Peran kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi akademik di SMK Batik 2 Surakarta

Siti Zahro Yundiafi, Anton Subarno, Nur Rahmi Akbarini

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peran kepala sekolah dalam melaksanakan fungsi supervisi akademik guna meningkatkan kinerja guru di SMK Batik 2 Surakarta, dan (2) mengetahui strategi untuk mengatasi guru yang belum siap melakukan supervisi akademik di SMK Batik 2 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif.kualitatif. Sumber data penelitian ini yaitu informan, tempat dan peristiwa, serta dokumen. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan analisis dokumen. Teknik uji validitas yang digunakan adalah triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data interaktif. Hasil analisis penelitian, antara lain: (1) peran kepala sekolah dalam melaksanakan fungsi supervisi akademik antara lain melakukan observasi secara langsung terhadap proses pembelajaran, melakukan penilaian pembelajaran, memberi fasilitas informasi tentang perkembangan dunia pendidikan, membantu guru dalam menyelesaikan masalah, memberi motivasi kepada guru, dan mendorong guru untuk melakukan pembaharuan metode pembelajaran, dan (2) strategi kepala sekolah dalam mengatasi guru yang belum siap untuk disupervisi akademik antara lain melaksanakan supervisi akademik sesuai dengan tujuan dari supervisi akademik, mengaktifkan kelompok kerja guru, dan melakukan koordinasi melalui rapat evaluasi.


Kata kunci : kualitatif; pendidik; pengawasan akademik


Abstract: This study aims to (1) find out the role of the headmaster in implementing the academic supervision function to improve teacher performance at SMK Batik 2 Surakarta, and (2) find out the strategy to overcome teachers who are not ready to conduct academic supervision at SMK Batik 2 Surakarta. This research is a qualitative research with a descriptive qualitative approach. The data sources are informants, places and events, and documents. The sampling technique was carried out using purposive sampling and snowball sampling. Data collection was done by interview, observation and document analysis. The validity test technique used was triangulation of sources and methods. The data analysis technique uses interactive data analysis techniques. The results of the research analysis, among others: (1) the headmaster's role in carrying out the academic supervision function includes direct observation of the learning process, conducting learning assessments, providing information facilities about the development of the world of education, assisting teachers in solving problems, motivating teachers, and encouraging teachers to renew learning methods, and (2) the headmaster's strategy in overcoming teachers who are not ready to be supervised academically includes carrying out academic supervision in accordance with the objectives of academic supervision, activating teacher working groups, and coordinating through evaluation meetings.


Keywords : academic supervision; qualitative; the role of the headmaster

Keywords

kualitatif; pendidik; pengawasan akademik; academic supervision; qualitative; the role of the headmaster

Full Text:

PDF

References

Akhmad, F. A. P. (2022). Efektivitas pelaksanaan supervisi akademik pengawas dalam meningkatkan kompetensi profesional guru PAI SD di kecamatan Tambun Selatan. Jurnal Parameter, 7(1), 26–40. https://doi.org/10.37751/parameter.v7i1.185

Asmadi, I., Romansyah, R., Farid, M., Aman, A., & Rahman, A. (2023). Supervisi akademik kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan ( studi kasus di SMA Terpadu Riyadlul Ulum ). JIIP-Jurnal Ilmu Pendidikan,6(2), 819–825. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1372

Buchari, A. (2018). Peran guru dalam pengelolaan pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(2), 106-124. https://doi.org/10.30984/jii.v12i2.897

Cecep, H., Subakti, H., Nurtanto, M., Purba, S., Hasan, M., Sakiman, Rasinus, Mulyadi, D., Muntu, D., Kato, I., & Karwanto. (2021). Manajemen supervisi pendidikan (1st ed.). Yayasan Kita Menulis.

