The effect of nearpod learning media on student learning motivation at SMKN 1 Sukoharjo
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya (1) perbedaan motivasi belajar siswa kelas antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, (2) perbedaan pengaruh media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Media pembelajaran yang digunakan pada kelas kontrol merupakan Powerpoint sedangkan kelas eksperimen menggunakan Nearpod. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Pola desain yang digunakan adalah nonequivalent control group design dengan pretest dan posttest. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 72 siswa kelas X MPLB SMK Negeri 1 Sukoharjo. Pengumpulan data dilakukan dengan angket motivasi belajar. Teknik analisis data menggunakan uji Ancova dan uji LSD (Least Significant Difference). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan motivasi belajar siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol (Sig. 0,00 < 0,05 dan Fhitung 180.744 > Ftabel 3.98), (2) terdapat perbedaan pengaruh media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol (mean difference kelas eksperimen 15,738 > kelas kontrol -15,738).
Kata Kunci: gamifikasi; motivasi belajar; nearpod; quasi eksperimen
Abstract: The purpose of this research is to determine (1) the difference in student learning motivation between experimental and control classes and (2) the difference in the effect of learning media on student learning motivation between experimental and control classes. The learning media used in the control class is Powerpoint while the experimental class uses Nearpod. This research uses a quantitative approach with a quasi-experimental design. The design pattern used is a nonequivalent control group design with a pretest and posttest. The sampling technique was carried out through purposive sampling. The sample in this study amounted to 72 students in class X MPLB SMK Negeri 1 Sukoharjo. Data collection methods using learning motivation questionnaire. The data analysis technique used was the Ancova test and the LSD (Least Significant Difference) test. The results showed that: (1) there is a difference in student learning motivation between the experimental class and the control class (Sig. 0.00 <0.05 and the F calculated value 180.744 > F critical value 3.98); (2) there is a difference in the effect of learning media on student learning motivation between the experimental class and the control class (mean difference experimental class 15.738> control class -15.738).
Keywords: gamification; learning motivation; nearpod; quasi experiment
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ami, R. A. (2021). Optimalisasi pembelajaran bahasa Indonesia menggunakan media pembelajaran berbasis aplikasi nearpod. Bahtera Indonesia: Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 135–148. https://doi.org/10.31943/bi.v6i2.105
Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 181–188. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/571
Feri, A., & Zulherman, Z. (2021). Analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran IPA berbasis nearpod. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 418. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.33127
Gliksman, S. (2015). iPad in education for dummies. John Wiley & Sons.
Hendrizal. (2020). Rendahnya motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran. Jurnal Riset Pendidikan Dasar Dan Karakter, 2(1), 44–53. https://ojs.adzkia.ac.id/index.php/pdk/article/view/57
Kasrina, E. (2023). Metode reward dan punishment : solusi tepat dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Edudeena : Journal of Islamic Religious Education, 7(1), 97–109. https://doi.org/10.30762/ed.v7i1.978
Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan media pembelajaran. Kencana.
Lutfiwati, S. (2020). Motivasi belajar dan prestasi akademik. Jurnal Kependidikan Islam, 10(1). https://doi.org/10.24042/alidarah.v10i1.5642
Naumoska, A., Rusevska, K., Blazhevska, A., & Stojanovska, M. (2022). Nearpod as a tool for increasing students’ motivation for learning chemistry. International Journal of Education and Learning, 4(1), 89–99. https://doi.org/10.31763/ijele.v4i1.616
Oktaviani, R., & Nurhamidah, D. (2023). Efektivitas penggunaan media pembelajaran interaktif nearpod pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(2), 717–726. https://doi.org/10.26811/didaktika.v7i2.1121
Ridwan, N. A., & Mahliatussikah, H. (2021). Using nearpod for teaching Arabic in kindergarten and madrasah ibtidaiyah. Al-Arabi: Journal of Teaching Arabic as a Foreign Language, 5(2), 142–155. https://doi.org/10.17977/um056v5i2p142-155
Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2020). Intrinsic and extrinsic motivation from a self-determination theory perspective: definitions, theory, practices, and future directions. Contemporary Educational Psychology, 61, 101860. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2020.101860
Sagara, A. F., Sugiarti, L., Saputri, D. D., & Kusumayati, T. (2023). Upaya peningkatan motivasi belajar peserta didik dengan media pembelajaran berbasis digital web nearpod. Bionatural, 10(2), 73–81. https://doi.org/10.61290/bio.v10i2.663
Sari, D. N., & Alfiyan, A. R. (2023). Peran adaptasi game (gamifikasi) dalam pembelajaran untuk menguatkan literasi digital: systematic literature review. UPGRADE: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1), 43–52. https://doi.org/10.30812/upgrade.v0i0.3157
Suharni. (2021). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 172–184. https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2198
Yuha, I. T. W., Astuti, I., & Fergina, A. (2021). Analisis motivasi belajar siswa (studi tentang peserta didik yang memiliki motivasi rendah di sekolah menengah atas Santun Untan Pontianak). Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(12). https://dx.doi.org/10.26418/jppk.v10i12.51571
Refbacks
- There are currently no refbacks.