Peningkatan hasil belajar melalui penerapan model belajar direct instruction dengan tutor teman sebaya

Awalina Nur Aini, Cicilia Cicilia Dyah Sulistyaningrum Indrawati, Susantiningrum Susantiningrum

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X MPLB 3 SMK Negeri 3 Surakarta melalui penerapan model pembelajaran direct instruction dengan tutor teman sebaya pada elemen teknologi perkantoran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan dua kali siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan evaluasi serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru elemen teknologi perkantoran dan peserta didik kelas X MPLB 3 SMK Negeri 3 Surakarta dengan jumlah 34 peserta didik. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Data primer bersumber dari guru dan peserta didik. Data sekunder bersumber dari dokumen yang digunakan dalam penelitian. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan latihan unjuk kerja. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kritis dan teknik statistik deskriptif komparatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan di setiap siklusnya. Sebelum diterapkan tindakan hasil belajar peserta didik yang tuntas sebanyak 6 peserta didik dengan presentase 17,65%. Hasil belajar peserta didik pada siklus 1 meningkat menjadi 24 peserta didik yang tuntas dengan persentase 70,59%. Hasil belajar peserta didik pada siklus 2 meningkat lagi di mana 100% peserta didik dapat mencapai ketuntasan.  


Kata kunci : perintah langsung; hasil belajar; model pembelajaran; tutor teman sebaya


Abstract: This research aims to improve students' learning outcomes in class X MPLB 3 SMK Negeri 3 Surakarta by applying direct instruction with peer tutors' learning model on office technology elements. This research is classroom action research (CAR) with two cycles. Each cycle consisted of planning, action, observation, evaluation, and reflection. The research subjects were teachers of office technology elements and students of class X MPLB 3 SMK Negeri 3 Surakarta, totaling 34 students. The data sources used in this research are primary and secondary. Primary data comes from informants, teachers, and students, and then from events, namely teaching and learning activities. Secondary data comes from documents used in research. Data collection techniques are observation, interviews, documentation, and performance training. Data analysis techniques using critical techniques and comparative descriptive statistics techniques. This research indicates that student learning outcomes have increased with each cycle. Before the implementation of the action, the learning outcomes of students who completed it were 6 students, with a percentage of 17,65%. The learning outcomes of students in cycle 1 increased to 24 students who passed with a percentage of 70.59%. Student learning outcomes in cycle 2 increased again, with 100% of students achieving completeness.


Keywords: command instruction; learning models; learning outcomes; peer tutor

Keywords

perintah langsung; hasil belajar; model pembelajaran; tutor teman sebaya; command instruction; learning models; learning outcomes; peer tutor

Full Text:

PDF

References

Alia, N., & Supriono. (2013). Penerapan model direct instruction dengan menggunakan keterampilan proses sains untuk meningkatkan hasil belajar kelas X SMA Negri 1 Bangkanal pada materi pokok azas black. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 2(03), 50–54.

Arikunto, S., Suhardjono., & Supardi. (2019). Penelitian tindakan kelas (3). Bumi Aksara.

Bakare, J., & Orji, C. T. (2019). Effects of reciprocal peer tutoring and direct learning environment on sophomores’ academic achievement in electronic and computer fundamentals. Education and Information Technologies, 24(2), 1035–1055. https://doi.org/10.1007/s10639-018-9808-1

Candrawati. (2020). Penerapan model direct instruction untuk meningkatkan hasil belajar biologi. Journal Education FKIP UNMA, 6(1), 140–146. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.287

Charli, L., Ariani, T., & Asmara, L. (2019). Hubungan minat belajar terhadap prestasi belajar fisika. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 2(2), 52–60. https://doi.org/10.31539/spej.v2i2.727

Dewi, P. (2020). penerapan peer tutoring dilengkapi hangout untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(3), 168–173. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/pelita/article/view/17301/13178

Dharmayani, N. K., Natajaya, I. N., & Hendra Divayana, D. G. (2019). Pengaruh model pembelajaran direct instruction berbantuan video dan kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar rias kreatif siswa kelas XI Tata Kecantikan Kulit SMK Negeri 2 Singaraja. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(1), 45–55. https://doi.org/10.23887/japi.v10i1.2789

Jagantara, I. W., Adnyana, P. B., & Widiyanti, N. P. (2014). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) terhadap hasil belajar biologi ditinjau dari gaya belajar siswa SMA. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 4(1), 1–13.

Kang, K. I., Lee, N., & Joung, J. (2021). Nursing students’ experience of online peer tutoring based on the growth model: A qualitative study. Nurse Education Today, 107(May), 105131. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2021.105131

Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis model-model pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 1–27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441

Lovisia, E. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Science and Phsics Education Journal, 2(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/spej.v2i1.333

Pritandhari, M. (2017). Implementasi model pembelajaran direct instruction untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. Jurnal Promosi, 5(1), 47–56.

Puryadi, P. (2016). Pengaruh model pembelajaran direct instruction berbantuan bahan ajar berbasis kontekstual terhadap hasil belajar IPA terapan siswa kelas X SMKN 4 Mataram tahun ajaran 2015/2016. (Doctoral dissertation) Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, I(1).

Ramadhan, R., Solehudin, A., & Sabri, S. (2019). Pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknologi mekanik di SMK. Journal of Mechanical Engineering Education, 5(2), 242. https://doi.org/10.17509/jmee.v5i2.15194

Rehalat, A. (2014). Model pembelajaran pemrosesan informasi. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(2), 1. https://doi.org/10.17509/jpis.v23i2.1625.

Rosanti, D. (2018). Penerapan metode pembelajaran tutor sebaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di SMA Negeri 9 Pontianak. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 9(2), 1–11. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v9i2.26773

Sani, Laili Niswatun; Rahayu, S. H. (2018). Pengaruh model pembelajaran direct instruction dengan media macromedia flash terhadap hasil belajar fisika kelas XI SMAN 1 Kopang. Pijar MIPA, 13(1907–1744), 13–18. https://doi.org/10.29303/jpm.v13i1.447

Sidik NH., M. I., & Winata, H. (2016). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran direct instruction. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 49. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3262

Stockard, J., Wood, T. W., Coughlin, C., & Rasplica Khoury, C. (2018). The Effectiveness of Direct Instruction Curricula: A Meta-Analysis of a Half Century of Research. Review of Educational Research, 88(4), 479–507. https://doi.org/10.3102/0034654317751919

Sulfemi, W. B., & Supriyadi, D. (2018). Pengaruh kemampuan pedagogik guru dengan hasil belajar ips. Jurnal Ilmiah Edutechno, 18(106), 1–19.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.