Evaluasi hasil belajar mata pelajaran otomatisasi tata kelola kepegawaian

Aprilia Viona Putri, Anton Subarno

Abstract

Abstrak: Evaluasi hasil belajar menjadi bagian penting dari proses pembelajaran untuk menentukan seberapa efektif kegiatan belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan evaluasi hasil belajar pada mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian di SMK N 3 Surakarta. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan data purposive sample. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data dengan interaktif yaitu pengumpulan, penyajian, reduksi, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan evaluasi hasil belajar meliputi perencanaan, pelaksanaan, tindak lanjut, dan identifikasi hambatan serta solusinya. Perencanaan evaluasi hasil belajar dilakukan dengan menetapkan tujuan evaluasi yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Perencanaan evaluasi dilaksanakan di awal pembelajaran, sedangkan pelaksanaannya di akhir pembelajaran. Guru menggunakan tes tertulis yaitu pilihan ganda. Setelah evaluasi, guru melakukan tindak lanjut berupa remedial dan pengayaan. Hambatan dalam evaluasi hasil belajar sebagai berikut : a) penyusunan soal, b) siswa sulit memahami soal, d) bosan dengan metode evaluasi yang monoton, e) kesulitan guru dalam penggunaan teknologi. Sedangkan upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut adalah : a) pelatihan, b) variasi metode evaluasi, c) komunitas belajar, d) peningkatan penggunaan teknologi dalam evaluasi hasil belajar. 

 

Keywords : kendala; penilaian; prestasi belajar; tindakan


Abstract: Evaluation of learning outcomes becomes an important part of the learning process to determine how effective learning activities are. The purpose of this study is to determine the implementation of evaluation of learning outcomes in the subject of Automation of Personnel Governance at SMK N 3 Surakarta. This research is descriptive qualitative with purposive sample data collection techniques. Data collection techniques with interviews, observation, and documentation. Test validity using source triangulation and techniques. Interactive data analysis techniques are collection, presentation, reduction, and conclusion. The results showed that the implementation of learning outcome evaluation includes planning, implementing, following up, and identifying obstacles and solutions. Planning for the evaluation of learning outcomes is carried out by setting evaluation objectives that are in accordance with the learning objectives. Teachers use a written test that is multiple choice. The teacher conducts follow-up in the form of remedial and enrichment. Obstacles in evaluation are: a) preparation of questions, b) students have difficulty understanding the questions, d) bored with monotonous evaluation methods, e) teacher difficulties in using technology. While efforts to overcome these obstacles are: a) training, b) variations in evaluation methods, c) learning communities, d) increased use of technology in evaluating learning outcomes.


Keywords:  action; evaluation; learning achievement; problem

Keywords

kendala; penilaian; prestasi belajar; tindakan; action; evaluation; learning achievement; problem

Full Text:

PDF

References

Ardana, L. N., Vega, N., Kirana, P., & Sunaryati, T. (2023). Peran penting evaluasi pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar berbasis Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 15814–15819. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.8871

Atiqoh, A., Gunawan, A., Suryana, A., Sarta, S., & Nasirudin, N. (2023). Konsep perencanaan penyusunan evaluasi hasil belajar. In Jurnal Pendidikan dan pengajaran (JUPEJA),1(2),66-71. http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13934

Amiruddin, N.W., & Rustiadi, T. (2021). Pelaksanaan evaluasi hasil belajar siswa dalam pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMP Negeri se Kecamatan Jepara tahun 2021. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 2(2), 693-702 http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/peshr

Diani, E. R., Fikriansyah, F., Najib, N. A., & Wahyuningsih, P. (2022). Konsep remedial dan pengayaan sebagai upaya tindak lanjut evaluasi pembelajaran berdasarkan prinsip mastery learning. Jurnal Ilmu Tarbiyah, 1(1), 37–48. https://jurnal.stittanggamus.ac.id/index.php/JIT

Guefera, R. L. (2020). Kajian teoritik evaluasi pembelajaran agama Islam. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 27–42. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/paramurobi.v3i2.1574

Idrus, L. (2019). Evaluasi dalam proses pembelajaran. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 920–935. https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/adara

Iskandar, R. (2019). Pedoman penilaian hasil belajar peserta didik SMK Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan pada mata pelajaran Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan. CV Jejak (Jejak Publisher).

