Impact of learning models on critical thinking with self-efficacy as mediator

Wildan Ananda, Tutik Susilowati

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis siswa (2) mengetahui pengaruh self-efficacy pada siswa, serta (3) mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan self-efficacy sebagai variabel mediasi pada siswa MPLB SMKN 1 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan sampel dalam penelitian ini terdiri dari 138 siswa jurusan MPLB SMKN 1 Surakarta kelas 10 dan 11 yang melaksanakan pembelajaran di dalam kelas. Hasil penelitian menunjukan (1) terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis siswa (t-statistic 7,145>1,96 dan p-value 0,000<0,050) Hal ini menunjukkan bahwa jika semakin interaktif dan bervariasi model pembelajaran oleh guru maka kemampuan berpikir kritis siswa akan semakin tinggi. (2) terdapat pengaruh signifikan self-efficacy terhadap kemampuan berpikir kritis siswa (t-statistic 7,097>1,96 dan p-value 0,000<0,050). (3) terdapat pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran terhadap self-efficacy (t-statistic 15,066>1,96 dan p-value 0,000<0,050) yang selanjutnya self-efficacy terhadap kemampuan berpikir kritis (t-statistic 19,203>1,96 dan p-value 0,000<0,050). Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi self-efficacy siswa, maka kemampuan berpikir kritis akan semakin meningkat. Dengan demikian, penelitian ini menegaskan pentingnya peran guru dalam memilih model pembelajaran dan self-efficacy siswa juga terbukti sebagai faktor yang berkontribusi dalam memperkuat hubungan antara model pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis.

 

Kata kunci: keterampilan berpikir kritis; metode pembelajaran; pendidikan kejuruan; psikologi pendidikan; self-efficacy


Abstract: This study aims to (1) determine the effect of learning models on students' critical thinking skills, (2) examine the effect of self-efficacy on students, and (3) investigate the effect of learning models on students' critical thinking skills with self-efficacy as a mediating variable among MPLB students of SMKN 1 Surakarta. This quantitative research sampled 138 students from grades 10 and 11 in the MPLB department of SMKN 1 Surakarta. Results showed that (1) learning models significantly influenced students' critical thinking skills (t-statistic = 7.145, p-value < .001), indicating that more interactive and varied teaching approaches led to higher critical thinking abilities; (2) self-efficacy significantly affected students' critical thinking skills (t-statistic = 7.097, p-value < .001); and (3) learning models significantly influenced self-efficacy (t-statistic = 15.066, p-value < .001), which in turn affected critical thinking abilities (t-statistic = 19.203, p-value < .001). These findings demonstrate that higher student self-efficacy corresponds with increased critical thinking skills. This research emphasizes the importance of teachers' roles in selecting appropriate learning models and confirms self-efficacy as a significant factor strengthening the relationship between learning models and critical thinking abilities.

 

Keywords: critical thinking skills; educational psychology; self-efficacy; teaching methods; vocational education

Keywords

keterampilan berpikir kritis; metode pembelajaran; pendidikan kejuruan; psikologi pendidikan; self-efficacy; critical thinking skills; educational psychology; self-efficacy; teaching methods; vocational education

Full Text:

PDF

References

Adnyana, I. M. D. M. (2021). Populasi dan sampel. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, 14(1), 103-116.

Bentar, A., Purbangkoro, M., & Prihartini, D. (2020). Analisis pengaruh kepemimpinan, motivasi, disiplin kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan Taman Botani Sukorambi (TBS) Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 3(1), 1-17. http://dx.doi.org/10.32528/jmbi.v3i1.780

Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., Sarstedt, M., Danks, N. P., & Ray, S. (2021). Evaluation of formative measurement models. https://doi.org/10.1007/978-3-030-80519-7_5

Haryani, D. (2017). Pembelajaran matematika dengan pemecahan masalah untuk menumbuhkembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 1980, 121-126.

Mazna, U., Nazirah, F., Farhana, I., & Marsitah, I. (2024). Perencanaan pembelajaran yang interaktif dalam menumbuhkan critical thinking siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(4), 10. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.793

Melyana, A., & Pujiastuti, H. (2020). Pengaruh kepercayaan diri terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(3), 244. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i3.239-246

Muhadab, A. (2010). Pengaruh penerapan model pembelajaran inquiry terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqh. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 04(01), 60-65.

Muhammad, N. I., Amran, M., & Dh, S. (2021). Hubungan antara efikasi diri dengan kemampuan berpikir kritis IPA siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Menengah (Dikdasmen), 1(1), 12-20. https://doi.org/10.31960/dikdasmen-v1i1-1060

Noviyanto, N., & Wardani, N. S. (2020). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar matematika. Jurnal Basicedu, 4(2), 434–440. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.378

Prasetyo, F., & Kristin, F. (2020). Pengaruh model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas 5 SD. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 13. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2645

Purwanto, A., & Sudargini, Y. (2021). Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) analysis for social and management research: a literature review. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 2(4), 114-123.

Rahmadani, P. N., Arthur, R., & Maulana, A. (2023). Integrasi konsep literasi vokasional untuk mengembangkan berpikir kritis pada siswa SMK: Sebuah Kajian Pustaka. Jurnal Pendidikan West Science, 1(12), 817-826. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i12.859

Rati, N. W., Kusmaryatni, N., & Rediani, N. (2017). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kreativitas dan hasil belajar pendidikan IPA Sd Mahasiswa PGSD Undiksha UPP Singaraja. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 60-71. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9059

Roudlo, M. (2020). Kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar melalui model pembelajaran flipped classroom dengan pendekatan STEM. Seminar Nasional Pascasarjana 2020, 20, 292-297. https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/view/602/520

Sugiyono, D. (2022). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta.

Tamara, T. (2017). Pengaruh penerapan metode think-pair-share and group investigation terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Universitas Pendidikan Indonesia, 1(2), 1-12.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.