Peningkatan kemampuan berpikir kreatif melalui implementasi model pembelajaran two stay two stray siswa SMK Batik 2 Surakarta

Dita Saopsanggi Pratiwi, Wiedy Murtini, Susantiningrum Susantiningrum

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XII OTKP SMK Batik 2 Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XII OTKP 1 SMK Batik 2 Surakarta yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Hal ini dibuktikan pada penelitian siklus I dan siklus II. Pada siklus I, presentase ketuntasan tes sebesar 60,87% dan persentase hasil observasi sebesar 60,43%, termasuk ke dalam kategori cukup kreatif. Sedangkan pada siklus II, persentase ketuntasan tes dan hasil observasi meningkat menjadi 82,61% termasuk dalam kategori sangat kreatif.

Keywords: berpikir inventif; pembelajaran kooperatif; bertukar informasi

 

Abstract: This research was carried out to know whether the cooperative learning model of the two stay two stray types can improve the creative thinking skills of class XII OTKP SMK Batik 2 Surakarta. This study uses the classroom action research method. The subjects in this study were students of class XII OTKP 1 SMK Batik 2 Surakarta, which consisted of 23 students. Data collecting techniques used in this study were tests, observations, interviews, and documentation. The data analysis used is the analysis of the percentage. The results showed that the cooperative learning model of the two stay two stray types could improve the creative thinking skills of class XII OTKP SMK Batik 2 Surakarta. It was proved by research cycle I and cycle II. In cycle I, the percentage of test completeness was 60,87% and the percentage of observations was 60,43%, which was included in the quite creative category. Whereas in cycle II, the percentage of test completeness and observation results increased to 82,61%, including the very creative category.

Keywords: inventive thinking; cooperative learning; exchange information

Keywords

berpikir inventif; pembelajaran kooperatif; bertukar informasi; inventive thinking; cooperative learning; exchange information

Full Text:

PDF

References

Bali, M. M. E. I. (2020). Penerapan model pembelajaran two stay two stray dalam meningkatkan keaktifan belajar pebelajar. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 29–42. https://doi.org/10.52431/murobbi.v4i1.225.

Ghufron, N. & Rini, R. S. (2014). Teori-teori Psikologi. Ar-Ruzz Media

Harahap, M. D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Dan Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Pemecahan Masalah Pada Materi Persamaan Kuadrat Kelas X SMA IT Darul Hasan Kota Padangsidimpuan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Hayati, W. I., Utaya, S., & Astina, I. K. (2016). Efektivitas student worksheet berbasis project based learning dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(3), 468-474.

Jandu, Y. A., & Mago, O. Y. T. (2020). Studi perbandingan: pengaruh model pembelajaran two stay two stray (tsts) dan scramble terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Spizaetus:Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, 1(2).

Khaer, A. (2019). Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran matematika dengan strategi two stay two stray materi bangun datar. Dinamika: Jurnal Praktik Penelitian Tindakan, 9(1).

Prasetyo, T., Zulela, M. S., & Fahrurrozi, F. (2021). Analisis berpikir kreatif mahasiswa dalam pembelajaran daring bahasa indonesia. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3617-3628.

Priyanto, M.Pd., P. (2020). Penerapan model pembelajaran two stay two stray untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar bahasa indonesia materi unsur intrinsik, ekstrinsik dan kebahasaan novel siswa kelas xii mipa 2 sma negeri 1 pujer semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP), 5(3), 39-47.

Tanjung, H. S. (2020). Pengembangan model pembelajaran berbasis budaya aceh berorientasi kkni di sma se-aceh barat. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).

Utami, A. (2021). Menulis dan berpikir kreatif. Kepustakaan Populer Gramedia.

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., Nyoto, A., & Malang, U. N. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(26), 263-278.

Yustika, M., Sikumbang, D., & Rakhmawati, I. (2020). Penyajian poster 3d pada pembelajaran two stay two stray (tsts) terhadap kreativitas dan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VIII smp negeri 2 gadingrejo pada materi sistem pernapasan. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 8(2), 33-40.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.