatan SAVI memiliki prestasi belajar yang lebih baik daripada model pembelajaran langsung pada materi teorema Pythagoras.

Keywords

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah yang memiliki prestasi belajar lebih baik antara siswa yang diberikan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dengan pendekatan SAVI atau model pembelajaran langsung pada materi teorema Pythagoras; ma

Full Text:

PDF

References

Andhika, N.D., Usodo, B., & Subanti, S. (2016). Eksperimen-tasi Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dan Think Pair Share (TPS) dengan Pendekatan Saintifik Pada Materi Himpunan Ditinjau dari Kecerdasan Logis-Matematis. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4 (8), 830 – 840.

Andrianti, R.Y., Irawati, R., Sudin, A. (2016). Pengaruh Pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) dalam Meningkatkan Kemam-puan Komunikasi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Materi Pengolahan Data. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 471 – 480.

Aqib, Z. (2014). Model-Model, Media dan Strategi Pembe-lajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Budiyono. (2017). Pengantar Metodologi Penelitian Pendidi-kan. Surakarta: UNS Press.

Hanafiah & Suhana, C. (2012). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Sardiman, A.M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sulisworo, D. & Suryani, F. (2014). The Effect of Coopera-tive Learning, Motivation, and Information Technology Lite-racy to Achievement. Inter-national Journal of Learning & Development, 4(2), 58 – 64.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.