Pengaruh pengetahuan kewirausahaan dan kepribadian terhadap minat berwirausaha mahasiswa pendidikan administrasi perkantoran FKIP UNS

Sanndy Mahardhika Kurniawan, Tri Murwaningsih, Susantiningrum Susantiningrum

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP UNS; (2) Pengaruh kepribadian terhadap minat berwirausaha mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP UNS; dan (3) Pengaruh pegetahuan kewirausahaan dan kepribadian terhadap minat berwirausaha mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP UNS. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2021 dan 2022 dengan jumlah sampel 126 responden. Sampel penelitian diambil menggunakan Teknik proportionate stratified random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi berganda. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha (nilai thitung 8,454 > ttabel 1,979) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan kepribadian terhadap minat berwirausaha (thitung 3,209 > ttabel 1,979) dengan nilai signifikansi sebesar 0,002. 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan pengetahuan kewirausahaan dan kepribadian terhadap minat berwirausaha dengan hasil uji F (Fhitung 55,546 > Ftabel 3,06) dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Keseluruhan pada hasil analisis penelitian ini mendukung hipotesis yang telah diasumsikan.

 

Kata Kunci : karakter; ketertarikan berwirausaha; psikologi; penelitian kuantitatif; wawasan


Abstract: The purpose of this research is to determine: (1) The influence of entrepreneurial knowledge on entrepreneurial interest of FKIP UNS Office Administration Education students; (2) The influence of personality on entrepreneurial interest of FKIP UNS Office Administration Education students; and (3) The influence of entrepreneurial knowledge and personality on entrepreneurial interest of FKIP UNS Office Administration Education students. This research is a quantitative research with correlational method. The population in this research is the student of Office Administration Education Study Program Class of 2021 and 2022. The research sample was taken using proportionate stratified random sampling technique and resulted in 126 students. The data collection method used a questionnaire. The data analysis technique uses multiple linear regression analysis techniques with the help of the IBM SPSS ver 26.0. From the results of the study it can be concluded that: 1) there is a positive and significant influence of entrepreneurial knowledge on entrepreneurial interest (tcount value 8.454> t table 1.979) with a significance value of 0.000. 2) there is a positive and significant effect of personality on entrepreneurial interest (tcount 3,209 > t table 1,979) with a significance value of 0.002. 3) there is a positive and significant effect of entrepreneurial knowledge and personality on entrepreneurial interest with the results of the F test (Fcount 55.546 > Ftable 3.06) and a significance value of 0.000. Overall, the results of this research analysis support the hypothesis that has been assumed

 

Keywords: characteristic; entrepreneurial interest; psychology; quantitative research; insight

Keywords

karakter; ketertarikan berwirausaha; psikologi; penelitian kuantitatif; wawasan; characteristic; entrepreneurial interest; psychology; quantitative research; insight

Full Text:

PDF

References

Afifah, N., Sunaryo, H., & Wahono, B. (2020). Pengaruh pendidikan kewirausahaan, kepribadian dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha mahasiswa. E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 9(16).

Alma, B. (2018). Kewirausahaan. Alfabeta.

Ani, N., Ahmadi, A., & Wulansari, F. (2023). Pengarauh literasi keuangan dan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa fakultas ekonomi universitas di Kalimantan. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(10), 1241–1247. https://doi.org/10.55681/armada.v1i10.923

Farinloye, T., Wayne, T., Mogaji, E., & Watat, J. K. (2020). Social media for universities’ strategic communication. In Strategic marketing of higher education in Africa, 96–115. Routledge.

Hendrawan, J. S., & Sirine, H. (2017). Pengaruh sikap mandiri, motivasi, pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha (Studi kasus pada mahasiswa FEB UKSW Konsentrasi Kewirausahaan). AJIE (Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship), 2(03), 291–314.

Joseph, I. (2017). Factors influencing international student entrepreneurial intention in Malaysia. American Journal of Industrial and Business Management, 7(04), 424.

Kania, R., & Februadi, A. (2021). Studi eksploratif dampak pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 5(1), 106–111.

Kumara, B. (2020). Analisis faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha dengan menggunakan media sosial. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 6(1), 52–56.

Nisa, K., & Murniawaty, I. (2020). Pengaruh atribut personal, lingkungan keluarga, dan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Economic Education Analysis Journal, 9(1), 84–99.

Rachmawati, H., Rachmawati, H., & Subroto, W. T. (2022). Pengaruh lingkungan, pengetahuan kewirausahaan, dan motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 56. https://doi.org/10.33603/ejpe.v10i1.6236

Rana, S., Musfiroh, M. F. S., Hinawati, T., & Khabib, A. (2024). Pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan sosial terhadap minat berwirausaha mahasiswa dengan kepribadian sebagai variabel intervening. Jamasy: Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Perbankan Syariah, 4(2), 37–50.

Setiawan, A., Nurcholis, A. K., & Rindrayani, S. R. (2023). Analisis pengetahuan kewirausahaan, motivasi kepribadian, dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha. BEMJ: Business, Entrepreneurship, and Management Journal, 2(2), 103–111.

Sundari, S., & Nugroho, N. T. (2022). Pengaruh efikasi diri, pengetahuan kewirausahaan dan motivasi terhadap minat berwirausaha. Transformasi: Journal of Economics and Business Management, 1(3), 51–64.

Suryaningsih, T., & Agustin, T. (2020). Pengaruh kepribadian dan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 13(1), 42–49.

Yanti, F. (2018). Analisis minat siswa jurusan ips dalam mengambil jurusan pendidikan/keguruan (studi kasus di SMA Se-Kecamatan Bukit Raya Pekanbaru )[Thesis]. Universitas Islam Riau.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.