Faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi minat siswa untuk melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi

Risma Febryanti, Anton Subarno, Nur Rahmi Akbarini

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi minat siswa untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik sampling pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, dimana dalam pengambilan sampel awal tidak ditentukan jumlahnya karena lebih mengutamakan kualitas jawaban penelitian. Penentuan jumlah sampel menggunakan teknik snowball sampling. Tenik pengambilan data yaitu dengan wawancara secara langsung pada siswa kelas XI SMK. Teknik uji validitas menggunakan teknik triangulasi sumber. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data interaktif model Miles and Huberman, dengan urutan pengumpulan data, reduksi data, penarikan kesimpulan, dan penyajian data. Proses analisis data model Miles and Huberman pada setiap tahapannya dapat terjadi berulang-ulang atau secara interaktif. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini yaitu sebagai berikut. Faktor-faktor internal yang mempengaruhi minat siswa untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi yaitu motivasi dan kebutuhan, dengan indikator yang paling berpengaruh adalah motivasi. Faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi minat siswa untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi yaitu status ekonomi orang tua, lingkungan sekolah dan lingkungan sosial, dengan indikator yang paling berpengaruh adalah status ekonomi orang tua.


Kata kunci: antusiasme; kualitatif; universitas


Abstract: This study aims to determine the internal factors and external factors that influence students' interest in continuing their education in tertiary institutions. This research is a qualitative research. The sampling technique in this study used a purposive sampling technique, where the number of initial samples was not determined because it prioritized the quality of research answers. Determination of the number of samples using snowball sampling technique. The data collection technique is by direct interviews with students of class XI SMK. The validity test technique uses source triangulation techniques. Data analysis in this study used interactive data analysis of the Miles and Huberman model, with the sequence of data collection, data reduction, drawing conclusions, and data presentation. The data analysis process of the Miles and Huberman model at each stage can occur repeatedly or interactively. The results obtained in this study are as follows. The internal factors that influence students' interest in continuing their education in tertiary institutions are motivation and needs, with the most influential indicator being motivation. External factors that influence students' interest in continuing their education at tertiary institutions are the economic status of parents, school environment and social environment, with the most influential indicator being the economic status of parents.


Keywords : interest; college; qualitative

Keywords

antusiasme; kualitatif; universitas; interest; college; qualitative

Full Text:

PDF

References

Afra, P. (2017). Faktor-faktor yang memengaruhi minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di sekolah menengah kejuruan se-Kecamatan Ajibarang. Hanata Widya, 6(3), 28-34.

Al-furqon, S. H. (2012). Minat siswa SMK melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII jurusan teknik kendaraan ringan SMK Negeri 2 Surakarta. (Skripsi, FKIP Universitas Sebelas Maret) Surakarta, Indonesia.

Holland, J. L. (1997). Making vocational choices: A theory of vocational personalities and work environments. Psychological Assessment Resources.

Indriyanti, N., & Ivada, E. (2013). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas Xii Akuntansi Smk Negeri 6 Surakarta Tahun 2013. Jupe-Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(2), 1-10.

Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 129a/U/2004 tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Pendidikan, Standar Pelayanan Minimal (SPM) SMK.

Khadijah, S., et al. (2017). Analisis minat peserta didik untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2).

Rachmawati, D. (2017). Minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi ditinjau dari latar belakang sosial ekonomi orang tua dan potensi diri pada siswa kelas XI SMK Negeri Se-Kota Semarang. (Skripsi Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang) Semarang, Indonesia.

Setiaji, K., & Rachmawati, D. (2017). Minat Melanjutkan Studi Perguruan Tinggi Siswa SMKN Kota Semarang. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 45-59. https://dx.doi.org/10.17977/UM014v10i12017p045.

Simbolon, N. (2014). Faktor-faktor yang memengaruhi minat belajar peserta didik. Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED, 1(2), 14-19.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.