Family environment and learning motivation influence on higher education aspirations among vocational
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh (1) lingkungan keluarga terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi; (2) motivasi belajar terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada; (3) lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantiatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah 131 siswa kelas XII SMK Wikarya Karanganyar TA 2023/2024. Sampel diambil dengan teknik probability sampling yang menghasilkan sampel sebanyak 99 responden. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan keluarga terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,002 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel (3,261 > 1,9850); (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel (7,177 > 1,9850); (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dibuktikan dengan nilai fhitung yaitu 56,286 dengan ftabel = 3,0902.
Kata kunci : kuantitatif; minat; pendidikan; universitas
Abstract: This research aims to examine the influence of (1) family environment on students' interest in continuing education to higher education institutions; (2) learning motivation on students' interest in continuing education to higher education institutions; and (3) family environment and learning motivation simultaneously on students' interest in continuing education to higher education institutions. This study employs a descriptive quantitative research design. The population comprises 131 twelfth-grade students of SMK Wikarya Karanganyar in the 2023/2024 academic year. The sample, consisting of 99 respondents, was selected using probability sampling techniques. Data were collected through questionnaires. The findings reveal that (1) there is a positive and significant influence of family environment on students' interest in continuing education to higher education institutions, evidenced by a significance value of 0.002 < 0.05 and t-calculated > t-table (3.261 > 1.9850); (2) there is a positive and significant influence of learning motivation on students' interest in continuing education to higher education institutions, with a significance value of 0.001 < 0.05 and t-calculated > t-table (7.177 > 1.9850); (3) there is a positive and significant simultaneous influence of family environment and learning motivation on students' interest in continuing education to higher education institutions, demonstrated by an F-calculated value of 56.286 with F-table = 3.0902.
Keywords: quantitative; interest; education; university
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, M.Q. (2020). Pengaruh lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Surakarta. Eprint Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Alfarizi, M., Nurul, R., & Wulandari, A. (2022). Pengaruh status perekonomian orang tua, efikasi diri, dan motivasi belajar terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa OTKP di SMKN 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 3638–3648.
Arifin, A. A., & Ratnasari, S. (2017). Hubungan minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dengan motivasi belajar siswa. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1, 77–82. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=938226&val=14517&title=Hubungan Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Dengan Motivasi Belajar Siswa
Cahyati, R., & Muchtar, B. (2019). Pengaruh lingkungan keluarga, teman sebaya, dan prestasi belajar terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi siswa SMK Negeri Bisnis dan Manajemen Kota Padang. Jurnal Ecogen, 2(3), 483. https://doi.org/10.24036/jmpe.v2i3.7420
Farwitawati, R., & Masirun, M. (2021). Menumbuhkan minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Perpajakan. COMSEP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 21–26. https://adaindonesia.or.id/journal/index.php/comsep/article/view/38
Kurniawan, A., Khafid, M., & Pujiati, A. (2016). Pengaruh lingkungan keluarga, motivasi, dan kepribadian terhadap minat wirausaha melalui self efficacy. Journal of Economic Education, 5(1), 100–109.
Laka, B. M., Burdam, J., & Kafiar, E. (2020). Role of parents in improving geography learning motivation in Immanuel Agung Samofa High School. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(2), 69–74. https://doi.org/10.47492/jip.v1i2.51
Makalalag, D., Arham, M. A., Saleh, S. E., & Sudirman, S. (2023). Pengaruh kondisi sosial ekonomi keluarga dan motivasi belajar terhadap minat melanjutkan studi mahasiswa angkatan 2022. Journal of Economic and Business Education, 1(2), 211–224. https://doi.org/10.37479/jebe.v1i2.19770
Mar’ati, F. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi siswa SMK Muhammadiyah 1 Bantul Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7, 367–374.
Mayang, Y. (2018). Hubungan dukungan orangtua dan motivasi belajar dengan minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(3), 352–358. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v6i3.4649
Mulyanto, E. (2021).Penyuluhan Motivasi Minat Siswa Untuk Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi - SMK FAJAR Ciseeng Bogor. 3(2).
Nina, F., Lusia, N., & Agus, P. (2021). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMA Aisyiyah I Palembang. Jurnal Kompetitif, 10(2), 58–71. http://www.journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/122/103
Prihartanta, W. (2015). Teori-Teori Motivasi Prestasi. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, 1(83), 1–11.
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, November, 289–302.
Reddy, D. C. R. (2019). The Role of Higher Education in Social Mobility. Journal of Critical Review, 6(07), 845–858. https://doi.org/10.1353/foc.2006.0015
Sofiyanti, U., & Sukirman. (2019). Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi: Studi Empiris Tentang Pengaruh Mediasi Prestasi Belajar. Economic Education Analysis Journal, 8(1), 454–469. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.3150
Undang-Undang (UU) Tentang Sistem Pendidikan Nasional, LN.2003/NO.78 (2003).
Vita, D., Nainggolan, Y., & Utara, U. S. (2023). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Keinginan Siswa / I Kelas Xii Ipa Sma Negeri 1 Panombeian Panei. 2(8), 2559–2566.
Wanti, M., Wesselink, R., Biemans, H., & den Brok, P. (2023). The Role of Social Factors in Access To and Equity in Higher Education For Students With Low Socioeconomic Status: A Case Study From Indonesia. Equity in Education & Society, 2(1), 43–60. https://doi.org/10.1177/27526461221140570
Refbacks
- There are currently no refbacks.