Pengaruh konsep diri lingkungan teman sebaya dan kompetensi pedagogik guru terhadap kemampuan berpikir kritis siswa

Endah Mayangsari, Hery Sawiji, Susantiningrum Susantiningrum

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) pengaruh konsep diri terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, (2) pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, (3) pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, (4) pengaruh konsep diri, lingkungan teman sebaya, dan kompetensi pedagogik guru secara bersama-sama terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 216 siswa program keahlian Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling dengan sampel sebanyak 138 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan:  (1) ada pengaruh positif signifikan konsep diri terhadap kemampuan berpikir kritis siswa (thitung 6,009>ttabel 1,656), (2) ada pengaruh positif signifikan lingkungan teman sebaya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa (thitung 2,907>ttabel 1,656), (3) tidak ada pengaruh positif kompetensi pedagogik guru terhadap kemampuan berpikir kritis siswa (thitung -,249<ttabel 1,656), (4) ada pengaruh positif signifikan konsep diri, lingkungan teman sebaya, dan kompetensi pedagogik guru secara bersama-sama terhadap kemampuan berpikir kritis siswa (Fhitung 20,526>Ftabel 2,67).


Keywords : kesanggupan berpikir kritis; kemampuan pedagogik guru; rancangan diri; lingkungan kawan sebaya 


Abstract: The purpose of the research was to find out (1) the effect of self-concept on students' critical thinking skills, (2) the influence of the peer environment on students' critical thinking skills, (3) the influence of the teacher's pedagogical competence on students' critical thinking skills, 4) the influence of self-concept, peer environment, and teacher pedagogical competence together on students' critical thinking skills. This research is quantitative research with the correlational method. The population in this study amounted to 216 students of the Office Management and Business Services expertise program. The sampling technique used proportionate stratified random sampling with 138 students. The results of this study indicate: (1) there is a significant positive effect of self-concept on students' critical thinking skills (tvalue 6.009> ttable 1.656), (2) there is a significant positive effect of peer environment on students' critical thinking abilities (tvalue 2.907> ttable 1.656), (3) there is no positive effect of the teacher's pedagogical competence on students' critical thinking skills (tvalue -.249<ttable 1.656), (4) there is a significant positive influence of self-concept, peer environment, and teacher pedagogic competence together on students' critical thinking skills (Fvalue 20.526>Ftable 2.67).


Keywords: critical thinking skills; peer environment; self concept; teacher pedagogic competence

Keywords

kesanggupan berpikir kritis; kemampuan pedagogik guru; rancangan diri; lingkungan kawan sebaya; critical thinking skills; peer environment; self concept; teacher pedagogic competence

Full Text:

PDF

References

Anderson, T., & Soden , R. (2001). Peer Interaction and the Learning of Critical Thinking Skills. sychology Learning & Teaching, 1(1), 37-40.

Ardiansyah , M. I., Nursalim, M., & Sartinah, E. P. (2022). Model Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa SMK. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling, 7(2), 8-14.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik Rineka Cipta.

Barus, E. M., Restuati, M., & Gultom, T. (2019). Hubungan Konsep Diri Dengan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIA Pada Mata Pelajaran Biologi Program Lintas Minat. Jurnal Ilmiah Farmasi Imelda, 2(2), 75-78.

Fatimah, S. (2013). Dinamika Konsep Diri pada Orang Dewasa Korban Child Abused. Empathy Jurnal Fakultas Psikologi, 1(1), 132-143.

Hadi, M. S., Zarnuji, A., Ikhwanuddin, M., & Asy'ari, H. (2022). Efektivitas Instrumen Penilaian Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Peserta Didik Di Smk Muhammadiyah Mlati. Berkala Ilmiah Pendidikan, 2(2), 57-64.

Halpern, D. F. (2014). Thought and knowledge an introduction to critical thinking fifth edition. Psychology Press.

Jannah, I. N., & Sylvia, I. (2020). Hubungan Kelompok Teman Sebaya terhadap Gaya Hidup Hedonisme pada Mahasiswa. Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan, 3(1), 187-200.

Mahapoonyanont, N. (2012). The Causal Models of Some Factors Affecting Critical Thinking Skills. Procedia Social and Behavioral Science, 46, 146-150.

Maheni, N. P. (2019). Pengaruh Gaya Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa di Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(1), 85-95.

Nurmayuli. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kompetensi Pedagogik Guru. Jurnal Penelitian Sosial Agama, 5(1), 77-103.

