Pengaruh persepsi siswa pada projek penguatan profil pelajar pancasila dan lingkungan keluarga terhadap minat belajar

Nadia Efrilia Khasanah, Susantiningrum Susantiningrum

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh (1) persepsi siswa pada P5 terhadap minat belajar siswa di SMK Negeri 1 Surakarta, (2) lingkungan keluarga terhadap minat belajar siswa di SMK Negeri 1 Surakarta, (3) persepsi siswa pada P5 dan lingkungan keluarga secara bersama-sama terhadap minat belajar siswa di SMK Negeri 1 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Teknik pengumpulan sampel menggunakan probability sampling dengan sampel sebanyak 257 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh secara signifikan persepsi siswa pada P5 terhadap minat belajar siswa di SMK Negeri 1 Surakarta, dibuktikan dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan thitung 17,340 > ttabel 1,969; (2) terdapat pengaruh secara signifikan lingkungan keluarga terhadap minat belajar siswa di SMK Negeri 1 Surakarta, dibuktikan dengan signifikansi sebesar 0,001 < 0,05 dan thitung 3,367 > ttabel 1,969; (3) terdapat pengaruh signifikan persepsi siswa pada P5 dan lingkungan keluarga secara bersama-sama terhadap minat belajar siswa di SMK Negeri 1 Surakarta, dibuktikan dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan Fhitung 230,003 > ftabel 3,031. Penelitian ini membuktikan bahwa tinggi rendahnya minat belajar siswa di SMK Negeri 1 Surakarta dipengaruhi oleh persepsi siswa dan lingkungan keluarga sebesar 64,4% dari nilai R square 0,644.

 

Kata kunci: antusiasme; dukungan keluarga; kuantitatif; tanggapan  


Abstract: This study aims to determine the effect of (1) student perceptions of P5 on student interest in learning at SMK Negeri 1 Surakarta, (2) family environment on student interest in learning at SMK Negeri 1 Surakarta, (3) student perceptions of P5 and family environment together on student interest in learning at SMK Negeri 1 Surakarta. This research is quantitative research with data collection techniques in the form of questionnaires. The sample collection technique used probability sampling with a sample of 257 students. The results showed that (1) there is a significant influence of students' perception on P5 on students' interest in learning at SMK Negeri 1 Surakarta, as evidenced by the significance of 0.000 < 0.05 and tcount 17.340 > ttable 1.969; (2) there is a significant influence of family environment on students' interest in learning at SMK Negeri 1 Surakarta, as evidenced by the significance of 0.001 < 0.05 and tcount 3.367 > ttable 1.969; (3) there is a significant effect of student perceptions on P5 and family environment together on student interest in learning at SMK Negeri 1 Surakarta, as evidenced by the significance of 0.000 < 0.05 and Fcount 230.003 > Ftabel 3.031. This study proves that the high and low interest in learning of students at SMK Negeri 1 Surakarta is influenced by student perceptions and family environment by 64.4% of the R square value of 0.644.


Keywords: enthusiasm; family support; quantitative; response 

Keywords

antusiasme; dukungan keluarga; kuantitatif; tanggapan; enthusiasm; family support; quantitative; response

Full Text:

PDF

References

Ahmad, J. M., Adrian, H., & Arif, M. (2021). Pentingnya Menciptakan Pendidikan Karakter dalam Lingkungan Keluarga. Jurnal Pendais, 3(1), 1–24. https://jurnal.uit.ac.id/JPAIs/article/download/1033/777

Aisyah. (2019). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.

Alam, Y. (2018). Dampak Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada SMK PGRI 1 Palembang. Motivasi: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(2), 5.

Bronfenbrenner, U., & Morris, P. A. (1998). The Ecology of Developmental Processes. In W. Damon (Series Ed.) & R. M. Lerner (Vol. Ed.), Handbook of Child Psychology (Vol. 1). Wiley.

