Pengelolaan tata arsip di dinas kearsipan dan perpustakaan daerah Kabupaten Karanganyar

Jayanti Putri Wulandari, Susantiningrum Susantiningrum, Wiedy Murtini

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Pelaksanaan pengelolaan kearsipan di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Karanganyar. (2) Hambatan yang dihadapi dalam pengelolaan kearsipan di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Karanganyar. (3) Upaya apa saja yang akan dilakukan untuk mengatasi hambatan yang ditemui dalam pengelolaan kearsipan yang terjadi di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah informan, tempat dan peristiwa, serta dokumentasi atau arsip dengan teknik sampling yang dipakai adalah purposive sampling dan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan analisis dokumen, uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Kemudian dengan Teknik analisis data model analisis interaktif. Hasil penelitian: (1) Pelaksanaan pengelolaan kearsipan di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Karanganyar meliputi penerimaan surat, pencatatan dan penataan arsip, penyimpanan arsip, pemeliharaan arsip, penyusutan arsip serta pemusnahan arsip. (2) Hambatan yang dihadapi dalam pengelolaan kearsipan di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Karanganyar adalah terbatasnya sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan kearsipan dan minimnya kemampuan sumber daya manusia (SDM). (3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut yaitu optimalisasi sarana dan prasarana kearsipan yang sudah tersedia dan melakukan diskusi dengan teman sejawat.


Keywords: arsip dinamis; efektif; efisien; kualitatif


Abstract: This study aims to determine: (1) The implementation of archive management at the Regional Archives and Libraries Office of Karanganyar Regency. (2) Obstacles faced in archive management at Regional Archives and Libraries Office of Karanganyar Regency. (3) What efforts will be made to overcome obstacles encountered in records management in the Regional Archives and Libraries Office of Karanganyar Regency? This research is qualitative research with a case study approach. The data sources used in this study are informants, places and events, and documentation by using purposive sampling technique. Techniques for data collection of interviews are observation and analysis of documents. They are testing data validity in the form of source and method triangulation. Then, interactive analysis model data analysis techniques are used. The results of the research: (1) The implementation of archive management at the Regional Archives and Libraries Office of Karanganyar Regency includes receiving, recording, storing, maintaining, shrinking, and destructing archives. (2) The obstacles faced in archive management at the Regional Archives and Libraries Office of Karanganyar Regency are limited facilities and infrastructure to support archival activities and the lack of human resource capabilities. (3) Efforts to overcome these obstacles are optimizing existing archival facilities and infrastructure and conducting discussions with colleagues.


Keywords:  dynamic archives; effective; efficient; qualitative

Keywords

arsip dinamis; efektif; efisien; kualitatif; dynamic archives; effective; efficient; qualitative

Full Text:

PDF

References

Arninasari, A. N. (2021). Pelaksanaan kearsipan di bagian umum sekretariat daerah kota Surakarta. Retrieved from digilib.uns.ac.id:https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/87429/Pelaksanaan- Kearsipan-Di-Bagian-Umum-Sekretariat -Daerah-Kota-Surakarta.

Atmaja, B. S., & Oktarina, N. (2017). Pengaruh kompetensi, sarana dan prasarana, dan tata ruang kearsipan di dinas perpustakaan kearsipan kabupaten Batang. Economic education analysis journal (EEAJ), 6(3), 936-946.

Bayu, W. (2017). Optimalisasi. Universitas Maritim AMNI.

Basuki, S., Irianto, L. B., & Enceng. (2022). Pengantar ilmu kearsipan. Universitas terbuka.

Bohari, A., & Tamrin, M. (2019). Pengaruh kompensasi, sarana prasarana melalui motivasi kerja terhadap kinerja petugas kebersihan pada Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Bulukumba. Center of Economic Student Journal, 2(2), 154-164. https://doi.org/10.37531/yum.v2i3.450.

Hendrawan, M. R., & Ulum, M. C. (2017). Pengantar Kearsipan: Dari isu kebijakan ke manajemen. Brawijaya Press.

Lawongo, N., Senduk, J. J., & Lesnusa, R. (2021). Peranan pengelolaan arsip dalam meningkatkan proses temu-kembali pada dinas perpustakaan dan kearsipan kabupaten Kepulauan Talaud. Acta diurna komunikasi, 3(2), 1-12.

Mahama, A. (2017). Challenges of records management in higher education in Ghana: The case of University for Development Studies. International Journal of Educational Policy Research and Review, 4(3), 29-41. https://doi.org/10.15739/IJEPRR.17.005.

Mawarni, R., & Yusuf, M. (2020). Pengaruh tata ruang kantor terhadap efektifitas kerja pegawai pada dinas koperasi perindustrian dan perdagangan kota bima. FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 22(2), 232-237.https://doi.org/10.30872/jfor.v22i2.7481.

Musliichah. (2016). Bungai rampai kearsipan. Gadjah Mada University Press.

Nuaraida, I. (2021). Manajemen Administrasi Perkantoran. PT. Kanisius.

Oktarina, N. (2018). Pelaksanaan pengelolaan kearsipan untuk menunjang akuntabilitas sekolah. Economic Education Analysis Journal, 7(3), 1178-1192. https://doi.org/10.15294/eeaj.v7i3.28348.

Rahmawati, N., & Ismiyati, I. (2016). Pengelolaan Arsip Inaktif Dalam Upaya Mendukung Layanan Informasi Di Kantor Arsip Dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Purworejo. Economic Education Analysis Journal, 5(1).331-345.

Sedarmayanti. (2015). Tata kearsipan dengan memanfaatkan teknologi modern (edisi revisi). CV. Mandar Maju.

Sugiarto, A., & Wahyono, T. (2014). Manajemen kearsipan elektronik. Grava Media.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta.

Tews, M. J., Michel, J. W., & Ellingson, J. E. (2013). The impact of coworker support on employee turnover in the hospitality industry. Group & organization management, 38(5), 630-653. https://doi.org/10.1177/1059601113503039.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.