Meningkatkan motivasi belajar siswa melalui perencanaan pembelajaran yang menyenangkan di SMA Labschool Universitas Pendidikan Indonesia
Abstract
Abstrak: Tujuan artikel ini adalah untuk mengetahui implementasi metode pembelajaran yang menyenangkan dan dampaknya terhadap motivasi belajar siswa di SMA Labschool UPI. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif, dilakukan dengan wawancara, mengkaji buku, jurnal, dan hasil penelitian terkait metode pembelajaran yang menyenangkan. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan beberapa siswa SMA Labschool UPI untuk mengetahui pengalaman dan pendapat mereka tentang metode pembelajaran yang menyenangkan. Analisis data secara kualitatif untuk mengidentifikasi dan mengkategorikan metode pembelajaran yang menyenangkan di SMA Labschool UPI. Berdasarkan hasil penelitian ini, metode pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa SMA Labschool UPI yaitu pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran berbasis permainan, pembelajaran kolaboratif, dan pembelajaran diluar kelas. Hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi guru dan praktisi pendidikan dalam mengembangkan metode pembelajaran yang lebih efektif dan menarik bagi siswa.
Kata kunci : dorongan belajar; kualitatif; pembelajaran menarik; rencana pembelajaran
Abstract: The purpose of this article is to determine the implementation of fun learning methods and their impact on student learning motivation at UPI Labschool High School. The research method used is qualitative research, carried out by interviews, reviewing books, journals and research results related to fun learning methods. Primary data was obtained through interviews with several UPI Labschool High School students to find out their experiences and opinions about fun learning methods. Qualitative data analysis to identify and categorize fun learning methods at UPI Labschool High School. Based on the results of this research, learning methods that are fun for UPI Labschool High School students are project-based learning, game-based learning, collaborative learning, and learning outside the classroom. The results of this research can be useful for teachers and educational practitioners in developing learning methods that are more effective and interesting for students.
Keywords : learning motivation; qualitative; fun learning;learning planning
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astuti, A. D. (2017). Pengaruh motivasi dan disiplin kerja terhadap kinerja guru SD di Kabupaten Cilacap. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 5(2), 150-160. https://doi.org/10.21831/amp.v5i2.13931
Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida journal, 5(2), 172-182. http://dx.doi.org/10.22373/lj.v5i2.283
Fadilla, A. N., Relawati, A. S., & Ratnaningsih, N. (2021). Problematika pembelajaran daring pada pembelajaran matematika di masa pandemi Covid-19. Jurnal jendela pendidikan, 1(02), 48-60. https://doi.org/10.57008/jjp.v1i02.6
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Febrianto, A. S., Faldesiani, R., Addinna, D., Hernawan, Y., Suryadi, E., & Suryadi, G. G. (2023). Using vosviewer for a bibliometric computational mapping analysis of publications on communication technology. Journal of Engineering Science and Technology, 18(6), 2748-2762.
Febrianto, A. (2017). Pengaruh dimensi pelatihan kerja terhadap kinerja karyawan (studi pada Hotel Ollino Garden Kota Malang). (Skripsi Sarjana, Universitas Brawijaya) Malang, Indonesia.
Febrianto, A. S. (2019). pengaruh pemberdayaan psikologis dan islamic spiritual leadership terhadap komitmen organisasional dimediasi oleh motivasi intrinsik (studi pada pengurus lembaga dakwah kampus universitas brawijaya). (Tesis Magister, Universitas Brawijaya) Malang, Indonesia.
Hamid, A. (2020). Pembelajaran aktif, kreatif, efektif dalam pembelajaran. BDK Banjarmasin Kementerian Agama.
Khairunnisa, A. N., Amanda, D. M., Fakhira, F., & Radia, S. (2023). Analisis pola komunikasi interpersonal dalam proses belajar mengajar menggunakan hukum prinsip respect, empathy, audible, clarity, dan humble. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 8(2), 249-258. https://doi.org/10.17509/jpm.v8i2.53806
Lestari, E. T. (2020). Cara praktis meningkatkan motivasi siswa sekolah dasar. Yogyakarta: Deepublish.
