Pengaruh persepsi promosi dan citra perusahaan terhadap loyalitas pelanggan aplikasi shopee

Dias Murtika Putri, Wiedy Murtini, Patni Ninghardjanti

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh (1) promosi terhadap loyalitas pelanggan aplikasi Shopee, (2) citra perusahaan terhadap loyalitas pelanggan aplikasi Shopee (3) promosi dan citra perusahaan secara bersama-sama terhadap loyalitas pelanggan aplikasi Shopee. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Jumlah populasi sebanyak 339 mahasiswa PAP dan 100 mahasiswa diambil sebagai sampel. Sampel pada penelitian ini diambil menggunakan metode purposive sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan kuesioner penelitian menggunakan skala likert 1-4 dan dianalisis dengan bantuan aplikasi SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel promosi terhadap loyalitas mahasiswa pada aplikasi Shopee, dibuktikan dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai thitung 4,318 > ttabel 1,984 (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel citra perusahaan terhadap loyalitas mahasiswa pada aplikasi Shopee, dibuktikan dengan nilai signifikan sebesar 0,037 < 0,05 dan nilai thitung 2,113 > ttabel 1,984 (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel promosi dan citra perusahaan secara bersama-sama terhadap loyalitas mahasiswa pada aplikasi Shopee, dibuktikan dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung 37,364 > Ftabel 3,09.

Keywords : citra perusahaan; beriklan; dedikasi pelanggan; kuantitatif

 

Abstract: This study aims to determine the effect of (1) promotion on customer loyalty in the Shopee application (2) corporate image on customer loyalty in the Shopee application (3) promotion and corporate image simultaneously on customer loyalty in the Shopee application. The total population is 339 students of PAP and 100 students are taken as samples. This research is quantitative research with a correlational method. The sample was taken using the purposive sampling method. The research data was collected using a research questionnaire with a Likert scale of 1-4 and analyzed using the SPSS version 26 application. The results showed that (1) there is a positive and significant effect of the promotion on customer loyalty of students in the Shopee application, as evidenced by a significant value of 0,000 < 0,05 and tcount value of 4,318 >tcount 1,984 (2) there is a positive and significant effect of corporate image on customer loyalty of students in Shopee application, as evidence by the significant value of 0,037 < 0,05 and tcount value of 2,113 >tcount 1,984 (3) there is a positive and significant effect of promotion and corporate image simultaneously on customer loyalty of students in Shopee application, as evidence by the significant value of 0,000 < 0,05 and Fvalue 37,364 > Ftable 3,09.

Keywords:  advertise; corporate image; customer dedication; quantitative

Keywords

citra perusahaan; beriklan; dedikasi pelanggan; kuantitatif; advertise; corporate image; customer dedication; quantitative

Full Text:

PDF

References

Adria, N. N., & Ernungtyas, N. F. (2020). Citra Perusahaan Traveloka Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 3(1), 75-84.

Behaki, A., Salim, A., & Renaldo, R. (2021). Pengaruh Promosi, Citra Perusahaan dan Tingkat Religiusitas Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah BPRS Tanggamus. Dinar Islamic Review, 5(1), 35-48.

Cardia, D. I. N. R., Santika, I. W., & Respati, N. N. R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan. E-Jurnal Manajemen, 8(11), 6762-6781.

Desiana, S. N. N. S. (2019). Persepsi Konsumen Terhadap Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan di Rumah Makan Yogya Chicken Pelemkecut Yogyakarta. (Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta).

Dewi, S. A., & Rulirianto. (2018). Pengaruh Citra Perusahaan, Kepercayaan Pelanggan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan PT Buana Langgeng Jaya Tulungagung. JAB Jurnal Aplikasi Bisnis, 244-249.

Farisi, S., & Siregar, R. Q. (2020). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online di Kota Medan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 148-159.

Prayoga, D. W. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Layanan BPJS Ketenagakerjaan Purwakarta. Jurnal Ekonomi Manajemen, 5(2), 69-77.

Pujianingsih, M. (2018). Analisis Positioning Swalayan Berdasarkan Persepsi Konsumen (Studi Kasus di Planet Swalayan Marpoyan Pekanbaru. (Skripsi, Universitas Islam Riau).

Rumakamar, A., Udiata, N. N., Manuputty., Drachman, D. S., Natalia, J., Room, B. G. V. et al. (2021). Studi Literasi Media dan Digital. Community Development Journal, 2(3), 1202-1207.

Safira, B. G., & Lestariningsih, M. (2021). Pengaruh promosi dan citra merek terhadap loyalitas pelanggan yang dimediasi kepuasan pelanggan pada produk Wardah. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 10(5).

Yanto, E., & Herman, H. (2020). Pengaruh Promosi dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT Tiga Benua. Jurnal EMBA, 8(3), 103-112.

Yudha, I. G. B. K. W., & Yulianthini, N. N. (2021). Pengaruh citra perusahaan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada toko bunga pertiwi cabang Sulanyah. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(2), 293-299

Refbacks

  • There are currently no refbacks.