Harahap, R. D. (2018). Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi mengajar guru di SMPN 2 Sigambal. Jurnal Edu Science, 5(1), 47–52. https://doi.org/10.36987/jes.v5i1.892

Harimurti, E. R. (2019). Supervisi akademik dalam upaya pembinaan kompetensi profesional guru Pendidikan Anak Usia Dini (Paud). Jurnal Buah Hati, 6(2), 78-85. https://doi.org/https://doi.org/10.46244/buahhati.v6i2.580

Kartini, & Susanti. (2019). Supervisi klinis oleh kepala sekolah terhadap kualitas pembelajaran. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan, 4(2), 160–168. https://doi.org/https://doi.org/10.31851/jmksp.v4i2.2905

Khoirunnisa, Y. (2021). Peran supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMPI Al-Hamidiyah Depok (Bachelor’s thesis Institutional Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Khun-inkeeree, H., Dali, P. D., Daud, Y., Fauzee, M. S. O., & Khalid, R. (2019). Effects of teaching and learning supervision on teachers attitudes to supervision at Secondary School in Kubang Pasu District, Kedah. International Journal of Instruction, 12(1), 1335–1350. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12185a

Lismana, E. A., Taufik, M., & Alamsyah, P. T. (2022). Optimalisasi peran kepala sekolah sebagai inovator dalam pembelajaran berbasis IT di SD PLTU Suralaya Wukir Retawu. Jurnail Binagogik, 9(1), 116–125. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/49

Muarif. (2023). Peningkatan kompetensi pedagogik dalam menyusun Rpp melalui supervisi akademik pada guru SDN Rikut Jawu Kabupaten Barito Selatan. Meretas : Jurnal Ilmu Pendidikan, 10(1), 24-. 37. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.52947/meretas.v10i1.374

Muljawan, A. (2018). Kepemimpinan kepala sekolah dalam mengelola sekolah efektif. Jurnal Asy-Syukriyyah, 19(1), 146–157. https://doi.org/10.36769/asy.v19i1.29

Musyadad, V. F., Hanafiah, H., Tanjung, R., & Arifudin, O. (2022). Supervisi akademik untuk meningkatkan motivasi kerja guru dalam membuat perangkat pembelajaran. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1936–1941. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.653

Priscila, N. K., & Sanoto, H. (2022). Hubungan antara supervisi akademik dengan kompetensi profesional guru dan kinerja guru SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 13(1), 103–111. https://doi.org/doi.org/10.21009/JPD.13.01.

Rahayu, S. S. (2022). Meningkatkan profesional guru dalam pembuatan administrasi melalui supervisi akademik Kepala Sekolah SD Negeri Rejosari 03 Kota Semarang. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 3(1), 145–153. https://doi.org/10.51874/jips.v3i1.50

Riyanto, M., Sasongko, R. N., Kristiawan, M., Susanto, E., & Anggereni, D. T. (2021). Manajemen kepala sekolah dalam melaksanakan perencanaan, implementasi, penilaian dan tindak lanjut supervisi akademik. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 4(1), 21–30. https://doi.org/10.31539/alignment.v4i1.2144

Sari, P. M., Ansori, A., & Linda, R. (2023). Implementasi kepala sekolah dalam pengembangan kompetensi profesional guru untuk meningkatkan mutu pendidikan di MA Hasanuddin Telukbetung Bandar Lampung. Unisan Jurnal: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan, 2(4), 358–363. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal

Setiyadi, B., & Rosalina, V. (2021). Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 75–84. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.81

Sugiyono, D. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan tindakan. Alfabeta.

Susanti, S., Lian, B., & Puspita, Y. (2020). Implementasi strategi kepala sekolah dalam penguatan pendidikan karakter peserta didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1644–1657. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.629

Wibowo, A., & Santosa, A. B. (2022). Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 13(1), 14–20. https://doi.org/10.25299/perspektif.2022.vol13(1).9004

Zohriah, A., Mu’in, A., & Lisdiawati, L. (2023). Supervisi akademik penentu mutu pendidikan.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.