Pelaksanaan uji kompetensi skema junior administrative assistant (JAA) di LSP-P1 Universitas Sebelas Maret

Dian Azizah Nur Aini, Tri Murwaningsih

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) tujuan pelaksanaan uji kompetensi skema JAA di LSP-P1 UNS, (2) pelaksanaan uji kompetensi skema JAA di LSP-P1 UNS, (3) hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan uji kompetensi skema JAA di LSP-P1 UNS, (4) upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan pelaksanaan uji kompetensi skema JAA di LSP-P1 UNS. Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling dan snowball sampling. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan analisis dokumen. Validitas data yang digunakan yakni menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) pelaksanaan uji kompetensi skema JAA di LSP-P1 UNS (a) mengukur sejauh mana mahasiswa mampu mengaplikasikan ilmu dan keterampilan mereka dalam dunia kerja nanti, serta  (b) mendukung pencapaian profil PAP yaitu sebagai praktisi di bidang administrasi perkantoran. (2) pelaksanaan uji kompetensi skema JAA di LSP-P1 UNS meliputi tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. (3) hambatan dalam pelaksanaan: (a) hambatan yang dialami dalam pelaksanaan uji kompetensi ini adalah kurangnya persiapan mahasiswa, (b) fasilitas yang kurang optimal. (4) upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan (a) upaya yang dapat dilakukan adalah sosialisasi yang intensif kepada mahasiswa, serta (b) meningkatkan sarana dan prasarana.

 

Kata kunci : asesor; sertifikasi; TUK


Abstract: This research aims to determine (1) the objectives of the JAA competency test implementation at LSP-P1 UNS, (2) the execution of the JAA competency test at LSP-P1 UNS, (3) the challenges faced during the implementation of the JAA competency test at LSP-P1 UNS, and (4) the efforts made to address these challenges. This study employs a descriptive qualitative approach with a case study type. Sampling techniques include purposive sampling and snowball sampling. Data collection methods involve interviews, observations, and document analysis. Data validity is ensured through source and technique triangulation. Data analysis uses interactive analysis. The research findings are as follows: (1) The implementation of the JAA competency test at LSP-P1 UNS aims to (a) measure the extent to which students can apply their knowledge and skills in the workplace, and (b) support the achievement of the PAP profile as practitioners in office administration. (2) The implementation process includes preparation, execution, and evaluation stages. (3) Challenges encountered include: (a) insufficient student preparation, and (b) suboptimal facilities. (4) Efforts to overcome these challenges involve (a) intensive socialization to students, and (b) improving facilities and infrastructure.

 

Keywords : assessor; certification; TUK

Keywords

asesor; sertifikasi; TUK; assessor; certification; TUK

Full Text:

PDF

References

Farikhatir , R. N., Rifqie, M, R., & Soekopitojo, S. (2018). Sertifikasi asesor kompetensi

guru produktif program keahlian tata boga dalam pelaksanaan uji sertifikasi kompetensi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(6), 708–714. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Hamid, A., Martondi, A., Bahri, S., Hakim, L., Musyaffa, N., & Sastra, R. (2020). Sistem informasi

pendaftaran uji kompetensi pada lembaga sertifikasi profesi pertanian organik Jakarta. Jurnal Sains Dan Teknologi, 20(1).

Marlinah, L. (2019). Pentingnya peran perguruan tinggi dalam mencetak SDM yang berjiwa inovator

dan technopreneur menyongsong era society 5.0. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika, 2(3).

Prasetyo, A., Prastyana, B. R., Putra, V. F. E., & Adytya, D. P. (2023). Pengelolaan lembaga sertifikasi

profesi (LSP-P1) dalam menyiapkan lulusan perguruan tinggi di dunia kerja. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 4(1), 59–72. https://doi.org/10.21154/sajiem.v4i1.177

Purnamasari, E. D., & Anggraini, L. D. (2021). Pelatihan uji kompetensi keahlian otomatisasi tata

kelola administrasi perkantoran. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 59–62. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36257/apts.vxix

Setiarini, Y. F., & Ndawu, M.T. D. (2020). Pengkuruan kompetensi peserta didik melalui uji

kompetensi tata busana pada TUK gammatika Boyolali, Jawa Tengah. Abdimas Akademika, I(01), 16–28. http://smamda.net/penilaian-hasil-belajar/September

Setiawan, A., Widiyanti, & Sunomo. (2018a). Studi pengelolaan uji kompetensi keahlian

berlisensi lembaga sertifikasi profesi pada jurusan teknik mesin di SMKN 1 Blitar. Jurnal Teknik Dan Pembelajaran, 1(1), 1–7. http://journal2.um.ac.id/index.php/jtmp

Setiawan, A., Widiyanti, & Sunomo. (2018b). Studi pengelolaan uji kompetensikeahlian berlisensi

lembaga sertifikasi profesi pada jurusan teknik mesin di SMKN 1 Blitar. JURNAL TEKNIK MESIN DAN PEMBELAJARAN, 1(1), 1–7. https://doi.org/http://journal2.um.ac.id/index.php/jtmp

Slamet, M. (2021). Manajemen uji kompetensi lembaga sertifikasi profesi (LSP) SMK Negeri 1

Kebumen. 4(2), 203–213. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/mmp

Suharto. (2015). Evaluasi pelaksanaan kegiatan uji sertifikasi kompetensi keahlian administrasi

perkantoran. Seminar Nasional PAP “Pengembangan Ilmu Dan Profesi Administrasi Perkantoran:Peluang Dan Tantangan,” 39. www.snpap.fkip.uns.ac.id

Refbacks

  • There are currently no refbacks.