Pengaruh pengalaman magang administrasi dan motivasi kerja terhadap kesiapan kerja mahasiswa

Gita Wulan Mayhesya, Tutik Susilowati, Anton Subarno

Abstract

Abstrak: Penelitian bertujuan untuk mengetahui  (1) pengaruh pengalaman magang administrasi terhadap kesiapan kerja mahasiswa; (2) pengaruh motivasi kerja terhadap kesiapan kerja mahasiswa; (3) pengaruh pengalaman magang administrasi dan motivasi kerja terhadap kesiapan kerja mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan Tahun 2019. Pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif pendekatan asosiatif jenis sebab akibat. Populasi berjumlah 80 mahasiswa. Sampel penelitian menggunakan teknik sampling jenuh dan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan bantuan program IBM SPSS Statistics 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel magang administrasi terhadap kesiapan kerja mahasiswa yaitu ttabel 8,905 (α=0,05); (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel motivasi kerja terhadap kesiapan kerja mahasiswa yaitu ttabel 4,054 (α=0,05); (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel magang administrasi dan motivasi kerja terhadap kesiapan kerja mahasiswa yaitu Ftabel 139,303 (α=0,05). Persamaan regresi penelitian adalah Ŷ = 6,140 + 0,871X1 + 0,537X2 dengan nilai R2 0,783 berarti kontribusi magang administrasi dan motivasi kerja secara bersama-sama sebesar 78,3%. 


Kata kunci: kesiapan profesional; motivasi kerja; praktikum administrasi


Abstract: This study aims to determine (1) the effect of administrative internship experience on work readiness; (2) the effect of work motivation on work readiness; (3) the effect of administrative internship and work motivation on the work readiness of Office Administration Education  students 2019. The quantitative research method uses a descriptive associative approach to cause and effect types. The population is 80 students. The research sample used a saturated sampling technique. Data collection techniques used questionnaires and analysis techniques used multiple linear regression analysis supported by IBM SPSS Statistics 25 program. The results show that: (1) there is a positive and significant effect of administrative internship variables on student work readiness tvalue 8,905 (α=0.05); (2) there is a positive and significant effect of work motivation on student work readiness tvalue 4,054 (α=0.05); (3) there is a positive and significant effect of administrative internship and work motivation on student work readiness Fvalue 139,303 (α=0.05);. The research regression equation is Ŷ = 6,140 + 0,871X1 + 0,537X2 with an R2 value of 0,783 meaning that the contribution of administrative internship and work motivation together is 78,3%. 


Keywords : administrative internship; work motivation; work readiness

Keywords

kesiapan profesional; motivasi kerja; praktikum administrasi; administrative internship; work motivation; work readiness

Full Text:

PDF

References

Alhadi, E., Mariskha Z., & Bustan, J. (2022). Pengaruh pengalaman kerja praktek terhadap kesiapan kerja mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Sriwijaya. JIIPTS, 1(1), 1–8.

Amsar, D., & Mudjiran. (2018). Implikasi teori belajar E.Thorndike (behavioristik) dalam pembelajaran matematika. Jurnal Basicedu, 2(2), 52-60.

Anthony., Sediyono, E., & Iriani, A. (2020). Analisis kesiapan kerja mahasiswa di era revolusi industri 4.0 menggunakan soft-system methodology. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (JTIIK), 7(5). https://doi.org/10.25126/jtiik.202072380

Aswita, D. (2021). Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM): Inventarisasi mitra dalam pelaksanaan magang mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. In Prosiding Seminar Nasional Biotik, 9(2), 56-61.

Azizah, N., Santoso, S., & Sumaryati, S. (2019). Pengaruh persepsi magang dunia usaha/dunia industri dan pengalaman organisasi terhadap kesiapan kerja mahasiswa. Tata Arta" UNS, 5(1), 95–106.

Baiti, R. D., Abdullah, S. M., & Rochwidowati, N. S. (2017). Career self-efficacy dan kesiapan kerja pada mahasiswa semester akhir. Jurnal Psikologi Integratif Prodi Psikologi UIN Sunan Kalijaga, 5(2), 128-141.

Deschaine, M. E., & Jankens, B. P. (2017). Creating successful and sustainable educational administrative internship experiences. Higher Education, Skills and Work-Based Learning, 7(1), 5–20. https://doi.org/10.1108/HESWBL-02-2016-0008

Deswarta., Mardianty, D., & Bowo. (2023). The influence of soft skills, hard skills, and work motivation on students’ work readiness Faculty of Economics and Business Universitas Islam Riau in the endemic time of covid 2019 (Pengaruh soft skill, hard skill, dan motivasi kerja terhadap kesiapan kerja mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Isalam Riau dimasa endemic covid 19. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(1), 364-372.

