Pengaruh pembelajaran kewirausahaan dan lingkungan sosial terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI SMK Negeri 1 Sukoharjo

Sanita Putri, Susantiningrum Susantiningrum, Anton Subarno

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui pengaruh pembelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa (2) mengetahui pengaruh lingkungan sosial terhadap minat berwirausaha siswa dan (3) mengetahui pengaruh pembelajaran kewirausahaan dan lingkungan sosial secara bersama-sama terhadap minat berwirausaha siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif metode korelasional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI program keahlian manajemen perkantoran dan layanan bisnis tahun 2023/2024. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling tipe proportional stratified random sampling dengan jumlah 83 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Data analisis data menggunakan uji prasyarat dan regresi linier berganda dengan bantuan IBM SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan pembelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa (thitung 2,53 > ttabel 1,99) dengan signifikansi 0,01 < 0,05, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan sosial terhadap minat berwirausaha siswa (thitung 2,92 > ttabel 1,99) dengan signifikansi 0,00 < 0,05, dan (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan pembelajaran kewirausahaan dan lingkungan sosial secara bersama-sama terhadap minat berwirausaha siswa (Fhitung 17,14 > Ftabel 3,11) dengan signifikansi 0,00 < 0,05. 


Keywords: hasrat berwirausaha; hubungan sosial; kuantitatif; pengajaran kewirausahaan


Abstract: The purpose of this research was to: (1) determine the effect of entrepreneurship learning on entrepreneurial interest of students (2) determine the effect of social environment on entrepreneurial interest of students and (3) determine the effect of entrepreneurship learning and social environment on entrepreneurial interest of students. The research is a quantitative research using corelational methods.  The population in this study were class XI students in the office management and business services SMK N 1 Sukoharjo in 2023/2024. The sampling technique used probability sampling technique type proportional startified random sampling with 83 students as the sample. Methods of data collection using quentionnaire. The data analysis technique by comppiling prerequisite test tabulation and multiple linear regression using IBM SPSS 22 program. The results showed that: (1) there was a positive and significant effectof the entrepreneurship learning on students' entrepreneurial interest (tvalue 2,53> ttable 1,99) with significant 0,01<0,05, (2) there was a positive and significant effectof social environment on students' entrepreneurial interest (tvalue 2,92> ttable 1,99) with significant 0,00<0,05 and (3) there was a positive and significant effect of entrepreneurship learning and social environment on students’ entrepreneurial interest (Fvalue 17,14 > Ftable 3,11) with significant 0,00<0,05. 


Keywords:  entrepreneurial interest; entrepreneurship learning; quantitative; social environment

Keywords

hasrat berwirausaha; hubungan sosial; kuantitatif; pengajaran kewirausahaan; entrepreneurial interest; entrepreneurship learning; quantitative; social environment

Full Text:

PDF

References

Andini, D. P., & Engriani, Y. (2019). Pengaruh Self-Efficacy, Tolerace for Risk, dan Kebebasan Dalam Bekerja Terhadap Minat Entrepreneurship Mahasiswa Universitas Negeri Padang. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 1(4), 34–47.

Basri, Faiza, Nasir, & Nasrun. (2019). Implementasi Pembelajaran Berbasis Produk Dalam Rangka Menyiapkan Lulusan SMK Menjadi Wirausahawan Muda. Jurnal Inovasi Vokasi Dan Teknologi, 19(1), 44–52.

Christianingrum, & Rosalina, E. (2017). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 44-55.

Fakhruddin, M. R. (2021). Pengaruh Lingkungan Sosial Terhadap Minat Berwirausaha (Survei Pada Siswa di SMK Jurusan Akuntansi se-Kota Cimahi). ( Disertasi Doktor, Universitas Pendidikan Indonesia) Bandung, Indonesia.

Hadi, C., Wekke, I., & Cahaya, A. (2015). Entrepeneurship and Education : Creating Business Awareness for Students in East Java Indonesia. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 177, 459–463.

Jamil, & Khaeruddin. (2021). Pengaruh Lingkungan Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Remaja di Desa Batulappa. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(2), 234-242.

Kasmir. (2016). Kewirausahaan. Raja Grafindo Persada.

Nainggolan, R., & Hanry, D. (2020). Pengaruh Pendidikan Entrepeneurship dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Berwirausaha (Studi di Universitas Ciputra). Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 8(2), 183–198.

Nurfadhila, H. (2018). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XII Administrasi Perkantoran SMK 1 Sukoharjo. (Skripsi, Universitas Sebelas Maret) Surakarta, Indonesia.

Purnomo, M., T. (2016). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Teknik KendaraaN Ringan SMK Negeri 1 Seyegan. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif.

Ramadhani, R., & Mulyani. (2022). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Berwirausaha. (Skripsi, Universitas Pasundan) Bandung, Indonesia.

Rochnawati, I., & Efi, A. (2020). The Relation Learning Entrepreneurship, Enterprise Motivation, and the Family Environment with Enterprise Interest in Students. Journal of Education Research and Evaluation, 4(4), 314–321.

Selcuk, H., & Burak, E. (2019). Effect of Social Environment and Pesonality Traits on Entrepeneurship Tendencies of Student : An Applicatin in Foundation University. Journal of Life Economics, 6(2), 199–132.

Shofwan, I., Sunardi, Gunarhadi, & Rahman, A. (2023). Entrepreneurship Education: Encouraging Entrepreneurial Intentions for Equality Education Students in Semarang. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 22(6), 175–194.

Suherman, E. (2010). Desain Pembelajaran Kewirausahaan. Alfabeta.

Susanto, A. (2019). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana.

Tamara, R. M. (2016). Peranan Lingkungan Sosial Terhadap Pembentukan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik di SMA Negeri Kabupaten Cianjur. Jurnal Pendidikan Geografi, 16(1), 45.

Wulandari, S. (2013). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha Pada Siswa kelas XII di SMK Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 1(1), 6.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.