Pengaruh literasi kewirausahaan dan locus of control terhadap minat berwirausaha di SMKN 1 Karanganyar

Sabrina Istiqomah

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui adakah pengaruh literasi kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI MPLB SMKN 1 Karanganyar, (2) mengetahui adakah pengaruh locus of control terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI MPLB SMKN 1 Karanganyar, (3) dan untuk mengetahui adakah pengaruh literasi kewirausahaan dan locus of control terhadap terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI MPLB SMKN 1 Karanganyar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI MPLB SMKN 1 Karanganyar. Adapun sampel pada penelitian ini sebanyak 71 siswa yang diperoleh dengan menggunakan teknik non-probability sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel literasi kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI MPLB SMKN 1 Karanganyar (thitung 13,73 > ttabel 2,00) dan nilai signifikansi (0,00 < 0,05); (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel locus of control terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI SMKN 1 Karanganyar (thitung 2,93 > ttabel 2,00) dan nilai signifikansi (0,01 > 0,05); (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel literasi kewirausahaan dan locus of control terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI SMKN 1 Karanganyar (Fhitung 151,97 > Ftabel 3,13).

 

Kata kunci : intensi berwirausaha; kompetensi kewirausahaan; pengendalian diri


Abstract: This study aims to (1) determine the influence of entrepreneurial literacy on the entrepreneurial interest of 11th grade MPLB students at SMKN 1 Karanganyar, (2) determine the influence of locus of control on the entrepreneurial interest of 11th grade MPLB students at SMKN 1 Karanganyar, and (3) determine the combined influence of entrepreneurial literacy and locus of control on the entrepreneurial interest of 11th grade MPLB students at SMKN 1 Karanganyar. This quantitative research involved 71 students from the 11th grade MPLB class at SMKN 1 Karanganyar, selected using non-probability sampling. The results show that: (1) there is a positive and significant influence of entrepreneurial literacy on the entrepreneurial interest of 11th grade MPLB students at SMKN 1 Karanganyar (tcount 13.73 > ttable 2.00, significance 0.00 < 0.05); (2) there is a positive and significant influence of locus of control on the entrepreneurial interest of 11th grade MPLB students at SMKN 1 Karanganyar (tcount 2.93 > ttable 2.00, significance 0.01 < 0.05); and (3) there is a positive and significant combined influence of entrepreneurial literacy and locus of control on the entrepreneurial interest of 11th grade MPLB students at SMKN 1 Karanganyar (Fcount 151.97 > Ftable 3.13,).

 

Keywords : control orientation; entrepreneurial  competency; entrepreneurial interest

Keywords

intensi berwirausaha; kompetensi kewirausahaan; pengendalian diri; control orientation; entrepreneurial competency; entrepreneurial interest

Full Text:

PDF

References

Agusmiati, D., & Wahyudin, A. (2018). Pengaruh lingkungan keluarga, pengetahuan kewirausahaan, kepribadian, dan motivasi, terhadap minat berwirausaha dengan self efficacy sebagai variabel moderating. Economic Education Analysis Journal, 7(3), 878–893.

Anggraeni, B., & Harnanik. (2015). Pengaruh pengetahuan kewirausahaan dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI SMK Islam Nusantara Comal Kabupaten Pemalang. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, 10(1), 42–52.

Arnila, R. A., & Hilmiyatun. (2020). Peningkatan skills berwirausaha siswa SMA Sullamulmubtadi Anjani melalui penerapan model experiential learning berbasis kreativitas. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 8(2), 89–96. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/ekuitas.v8i2.29615

Baharudin, R. A., & Yahya, M. (2023). Efektifitas pendidikan kewirausahaan dalam meningkatkan minat berwirausaha mahasiswa STIE Pembangunan Indonesia Makassar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 12(1), 39–53. https://doi.org/https://doi.org/10.47668/pkwu.v12i1.791

Bukhari, A., & Saleh, K. (2024). Pengembangan minat wirausaha siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 Kota Serang. JPPM: Jurnal Penyuluhan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 03(01), 24–30.

Fitrianingsih, & Arseto, D. D. (2019). Pengaruh adversity intellegence dan locus of control terhadap minat berwirausaha dengan self efficacy sebagai variabel moderating. Proseding Seminari Nasional Kewirausahaan, 1(1), 104–112. https://doi.org/https://doi.org/ 10.30596/snk.v1i1.3603

Gani, I. P., Larosa, E., Ardiansyah, & Toralawe, Y. (2023). Pengaruh literasi kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha mahasiswa pendidikan ekonomi. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 151–158. https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta

Hendrawan, J. S., & Sirine, H. (2017). Pengaruh sikap mandiri, motivasi, pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha. Journal of Innovation and Entrepreneurship, 02(03), 291–314.

Irwandi, S. (2017). Pengaruh locus of control, gaya kepemimpinan, dan komitmen organisasional terhadap kinerja karyawan. 2(2), 254–270.

Leksono, A. W., Setyastanto, A. M., & Vhalery, R. (2023). Pengaruh literasi kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Research and Development Journal of Education, 9(1), 501–504. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9il.17027

Rahmadi, A. N., & Heryanto, B. (2016). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha pada mahasiswa program studi manajemen fakultas ekonomi Universitas Kadiri. Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 1(2), 153–169.

Rostina, & Aransyah, M. F. (2023). Pengaruh literasi kewirausahaan, lingkungan keluarga dan locus of control terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Universitas Mulawarman. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(1), 276–287. https://doi.org/10.47668/pkwu.v11i1.674

Setyastanto, A. M., Leksono, A. W., Vhalery, R., & Abdillah, A. (2022). Tingkat literasi kewirausahaan mahasiswa. Research and Development Journal of Education, 8(2), 883–888. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i2.15639

Syatriadin. (2017). Locus of control : teori temuan penelitian dan reorientasinya dalam manajemen penanganan kesulitan belajar peserta didik. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 144–164.

Vemmy, C. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi intensi berwirausaha siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(1), 117–126.

Wijaya, T., Nurhadi, & Kuncoro, A. M. (2015). Intensi berwirausaha mahasiswa: perspektif pengambilan risiko. Jurnal Siasat Bisnis, 19(2), 109–123. https://doi.org/10.20885/jsb.vol19.iss2.art2

Yanti, A. (2019). Pengaruh pendidikan kewirausahaan, self efficacy, locus of control dan karakter wirausaha terhadap minat berwirausaha. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(2), 268–283. https://doi.org/https://doi.org/ 10.30596/maneggio.v2i2.3774

Yunianto, D. (2021). Analisis pertumbuhan dan kepadatan penduduk terhadap pertumbuhan ekonomi. Forum Ekonomi, 23(4), 687–698. https://doi.org/10.30872/jfor.v23i4.10233

Zacharias, T., & Laurens, S. (2023). Transformational leadership on performance with locus of control as moderating. Action Research Literate, 7(10), 2808–6988. https://arl.ridwaninstitute.co.id/index.php/arl

Zulianto, M., Santoso, S., & Sawiji, H. (2014). Pengaruh efikasi diri dan pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa pendidikan tata niaga fakultas ekonomi Universitas Negeri Malang tahun 2013. Jurnal Pendidikan Insan Mandiri, 3(1), 59–72.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.