The influence between parenting and self-confidence on learning achievement of class XI MPLB students at SMK Negeri 1 Surakarta
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara pola asuh orang tua dan kepercayaan diri siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas XI program keahlian Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis (MPLB) di SMK Negeri 1 Surakarta tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasi. Populasi penelitian ini terdiri dari siswa kelas XI program keahlian Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis (MPLB) di SMK Negeri 1 Surakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh dengan jumlah 108 siswa. Metode pengumpulan data meliputi observasi dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas X1 Program Keahlian MPLB SMK Negeri 1 Surakarta tahun pelajaran 2023/2024 yang dibuktikan dengan nilai thitung lebih besar dari pada ttabel (thitung 2,27 > ttabel 1,65) dan nilai signifikansi lebih kecil dari pada 0,05 (0,025 < 0,05), (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kepercayaan diri siswa dengan prestasi belajar siswa kelas X1 Program Keahlian MPLB SMK Negeri 1 Surakarta tahun pelajaran 2023/2024 yang dibuktikan dengan nilai signifikansi lebih kecil dari pada 0,05 (0,025 < 0,05). 05), (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kepercayaan diri siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas X1 Program Keahlian MPLB SMK Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2023/2024 yang dibuktikan dengan nilai thitung lebih besar dari pada ttabel (thitung 2,28 > ttabel 1,65) dan nilai signifikansi kurang dari 0,05 (0,025 < 0,05). 28 > t tabel 2,01). dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,02 < 0,05), (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dan efikasi diri terhadap prestasi belajar siswa kelas X1 Program Keahlian MPLB SMK Negeri 1 Surakarta.
Kata kunci : efikasi diri siswa; pola asuh orang tua; prestasi belajar
Abstract: This study aims to determine the influence between parenting patterns and student self-confidence on learning achievement of class XI students in the Office Management and Business Services (MPLB) expertise program at SMK Negeri 1 Surakarta in the 2023/2024 school year. This research is a quantitative study using the correlation method. The population of this study consisted of grade XI students in the Office Management and Business Services (MPLB) program at SMK Negeri 1 Surakarta. The sampling technique used was saturated sampling with a total of 108 students. Data collection methods include observation and questionnaires. The results showed that: (1) there is a positive and significant influence between parenting patterns and learning achievement of students in class X1 of the MPLB Expertise Program at SMK Negeri 1 Surakarta in the 2023/2024 school year as evidenced by the tcount value greater than the ttable (tcount 2.27> ttable 1.65) and a significance value of less than 0, 05 (0.025 < 0.05), (2) there is a positive and significant influence between student self-confidence and learning achievement of students in class X1 of the MPLB Expertise Program of SMK Negeri 1 Surakarta in the 2023/2024 academic year as evidenced by the value of t table (tcount 2.28> t table 2.01). and the significance value is less than 0.05 (0.02 < 0.05), (3) there is a positive and significant influence between parenting patterns and self-confidence on student learning achievement in class X1 MPLB Expertise Program SMK Negeri 1 Surakarta.
Keywords : student self-efficacy; parental influence; academic performance
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astuti. (2015). Pengaruh kemampuan awal dan minat belajar terhadap prestasi belajar fisika. Jurnal Formatif, 68-75.
Hassan, M., Malik, A. S., Sang, G., Rizwan, M., Mushtaque, I., & Naveed, S. (2022). Examine the parenting style effect on the academic achievement orientation of secondary school students: The moderating role of digital literacy. Frontiers in Psychology, 1–12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.1063682
Nugraheni, A. S., & Abroto. (2022). Teachers efforts to increase students’ confidence in speaking Indonesian in Sarolangun through language habituation. Frontiers in Education, 1–10. https://doi.org/10.3389/feduc.2022.927429
Oktarini, K., Suarjana, I. M., & Arini, N. W. (2019). Hubungan pola asuh orang tua dan percaya diri dengan hasil belajar matematika. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(2), 76. https://doi.org/10.23887/jp2.v1i2.19326
Pinquart. (2017). Associations of parenting dimensions and styles with internalizing symptoms in children and adolescents: a meta-analysis. Developmental Psychology, 873-932.
Rahmawati. (2022). The psychometric properties of parenting styles and dimensions questionnaire-short form in Indonesia. International Journal Of Evaluation and Research In Education, 42-50.
Ramadhan, R. P., & Winata, H. (2016). Prokrastinasi akademik menurunkan prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 154. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3260
Rasidi, & Salim, M. (2021). Pola asuh anak dalam meningkatkan motivasi belajar. Academia Publication.
Rohmah, K. K. & Marimin. (2015). Pengaruh persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial guru, terhadap prestasi belajar siswa program studi administrasi perkantoran di SMK Negeri 1 Purwodadi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, 10(1), 28-41.
Sahibzada. (2020). Students' self-confidence and its impacts on their learning process. American International Journal Of Social Science Research, 1-15.
Sinaga, H. E. (2021). Performa metode elastic-net dalam kasus multikolinearitas pada analisis linear berganda. Prosiding Seminar Pendidikan Matematika Dan Matematika. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:264059754
Sinulingga, S. (2021). Metode penelitian. USU Press.
Thaib, D., & Syah, S. (2019). The influence of parenting styles and self-concept on the academic-achievement of moslem adolescent in South Jakarta. ICIDS, 1, 2–6. https://doi.org/10.4108/eai.10-9-2019.2289347
Vanaja. (2017). A study on locus of control and self confidence of high school students. International Journal Of Research -Granthaalayah, 598-602.
Yanti, L., & Has, Z. (2020). Pengaruh tingkat percaya diri terhadap prestasi belajar siswa kelas X IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA YLPI Pekanbaru. Peka: Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi, 8(1), 9–15.
Refbacks
- There are currently no refbacks.