Gagné, M., Forest, J., Vansteenkiste, M., Braud, C. L., Broeck, V., Aspeli, A. K., Bellerose, J., Benabou, C., Chemolli, E., Güntert, S. T., Halvari, H., Indiyastuti, D. L., Johnson, P., Molstad, M. H., Naudin, M., Ndao, A., Olafsen, A. H., Roussel, P., Wang, Z., & Westbye, C. (2014). The multi dimensional work motivation scale: validation evidence in seven languages and nine countries. European Journal of Work and Organizational Psychology, 1(1), 1-19. https://doi.org/10.1080/1359432X.2013.877892

Gunawan, I., Benty, D. N., Kusumaningrum, D. E., Sumarsono, R. B., Sari, D. K., Pratiwi, F. D., Ningsih, S. O., Putri, A. F., & Hui, L. K. (2020). Pengaruh gaya kepemimpinan, kemampuan manajerial, efikasi diri, dan prestasi belajar terhadap kesiapan kerja mahasiswa. JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan), 4(2), 126-150.

Hamzah. (2016). Teori motivasi dan pengukurannya. Bumi Aksara.

Hasibuan, M. (2014). Manajemen sumber daya manusia. Bumi Aksara.

Junaidi, N., Armida., & Susanti, D. (2018). Pengaruh motivasi memasuki dunia kerja dan presentasi belajar terhadap kesiapan kerja mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universiatas Negeri Padang. EcoGen, 1(2), 408-415.

Kapareliotis, I., Voutsina, K., & Patsiotis, A. (2019). Internship and employability prospects: assessing student’s work readiness. Higher Education, Skills and Work-Based Learning, 9(4), pp 538-549. https://doi.org/10.1108/HESWBL-08-2018-0086

Kirani, F. F., & Chusairi, A. (2022). Tinjauan sistematis: Faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan kerja. Jurnal Abdi Insani, 9(3), 821-828. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v9i3.646

Khwarizmi, M. R. (2022). The effect of internship experience on student work readiness at um. Journal of Career and Entrepreneurship, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.22219/jce.v1i1.20970

Mutoharoh, A. K., & Rahmaningtyas, W. (2019). Pengaruh praktik kerja industri, lingkungan keluarga, bimbingan karier dan motivasi kerja terhadap kesiapan kerja. Jurnal Sains: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, XII(1), 38–59.

PAP FKIP UNS. (2021). Pedoman program magang administrasi perkantoran.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3. (2020). Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Undang-Undang Nomor 12. (2012). Tentang Pendidikan Tinggi.

Sari, T. R., & Nurhidayati, M. (2022). Pengaruh lingkungan keluarga dan pengalaman magang terhadap kesiapan kerja (Studi Kasus Mahasiswa FEBI IAIN Ponorogo Angkatan 2018). Jurnal Tanwil: Jurnal Ekonomi Islam, VIII (1),8–18. http://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/tamwil/index

Sugiyono. (2021). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Alfabeta.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian kuantitatif dan r& d. Alfabeta.

Stevani, O., & Yulhendri, D. (2014). Pengaruh praktek kerja industri (prakerin), keterampilan siswa dan self-fficacy terhadap kesiapan memasuki dunia kerja siswa Administrasi Perkantoran SMK Negeri Bisnis dan Manajemen Kota Padang. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi, 1(1), 53–61.

Wibowo, A., & Nugroho, B. S. (2021). Pengaruh motivasi kerja dan praktik kerja lapangan terhadap kesiapan kerja mahasiswa STMK Sinar Nusantara Surakarta. Jurnal Ilmiah Edunomika, 5(2), 881-889.

Wijaya, E.Y., & Aini, N. (2021). Persepsi kesiapan kerja mahasiswa setelah melaksanakan kerja praktik industri (KPI) pada Prodi Pendidikan Informatika. Jurnal Ilmu Edutic, 7(2), 150-162.

Wiradarma, A.A.N.B., & Widhiyani, N.L.S. (2021). Kompetensi dan motivasi kerja terhadap kesiapan mahasiswa Jurusan Akuntansi dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. E-Jurnal Akuntansi, 31(2), 337-348. https://doi.org/10.24843/EJA.2021.v31.i02.p06

Yustati, H., & Auditya, L. (2019). Pengaruh praktek pengalaman luar, dan motivasi masuk dunia kerja terhadap kesiapan kerja mahasiswa Perbankan Syariah di Lembaga Keuangan Syariah. Journal of Applied Business and Economics (JABE), 6(1), 45-53.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.