Crow, A., & Crow, L. D. (1984). Psikologi Pendidikan. PT Bima Ilmu.

Ekawati, M. (2024). Persepsi Siswa Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka. Biogenerasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 657–663. https://doi.org/https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v9i1.3400

Habibah, E. E. U., & Trisnawati, N. (2022). Pengaruh Minat Belajar dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK pada Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.3028

Hasbullah, & Sajiman, S. U. (2021). Persepsi Siswa Atas Pembelajaran Matematika di Era New Normal. Prosiding Seminar Nasional : Arah Kebijakan Pendidikan Dan Kajian Riset Di Era New Normal, 3(1), 238–244. https://ejurnal.mercubuanayogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1671

Iswahyudi. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Teori Konstruktivisme pada Projek Kewirausahaan Differentiated Learning in Constructivism Theory in Entrepreneurship Projects. Jurnal Pendidikan, 32(1), 63–74. https://doi.org/https://doi.org/10.32585/jp.v32i1.3353

Kahunzire, E., Muchwa Asiimwe, S., & Kiyingi, F. (2023). Parents’ Role in Pupils’ Academic Performance in Uganda. European Journal of Education and Pedagogy, 4(2), 7–17. https://doi.org/10.24018/ejedu.2023.4.2.533

Kemdikbud. (2020). Permendikbud Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024. Salinan Permendikbud 22 Tahun 2020. https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/SALINAN PERMENDIKBUD 22 TAHUN 2020.pdf

Kemendikbud. (2021). Kemendikbud Luncurkan Program Sekolah Penggerak. https://psp-web.pauddikdasmen.kemdikbud.go.id/#/home

Luciana, C. V. (2018). Peranan Orang Tua dan Minat Belajar. Bunga Rampai Usia Emas, 1(1), 37–44. https://www.neliti.com/id/publications/75890/hubungan-peranan-orang-tua-terhadap-minat-belajar-anak-usia-dini

Nisa, B. C., Sawiji, H., & Susantiningrum. (2021). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Siswa XI OTKP SMK Batik Surakarta. Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 5(2), 89. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.20961/jikap.v5i2.51976

Nurmaliza, S. K., & Safrul. (2022). Pengaruh Kondisi Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Pionir: Jurnal Pendidikan, 11(3), 69. https://doi.org/10.22373/pjp.v11i3.16764

Puangpunsi, N. (2021). Learners’ perception towards project-based learning in encouraging english skills performance and 21 st century skills. Thaitesol Journal, 34(1), 1–24. https://eric.ed.gov/?id=EJ1304647

Putri, Setiani, F., & Al Fath, M. S. (2023). Membangun Pendidikan Karakter Berbasis Kurikulum Merdeka Menuju Era Society 5.0. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 18(2), 194–201. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18i2.5557

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Riana, S. A. H. (2023). Persepsi Siswa Terhadap Program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kewirausahaan Kelas X di SMA Negeri 1 Lem [Universitas Pendidikan Indonesia]. https://repository.upi.edu/115105/

Saputro, M. N. A., & Pakpahan, P. L. (2021). Mengukur Keefektifan Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Journal of Education and Instruction, 4(1), 6. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/joeai.v4i1.2151

Sopandi, D., & Sopandi, A. (2021). Perkembangan Peserta Didik (1st ed.). Deepublish.

Sutaris. (2022). Analisis Kepuasan Peserta Didik Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka. Gtkdikmendiksus.Kemdikbud.Go.Id. https://drive.google.com/file/d/1nYUITyw1Mf2sXIKrHrvN3_uXUyOFwuHM/view

Uyun, M., Bahriah, Y., & Fitriani, F. (2022). Interest and Learning Motivation with Student Participation. Psikoislamedia : Jurnal Psikologi, 7(2), 119–133. https://doi.org/10.22373/psikoislamedia.v7i2.13794

Refbacks

  • There are currently no refbacks.