Pengaruh Penerapan Prinsip Good governance Terhadap Tingkat Kepuasan Pelayanan Publik di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Karanganyar

Vina Tiasari, Patni Ninghardjanti, Anton Subarno

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui adakah pengaruh yang signifikan pelaksanaan prinsip good governance terhadap kepuasan pelayanan publik di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Karanganyar, (2) mengetahui indikator good governance yang paling dominan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pelayanan publik pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Karanganyar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah masyarakat pengguna layanan publik di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Karanganyar yang berjumlah 380 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik incidental sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik uji validitas data pada penelitian ini adalah triangulasi sumber dan triangulasi metode. Data analisis data menggunakan uji prasyarat dan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS for Windows 22.0. Hasil penelitian diperoleh: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan dari sembilan prinsip good governance secara bersama-sama terhadap kepuasan pelayanan publik (Fhitung 29,220 > Ftabel 1,905), dan (2) variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pelayanan publik adalah variabel tanggungjawab (X4) dengan nilai koefisiensi sebesar 0,473.

Kata Kunci: kesenangan pelanggan; prinsip pemerintahan; pelayanan umum


Abstract: This study focuses on KPP Pratama Karanganyar and aims to investigate the impact of good governance principles on public service satisfaction. Specifically, the research addresses two key objectives (1) Effect of Good Governance Implementation: The study examines whether the implementation of good governance principles significantly affects public service satisfaction at the Karanganyar Primary Tax Service Office. (2) Dominant Indicators of Good Governance: It identifies the indicators of good governance that most strongly influence the level of public service satisfaction at the Primary Tax Service Office Karanganyar. The research design for this study utilizes a correlational quantitative research method. The study focuses on the community of public service users at the Karanganyar Primary Tax Service Office, totaling 380 people. The sampling technique employed is incidental sampling. Data collection involves the use of questionnaires and documentation. To ensure data validity, source triangulation and method triangulation are applied. Finally, data analysis is conducted using prerequisite tests and multiple linear regression with the assistance of SPSS for Windows 22.0. Results show (1) the study demonstrates a positive and significant influence of the nine principles of good governance on public service satisfaction (Fcount = 29.220, Ftable = 1.905). (2) The variable that most significantly affects public service satisfaction is responsibility (X4), with a coefficient of 0.473.


Keywords: customer delight; principles of government; public service

Keywords

kesenangan pelanggan; prinsip pemerintahan; pelayanan umum; customer delight; principles of government; public service

Full Text:

PDF

References

Parasuraman, A. (2014). The Behavioral Consequences of Service Quality. New Jersey: Prentice Hall.

Buana, D. C. (2014). Studi Eksplanasi Pendekatan Kuantitatif Mengenai Pengaruh Prinsip-Prinsip Good Governance Terhadap Kualitas Layanan Publik Dalam Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Pada Kantor SAMSAT.

Cruz, S. S., & Paulino, S. R. (2022). Experiences of innovation in public services for sustainable. Journal of Urban Management, 110.

Duadji. (2012). Good Governance Dalam Pemerintahan Daerah. Mimbar Vol. 28 No. 2, 201-209.

Fandi, Tjiptono. (2014). Service, Quality, and Satisfaction. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Handayani, E., Garad, A., Suyadi, A., & Tubastuvi, N. (2023). Increasing the performance of village services with good governance and. Elsevier: World Development Sustainbility, 6-8.

Kasmir. (2017). Customer Service Excellent Teori dan Praktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Lewis & Stuart. (2005). The Ethics Challenge in Public Service: A Problem-Solving Guide. San Fransisco: Jossy Bass.

Maryam, N. S. (2016). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi, Vol. 6 No. 1.

Maryam, N. S. (2016). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi Vol. VI No. 1, 7-8.

Pontolowokan, A. A. (2018). Studi Deskriptif Kuantitatif Mengenai Pengaruh Penerapan Good Governance Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Mapanget Kota Manado.

Rhodes. (1996). The New Governance: Governing Without Governance. Political Studies, 653.

Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai:Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sedarmayanti. (2003). Good Governance (Kepemerintahan yang Baik). Bandung: Mandar Maju.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Talis, Z. (2019). Studi Deskriptif Kuantitatif Mengenai Pengaruh Pelaksanaan Good Governance Terhadap Pelayanan Publik (Studi Pada Kantor Kelurahan Temas, Kecamatan Batu, Kota Batu).

Yarni, Meri, Lathifah Amir. (2015). Penguatan Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik Dalam Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan Sebagai Pilar Penegakan Hak Asasi Manusia Di Indonesia. Jurnal Ilmu Hukum Jambi 6,(1).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.