Ismiarti, D. R., & Nikmah, C. (2021). Pengembangan E-Modul Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian berbasis android pada materi semester gasal kelas XI OTKP 2 di SMK PGRI 2 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 28–38. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap

Magdalena, I., Hidayati, N., Dewi, R. H., Septiara, S. W., & Maulida, Z. (2023). Pentingnya evaluasi dalam proses pembelajaran dan akibat memanipulasinya. MASALIQ, 3(5), 810–823. https://doi.org/10.58578/masaliq.v3i5.1379

Mahoney, B. B., Oostdam, R. R., Nieuwelink, H. H., & Schuitema, J. J. (2023). Learning to think critically through Socratic dialogue: Evaluating a series of lessons designed for secondary vocational education. Thinking Skills and Creativity, 50(1), 1-13. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2023.101422

Nashrullah, M. (2021). Penggunaan media google form dalam evaluasi pembelajaran Bahasa Arab (Pilihan Ganda) ‫وسائط ‫استخدام )‫(متعدد ‫بية ‫العر ‫اللغة ‫التعليم ‫تقويم ‫في. Bahasa Arab NASKHI Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 3(1), 30–40. https://journal.iaimsinjai.ac.id/index.php/naskhi

Panjaitan, L. R., & Naibaho, D. (2023). Suatu kegiatan evaluasi dalam tindak lanjut hasil penilaian pembelajaran siswa. MERDEKA : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(1), 239–246. https://doi.org/10.62017/merdeka.v1i1.529

Sabariah, S. (2020). Pemanfaatan hasil evaluasi dan refleksi pelaksanaan evaluasi belajar. Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 122–133. http://dx.doi.org/10.30829/taz.v9i2.838

Sawaluddin, S., & Muhammad, S. (2020). Langkah-langkah dan teknik evaluasi hasil belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 6(1). 13-24. https://doi.org/10.18592/ptk.v6i1.3793

Siregar, M. R. B. (2023). Analisis kemampuan guru dalam perencanaan, pengembangan dan pelaksanaan evaluasi pembelajaran fikih di MTsN 2 Medan. All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety, 3(1), 102-113. https://doi.org/10.58939/afosj-las.v3i1.517

Tethool, G., Paat, W. R. L., & Wonggo, D. (2021). Penerapan model pembelajaran blended learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(3), 268–275. https://doi.org/https://doi.org/10.53682/edutik.v1i3.1546

Wartoni, W., & Benyamin, P. I. (2020). Strategi Pengembangan Tes Objektif (Pilihan Ganda). Diegesis: Jurnal Teologi, 5(1), 1-10. https://doi.org/10.46933/DGS.vol5i1%25p

Widiasa, I. K. (2022). Penerapan supervisi pengajaran untuk meningkatkan kemampuan guru-guru dalam melakukan inovasi proses pembelajaran, penilaian hasil belajar, evaluasi proses pembelajaran dan tindak lanjut pelaksanaan proses pembelajaran di SMP Negeri 6 Pupuan semester II tahun pelajaran 2018/2019 Kecamatan Pupuan Kabupaten Tabanan. Majalah Ilmiah Universitas Tabanan, 19(2), 138–143. https://ejournal.universitastabanan.ac.id/index.php

Widiyanto, D., & Istiqomah, A. (2020). Evaluasi penilaian proses dan hasil belajar mata pelajaran PPKn. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(1), 51–61. http://doi.org/10.25273/citizenship.v8i1.5385

Wijayanti, E. T. N. (2022). Evaluasi pelaksanaan evaluasi hasil belajar anak usia dini di Ra Pas Bina Tazkiya Simo Slahung Ponorogo. Jurnal Cikal Cendekia, 2(2), 43-54. https://doi.org/10.31316/jcc.v2i2.2134

Zainal, N. F. (2020). Pengukuran, assessment dan evaluasi dalam pembelajaran matematika. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 8–26. https://doi.org/10.31537/laplace.v3i1.310

Refbacks

  • There are currently no refbacks.