Manizar, E. (2015). Peran guru sebagai motivator dalam belajar. Tadrib, 1(2), 204-222.
Monika, M., & Adman, A. (2017). Peran efikasi diri dan motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 110-117. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8111
Mulyawati, Y. M. (2021). Pentingnya keterampilan guru untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Elementa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2). https://doi.org/10.33654/pgsd.v3i2.1317
Noermijati, N., Juwita, H. A. J., & Alashkam, S. A. (2019). The influence of psychological empowerment and islamic spiritual leadership on organizational commitments and intrinsic motivation. Jurnal Aplikasi Manajemen, 17(3), 381-390. http://dx.doi.org/10.21776/ub.jam.2019.017.03.01
Novalita, R. (2014). Pengaruh perencanaan pembelajaran terhadap pelaksanaan pembelajaran (suatu penelitian terhadap mahasiswa PPLK program studi pendidikan geografi FKIP Universitas Almuslim). Lentera: Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi, 14(2), 56–61.
Oktiani, I. (2017). Kreativitas guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Jurnal kependidikan, 5(2), 216-232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939
Purba, F. B., Tanjung, D. S., & Gaol, R. L. (2021). The effect of paikem approach on students’ learning outcomes on the theme of lingkungan sahabat kita at grade V SD Harapan Baru Medan Academic year 2019/2020. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 5(2), 278-286.
Rahman, S. (2022). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.
Ramli, R. (2014). The effect of learning motivation on student’s productive competencies in vocational high school, West Sumatra. International Journal of Asian Social Science, 4(6), 722-732.
Rusman. (2017). Belajar & pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sabirin. (2012). Perencanaan kepala sekolah tentang pembelajaran. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED, 9(1), 111–128.
Sanjani, M. A. (2021). Pentingnya strategi pembelajaran yang tepat bagi siswa. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 10(2), 32-37. https://doi.org/10.37755/jsap.v10i2.517
Sardiman, A.M. (2014). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Saptono, Y. J. (2016). Motivasi dan keberhasilan belajar siswa. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 181-204.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta
Suryapermana, N. (2017). Manajemen perencanaan pembelajaran. Tarbawi, 3(02), 183–193. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v3i02.1788
Suyanto, A. D., & Djihad, A. (2013). Bagaimana menjadi calon guru dan guru profesional. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Syarifuddin, A. (2011). Penerapan model pembelajaran cooperative belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam, 16(01), 113-136. https://doi.org/10.19109/td.v16i01.57
Wachyudi, K., Srisudarso, M., & Miftakh, F. (2015). Analisis pengelolaan dan interaksi kelas dalam pengajaran bahasa inggris. Jurnal Ilmiah Solusi, 1(4), 40–49. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Wahyudi, D., & Azizah, H. (2016). Strategi pembelajaran menyenangkan dengan konsep learning revolution. Attarbiyah, 26, 1-28. https://doi.org/10.18326/tarbiyah.v26i0.1-28
Waluyo, M. E. (2014). Revolusi gaya belajar untuk fungsi otak. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 209-228. https://doi.org/10.21580/nw.2014.8.2.577
Wijanarko, Y. (2017). Model pembelajaran Make a Match untuk pembelajaran IPA yang menyenangkan. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 1(1), 52-59. https://doi.org/10.30738/tc.v1i1.1579
Wikara, B., Sutarno, S., Suranto, S., & Sajidan, S. (2020). Efek pembelajaran yang menyenangkan (fun learning) terhadap kemampuan memori. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 6(2), 192-195. http://dx.doi.org/10.32699/spektra.v6i2.164
Winarni, M., Anjariah, S., & Romas, M. Z. (2016). Motivasi belajar ditinjau dari dukungan sosial orangtua pada siswa SMA. Jurnal Psikologi, 2(1).
Zakaria, S. F., & Awaisu, A. (2011). Shared-learning experience during a clinical pharmacy practice experience. American Journal of Pharmaceutical Education, 75(4), 75. https://doi.org/10.5688/ajpe75475
Refbacks
- There are currently no refbacks.