EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MIND MAPPING PADA MATERI FUNGSI DITINJAU DARI KREATIVITAS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 13 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/ 2018

Aliefah Nurafifaeni, Triyanto Triyanto, Henny Ekana Chrisnawati

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik antara siswa yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan Mind Mapping atau pembelajaran langsung; manakah yang mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik antara siswa yang memiliki tingkatan kreativitas tinggi, sedang atau rendah. Berdasarkan hasil analisis pada penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran STAD dengan Mind Mapping memberikan prestasi belajar yang sama dengan model pembelajaran langsung; siswa dengan tingkat kreativitas tinggi memberikan prestasi belajar yang lebih baik daripada tingkat kreativitas sedang dan rendah, sedangkan siswa dengan tingkat kreativitas sedang memberikan prestasi belajar sama dengan tingkat kreativitas rendah; pada masing-masing model pembelajaran, tingkat kreativitas tinggi memberikan prestasi belajar yang lebih baik daripada kreativitas sedang dan rendah, sedangkan tingkat kreativitas sedang memberikan prestasi belajar sama dengan tingkat kreativitas rendah; pada masing-masing kategori kreativitas model pembelajaran STAD dengan Mind Mapping memberikan prestasi belajar sama dengan  model pembelajaran langsung.

Keywords

STAD, Mind Mapping, Kreativitas.

Full Text:

PDF

References

Beetlestone, F. (2012). Creative Learning. Bandung: Nusa Media.

DePorter, B. & Hernacki, M. (2013). Quantum Learning Mem-biasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa. (Buku asli diterbitkan 1992).

Nurulhayati, S. (2002). Pembelajar-an Kooperatif yang menggairah-kan, dalam Dr.Rusman,M.Pd. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Slavin, E. R. (2008). Cooperative Learning Teori Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Tampubolon, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas : Sebagai Pengem-bangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.

Trianto. (2011). Model-Model Pembelajaran Berorientasi Kon-struktivistik: Konsep, Landasan Teoritis-Praktis dan Implemen-tasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Vitulli, P. & Giles, R. (2016). Mind Mapping: Making Connection with Images and Color, 6 (2), 2. Alabama: Delta State University dari http://www.deltastate.edu/

Refbacks

  • There are currently no refbacks.