Pramana, A. (2018). Analisis Konsep Diri Akademis Siswa Dalam Keterampilan Belajar Ayat Jurnal Penyesuaian SMK Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(9), 1-8.

Ratnaningtyas, Y. (2016). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(5), 86-94.

Rubenfald, M. G., Scheffer, & Barbara, K. (2006). Critical Thinking Tactics for Nurses: tracking,assessing, and cultivating thinking to improve competency-based strategies . Jones and Bartlett Publisher.

Suci, D., Firman, F., & Neviyarni, N. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa melalui Pendekatan Realistik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2042-2029.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Syarifuddin. (2020). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Kelas di SD IT Ihsanul Amal. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(2), 169-178.

Utami, D. T. (2018). Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia 56 Tahun. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 39-50.

Wienda, T. (2020). Konsep Diri, Regulasi Emosi, dan Asertivitas pada Mahasiswa. Philanthropy Journal of Psychology, 4(1), 25-53

Yanti, R., Rakhmawati, D., & Ismah. (2022). Hubungan Antara Konsep Diri dan Perilaku Menyontek Pada Siswa Kelas VII SMP Ma'ruf NU 2 Bumijawa. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(2), 335-344.

Anderson, T., & Soden , R. (2001). Peer Interaction and the Learning of Critical Thinking Skills.

sychology Learning & Teaching, 1(1), 37-40.
Ardiansyah , M. I., Nursalim, M., & Sartinah, E. P. (2022). Model Perilaku Prokrastinasi
Akademik Siswa SMK. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling, 7(2), 8-14.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Prosedur Penelitian: Suatu
Pendekatan Praktik Rineka Cipta.
Barus, E. M., Restuati, M., & Gultom, T. (2019). Hubungan Konsep Diri Dengan Kemampuan
Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIA Pada Mata Pelajaran Biologi Program Lintas Minat.
Jurnal Ilmiah Farmasi Imelda, 2(2), 75-78.
Fatimah, S. (2013). Dinamika Konsep Diri pada Orang Dewasa Korban Child Abused. Empathy
Jurnal Fakultas Psikologi, 1(1), 132-143.
Hadi, M. S., Zarnuji, A., Ikhwanuddin, M., & Asy'ari, H. (2022). Efektivitas Instrumen Penilaian
Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif
Peserta Didik Di Smk Muhammadiyah Mlati. Berkala Ilmiah Pendidikan, 2(2), 57-64.
Halpern, D. F. (2014). Thought and knowledge an introduction to critical thinking fifth edition.
Psychology Press.
Jannah, I. N., & Sylvia, I. (2020). Hubungan Kelompok Teman Sebaya terhadap Gaya Hidup
Hedonisme pada Mahasiswa. Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan, 3(1), 187-200.
Mahapoonyanont, N. (2012). The Causal Models of Some Factors Affecting Critical Thinking
Skills. Procedia Social and Behavioral Science, 46, 146-150.
Maheni, N. P. (2019). Pengaruh Gaya Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Hasil
Belajar Mahasiswa di Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha.
Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(1), 85-95.
Nurmayuli. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kompetensi Pedagogik Guru. Jurnal
Penelitian Sosial Agama, 5(1), 77-103.
Pramana, A. (2018). Analisis Konsep Diri Akademis Siswa Dalam Keterampilan Belajar Ayat
Jurnal Penyesuaian SMK Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa,
7(9), 1-8.
Ratnaningtyas, Y. (2016). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas VIII dalam
Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Ditinjau dari Kemampuan Matematika.
Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(5), 86-94.
Rubenfald, M. G., Scheffer, & Barbara, K. (2006). Critical Thinking Tactics for Nurses: tracking,assessing, and cultivating thinking to improve competency-based strategies . Jones
and Bartlett Publisher.
Suci, D., Firman, F., & Neviyarni, N. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa
melalui Pendekatan Realistik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2042-2029.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Syarifuddin. (2020). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Kelas di SD IT Ihsanul Amal.
Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(2), 169-178.
Utami, D. T. (2018). Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia 5
6 Tahun. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 39-50.
Wienda, T. (2020). Konsep Diri, Regulasi Emosi, dan Asertivitas pada Mahasiswa. Philanthropy
Journal of Psychology, 4(1), 25-53
Yanti, R., Rakhmawati, D., & Ismah. (2022). Hubungan Antara Konsep Diri dan Perilaku
Menyontek Pada Siswa Kelas VII SMP Ma'ruf NU 2 Bumijawa. Jurnal Bimbingan
Konseling, 6(2), 335-344.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.