Pengaruh motivasi belajar dan kedisiplinan siswa terhadap kemandirian belajar siswa SMK Kristen 1 Surakarta
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh motivasi belajar terhadap kemandirian belajar siswa SMK Kristen 1 Surakarta, (2) pengaruh kedisiplinan siswa terhadap kemandirian belajar siswa SMK Kristen 1 Surakarta, serta (3) pengaruh motivasi dan kedisiplinan siswa terhadap kemandirian belajar siswa SMK Kristen 1 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi penelitian adalah siswa SMK Kristen 1 Surakarta yang berjumlah 302 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling. Sampel pada penelitian sejumlah 172 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap kemandirian belajar siswa SMK Kristen 1 Surakarta, dibuktikan dari hasil t hitung 7.71 > t tabel 1.97 dan nilai signifikansi 0.00 < 0.05, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan kedisiplinan siswa terhadap kemandirian belajar siswa SMK Kristen 1 Surakarta, dibuktikan dari hasil t hitung 6.85 > t tabel 1.97 dan nilai signifikansi 0.00 < 0.05, dan (3) terdapat pengaruh secara bersama-sama motivasi belajar dan kedisiplinan siswa terhadap kemandirian belajar siswa SMK Kristen 1 Surakarta, dibuktikan dari hasil F hitung 155.95> F tabel 3.05 dan nilai signifikansi 0.00 < 0.05. Berdasarkan hasil tersebut, maka motivasi belajar dan kedisiplinan siswa perlu ditingkatkan untuk meningkatkan kemandirian belajar.
Kata kunci: kedisiplinan murid; kemandirian berlatih; motivasi belajar
Abstract: This research aims to determine (1) the effect of learning motivation on student learning independence at SMK Kristen 1 Surakarta, (2) the effect of student discipline on student learning independence at SMK Kristen 1 Surakarta, and (3) the effect of student motivation and discipline on student learning independence at SMK Kristen 1 Surakarta. This research is quantitative research with a correlational method. The research population was SMK Kristen 1 Surakarta students, totaling 302 students. The sampling technique used proportionate stratified random sampling. The sample in this study amounted to 172 students. Data collection techniques using a questionnaire. The results showed that: (1) there is a positive and significant effect of learning motivation on the learning independence of students at SMK Kristen 1 Surakarta, as evidenced by the results of t value 7.71 > t table 1.97 and a significance value of 0.00 < 0.05, (2) there is a positive and significant effect student discipline on student learning independence at SMK Kristen 1 Surakarta, as evidenced by the results of t value 6.85 > t table 1.97 and a significance value of 0.00 <0.05, and (3) there is a joint influence of learning motivation and student discipline on the independent learning of students at SMK Kristen 1 Surakarta, as evidenced by the results of F value 155.95 > F table 3.05 and a significance value of 0.00 <0.05. Based on these results, learning motivation and student discipline need to be improved to increase independent learning.
Keywords: independent learning; learning motivation; student discipline
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aisah, S. (2018). Analisis kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran kimia di kelas X Sma Negeri 3 Sintang. Ar-Razi Jurnal Ilmiah, 6(2), 76–86.
Djaali, H. (2017). Psikologi pendidikan. Bumi Aksara.
Isnawati, N., & Saiman. (2015). Kemandirian belajar ditinjau dari kreativitas belajar dan motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 25(1), 128–144.
Kemalasari, L. (2019). Pengaruh motivasi belajar dan kedisiplinan terhadap kemandirian belajar siswa sekolah menengah atas. Satya Widya, 34(2), 160–166.
Eriyanto, M.G., Roesminingsih, M.V., Soedjarwo., & Soeherman, I.K. (2021). The effect of learning motivation on learning independence and learning outcomes of students in the package C equivalence program. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 2(4), 455–467.
Musbikin, I. (2021). Pendidikan karakter disiplin. Nusa Media.
Sari, R.P., Renata, D., & Utami, S. (2022). Pengaruh motivasi belajar terhadap kemandirian belajar siswa SMK Negeri 2 Kendari. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 10–17.
Purwaningsih, A. Y., & Herwin, H. (2020). Pengaruh regulasi diri dan kedisiplinan terhadap kemandirian belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 13(1), 22–30.
Red’ko, L., Yuzhakova, M., & Yanushevskaya, M. (2015). Creative independent learning for developing students’ professional competencies. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 214(6), 319–324.
Sari, A.K., & Rozi, M.F. (2017). Pengaruh motivasi, sarana prasarana, efikasi diri, dan penyesuaian diri terhadap kemandirian belajar. Economic Education Analysis Journal, 6(3), 923–935.
Sobri, M., & Moerdiyanto. (2014). Pengaruh kedisiplinan dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar ekonomi madrasah aliyah di Kecamatan Praya. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 1(1), 43–56.
Sugianto, I., Suryandari, S., & Age, L. D. (2020). Efektivitas model pembelajaran inkuiri terhadap kemandirian belajar siswa di rumah. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 159–170.
Yamin, M. (2013). Paradigma Baru Pembelajaran. Gaung Persada Press.
Refbacks
- There are currently no refbacks.