Pelaksanaan kegiatan merdeka belajar-kampus merdeka (MBKM) kewirausahaan Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran

Farida Nurlailatul Mahdiyyah, Tutik Susilowati, Winarno Winarno

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) tujuan pelaksanaan kegiatan MBKM Kewirausahaan, (2) pelaksanaan kegiatan MBKM Kewirausahaan program studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, (3) hambatan dalam melaksanakan MBKM Kewirausahaan, serta (4) upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan pelaksanaan . Jenis penelitian menggunakan deskripstif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengambilan sampel secara purposive dan snowball sampling. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan yakni, uji kredibilitas, dan dikonfirmasi dengan uji transferbilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tujuan pelaksanaan MBKM Kewirausahaan (a) menyiapkan profil lulusan agar mampu mengelola usaha secara mandiri, serta (b) meningkatkan kompetensi lulusan di bidang kewirausahaan baik soft skill maupun hard skill (2) pelaksanaan kegiatan MBKM Kewirausahaan meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi (3) hambatan dalam pelaksanaan: (a) hambatan yang dialami mahasiswa adalah kurang memahami teori mata kuliah rekognisi, kurang mampu mengelola waktu, kurangnya komunikasi dengan dosen pembimbing dan kesulitan memasarkan produk (b) hambatan yang dialami dosen pembimbing yaitu kurang dapat melakukan pembimbingan dan kurang mampu menilai mata kuliah rekognisi (4) upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan (a) upaya yang dilakukan mahasiswa adalah belajar mandiri, manajemen waktu, membentuk whatsapp group dan meningkatkan kegiatan promosi (b) upaya yang dilakukan dosen pembimbing adalah ketua tim kurikulum MBKM mengingatkan dosen pembimbing untuk melakukan pembimbingan dan membuat rubrik penilaian.


Keyword : kendala; pembelajaran mandiri; pengakuan; pengusaha mandiri; upaya

 

Abstract: This study aims to determine (1) the purpose of the implementation of MBKM Entrepreneurship activities, (2) the implementation of MBKM Entrepreneurship activities in the Office Administration Education study program, (3) constraints in the implementation of MBKM Entrepreneurship, and (4) efforts made in overcoming constraints. This type of research uses qualitative descriptive with a case study approach. The sampling technique was purposive and snowball sampling. Data collection using interviews, observation and documentation. The validity of the data used, namely, credibility test, and confirmed by transferability, dependability and confirmability tests. This research data analysis uses interactive analysis techniques. The results showed that: (1) the purpose of the implementation of MBKM Entrepreneurship (a) preparing the profile of graduates to be able to manage businesses independently, and (b) increasing the competence of graduates in the field of entrepreneurship both soft skills and hard skills (2) the implementation of MBKM Entrepreneurship activities includes planning, implementation, monitoring and evaluation stages (3) constraints in implementation: (a) the constraints experienced by students are less understanding of the theory of recognition courses, less able to manage time, Less communication with supervisors and have trouble marketing products (b) constraints experienced by supervisors, namely less able to provide guidance and less able to assess recognition courses (4) efforts made in overcoming obstacles (a) efforts made by students are self-study, time management, forming whatsapp groups and increasing promotional activities (b) efforts made by supervisors are the head of the MBKM curriculum team reminding supervisors to provide guidance and making assessment rubrics.    


Keywords: constraints; efforts; entrepreneurship; MBKM; recognition

Keywords

kendala; pembelajaran mandiri; pengakuan; pengusaha mandiri; upaya; constraints; efforts; entrepreneurship; MBKM; recognition

Full Text:

PDF

References

Agustin, D. R., & Setyawan, A. A. (2023). Starting An Entrepreneurship Journey Through Wirausaha Merdeka Workshop Of Universitas Muhammadiyah Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Ainia, D. K. (2020). Merdeka belajar dalam pandangan Ki Hadjar Dewantara dan relevansinya bagi pengembanagan pendidikan karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95-101.

