Pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa

Maria Winda Puspa Dewi, Anton Subarno, Subroto Rapih

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa, (2) pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa, dan (3) pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Proportionate Random Sampling. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 52 siswa kelas XI SMK Kristen 1 Surakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner atau angket penelitian. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa (t= 3,80, sign 0,00), (2) terdapat pengaruh negatif dan signifikan lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa (t= -3,00, sign 0,04), dan (3) terdapat pengaruh secara simultan (bersama-sama) lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa (f = 15,83, sign 0,00).

Keywords : dorongan belajar; iklim sekolah; kekompakkan keluarga

 

Abstract:  This study aims to find out: (1) the influence of the family environment on student learning motivation, (2) the influence of the school environment on student learning motivation, and (3) the influence of the family environment and school environment on student learning motivation. This research is quantitative research with a correlational method. The sampling technique is carried out by Proportionate Random Sampling. The sample in this study amounted to 52 class XI students of SMK Kristen 1 Surakarta. Data collection is carried out by distributing questionnaires or research questionnaires. The data analysis technique uses multiple linear regression analysis techniques. The results showed that: (1) there was a positive and significant influence of the family environment on student learning motivation (t= 3.80, sign 0.00), (2) there was a negative and significant influence of the school environment on student learning motivation (t= -3.00, sign 0.04), and (3) there was a simultaneous influence (together) of the family environment and school environment on student learning motivation (f = 15.83, sign 0.00).

Keywords: family cohesiveness; school climate; encouragement to learn

Keywords

dorongan belajar; iklim sekolah; kekompakkan keluarga; family cohesiveness; school climate; encouragement to learn

Full Text:

PDF

References

Ali, Z. Z., & Murdiana, E. (2020). Peran Dan Fungsi Keluarga Dalam Pendampingan Pendidikan Anak Ditengah Pandemi Covid-19. JSGA: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 2(01), 120–137.

Anwar, D. M., & Sartika M. (2022). Pengaruh lingkungan keluarga dan sekolah terhadap motivasi belajar siswa di SMP. Jurnal Sosiohumaniora Kodepena, 3(2), 250-264. https://doi.org/10.54423/jsk.v3i2.104

Chulsum, U. (2017). pengaruh lingkungan keluarga, kedisiplinan siswa, dan motivasi belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa di Sma Negeri 7 Surabaya. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 5(1), 5. https://doi.org/10.26740/jepk.v5n1.p5-20

Darmawan, S. (2018). Pengaruh lingkungan sekolah , peran guru dan minat belajar siswa terhadap motivasi belajar Penjas SD Inpres Buttatianang I Makassar. Jurnal Muara Pendidikan. ejournal.Stkip-Mmb.Ac.Id/Index.Php/Mp, 3(2).

Dewi, F. C. & Yuniarsih, T. (2020). Pengaruh lingkungan sekolah dan peran guru terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5(1), 1-13. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18008

Hero, H., & Sni, M. E. (2018). Peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V di Sekolah Dasar Inpres Iligetang. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(2), 129–139. https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i2.1568

Joyce. & Fernández. (2013). Vocation, motivation and approaches to learning: a comparative study. Emerald Insight, 57, 13–30.

Khafid, M., & Suroso. (2007). Pengaruh disiplin belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar ekonomi Fakultas Ekonomi Unnes. Jurnal Pendidikan Ekonomi Juli, 2(2), 185–204.

Kompri. (2015). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Rosda.

Muhaemin. (2013). Urgensi Motivasi Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Siswa. Adabiyah, XIII, 47–54. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/adabiyah/article/view/321

Pakiding, S. (2016). Pengaruh pola asuh orang tua dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar matematika melalui motivasi belajar siswa SMK Kecamatan Samarinda Utara. Jurnal Pendas Mahakam, 1(2), 237–249.

Sa’adah, N., Syahrial, S., & Sumianto, S. (2021). Analisis Faktor Lingkungan Sekolah yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 299–309. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.2067

Saputri, R. U., Aminuyati., & Achmadi. (2015). Pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa pada pelajaran ekonomi Di SMKN 3 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(8), 1–12. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11132

Sholehuddin, S., & Wardani, R. K. (2021). Pengaruh lingkungan sekolah dan manajemen kelas terhadap motivasi belajar siswa. Holistika : Jurnal Ilmiah PGSD, 5(1), 11–16. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/9353

Slameto. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Sulaiman. (2020). Pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar kelas X di SMA Negeri 23 Bone. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16796





Refbacks

  • There are currently no refbacks.