Arfah, M. (2017). Pemanfaatan limbah kertas menjadi kertas daur ulang bernilai tambah oleh mahasiswa. Buletin Utama Teknik, 13(1), 28-31.

Saptono, A., Wibowo, A.,Widyastuti, U., Narmaditya, B.S., & Yanto, H. (2021). Entrepreneurial self-efficacy among elementary students: the role of entrepreneurship education. Heliyon, 7(9), 2405-8440. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07995

Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195-205. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.591

Christiani, N., & Nurhayati, S. F. (2023). Impementasi Program Wirausaha Merdeka Dalam Pembuatan Bisnis Mile Crepees (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Dirjen Pendidikan Tinggi. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta, Indonesia : Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI.

Global Entrepreneurship Index. (2018). “2018 Global Entrepreneurship Index Rankings.” Accessed September 14, 2022. http://thegedi.org/global-entrepreneurship-and-development-index.

IDN Research Institute. (2019). Indonesia Millennial Report 2019. Jakarta, Indonesia : IDN Media.

https://cdn.idntimes.com/content-documents/indonesia-millennial-report-2019-by-idn-times.pdf

Jihad, F., Lubis, D. R. P., & Lubis, A. H. (2023). Perancangan Sistem Informasi Jadwal Kegiatan Pegawai Berbasis Web. Simtek: Jurnal Sistem Informasi dan Teknik Komputer, 8(1), 24-29.

Lukas, M., Tewal, B., & Walangitan, M. D. (2017). Pengaruh Pengawasan, Kepemimpinan Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Badan Pengelola Keuangan Dan Barang Milik Daerah Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(2), 1921-1928.

Mansyur, Harun & Suratno. (2019). Asesmen Pembelajaran di Sekolah Panduan Bagi Guru dan Calon Guru. Pustaka Belajar.

Pamungkas, A. S., Widjaya, H., Wiyanto, H., & Budiono, H. (2021). Pengembangan Dan Pelatihan Menggunakan Model Bisnis Canvas Bagi Siswa/I Smk Santo Leo Mangga Besar Jakarta. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 3(2), 514-520. https://doi.org/10.24912/jbmi.v3i2.9403

Shepherd, D. A., & Gruber, M. (2021). The lean startup framework: Closing the academic– practitioner divide. Entrepreneurship Theory and Practice, 45(5), 967–998. https://doi.org/10.1177/1042258719899415

Sintiawati, N., Fajarwati, S. R., Mulyanto, A., Muttaqien, K., & Suherman, M. (2022). Partisipasi civitas akademik dalam implementasi merdeka belajar kampus merdeka (MBKM). Jurnal Basicedu, 6(1), 902-915.

Siregar, N., Sahirah, R., & Harahap, A. A. (2020). Konsep Kampus Merdeka Belajar Di Era Revolusi Industri 4.0. Fitrah: Journal Of Islamic Education, 1(1), 141–157. https://Doi.Org/10.53802/Fitrah.V1i1.13

Sukamdani, A. O., & Utomo, Y. P. (2023). Peningkatan Jiwa Entrepreneur pada Mahasiswa Dalam Pengembangan Bisnis" Happy Sandwich" Melalui Program Wirausaha Merdeka (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Suranto, S., Sulistyanto, A., & Marimin, A. (2022). Program magang wirausaha merdeka meningkatkan mental berdaya wirausaha mahasiswa. Budimas: jurnal pengabdian masyarakat, 4(2), 530-535.

Widarto, J., Citra, L., & Hutagalung, S., G. (2021). Implementasi Peran Dosen Pada MBKM Program Studi Ilmu Hukum. Forum Ilmiah, 18(4), 656-662.

Wijayanto, B., & Wulandari, F. (2023). Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Systematic Review. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 8(2), 164-184.

Wita, S. (2019). Hambatan Dalam Pelaksanaan Pembelajaran. Duconomics Sci-meet (Education and Economics Science Meet). 1(4), 132–135.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.