Peran kepala sekolah dalam mengelola sumber daya guru (studi kasus di SMK Kristen 1 Surakarta)

Fiorentina Nindy Dheria, Cicilia Dyah Sulistyaningrum Indrawati, Tutik Susilowati

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui: 1) peran kepala SMK Kristen 1 Surakarta dalam mengelola sumber daya guru, 2) faktor pendukung kepala sekolah dalam mengelola sumber daya guru, 3) faktor penghambat kepala sekolah dalam mengelola sumber daya guru, 4) upaya kepala sekolah dalam mengatasi faktor penghambat. Pendekatan penelitian ini adalah  kualitatif dengan jenis studi kasus. Data penelitian ini bersumber dari data primer dan sekunder. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive dan snowball sampling.  Menggunakan teknik pengumpulan data wawancatra, observasi, dan analisis dokumen.. uji validitas data menggunakan metode triangulasi sumber dan metode. Penelitian ini menggunakan analisis data model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) peran kepala sekolah meliputi: a) educator, b) manajer, c) administrator, d) supervisor, e) leader, f) inovator, dan g) motivator; 2) faktor pendukung kepala sekolah meliputi: a) adanya dukungan dari berbagai pihak yaitu keluarga, yayasan dan gereja, b) etos kerja kepala sekolah yang tinggi, dan c) spiritual kepala sekolah yang baik; 3) faktor penghambat kepala sekolah meliputi: a) kurangnya pemahaman guru akan perannya, b) sarana prasarana yang kurang memadai, c) anggaran yang terbatas, dan d) komunikasi kepala sekolah dengan guru yang belum berjalan dengan baik.; 4) upaya kepala sekolah dalam mengatasi hambatan yang ada meliputi: a) menguatkan pemahaman peran guru dan visi sekolah dalam berbagai kegiatan, b) melakukan koordinasi bersama guru dan yayasan mengenai kebutuhan sarana prasarana, c) adanya bantuan PIP pemerintah, dan d) menjalan komunikasi antar pribadi dengan guru yang bersangkutan dan menyebarkan informasi melalui teks.


Keywords : fungsi kepala sekolah; tenaga pendidik; yayasan


Abstract: This study aims to determine: 1) the role of the head of SMK Kristen 1 Surakarta in managing teacher resources, 2) the supporting factors for the principal in managing teacher resources, 3) the inhibiting factors for the principal in managing teacher resources, 4) the efforts of the principal in overcome inhibiting factors. This research approach is qualitative with a case study type. The research data is sourced from primary and secondary data. Sampling using purposive technique and snowball sampling. Data collection techniques used interviews, observation, and document analysis. Data validity was tested using source and method triangulation. This study uses interactive model data analysis. The results showed: 1) the role of the principal includes: a) educator, b) manager, c) administrator, d) supervisor, e) leader, f) innovator, and g) motivator; 2) supporting factors for school principals include: a) support from various parties, namely family, foundations and churches, b) high work ethic of school principals, and c) good spiritual principals; 3) the inhibiting factors of the school principal include: a) the teacher's lack of understanding of his role, b) inadequate infrastructure, c) a limited budget, and d) the communication between the principal and the teacher has not gone well; 4) the efforts of the school principal in overcoming existing obstacles include: a) strengthening the understanding of the teacher's role and the school's vision in various activities, b) coordinating with teachers and foundations regarding the need for infrastructure, c) providing government PIP assistance, and d) carrying out communication interpersonal communication with the teacher concerned and disseminating information via text.


Keywords: foundations; teacher resources; the role of school principals

Keywords

fungsi kepala sekolah; tenaga pendidik; yayasan; foundations; teacher resources; the role of school principals

Full Text:

PDF

References

Abrori, M., & Muali, C. (2020). Peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui peran kepemimpinan kepala sekolah. JUMPA Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 1-16.

Anshar, M. (2022). Kepala sekolah sebagai administrator dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Negeri 1 Talaga Jaya. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6), 2096-2103. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8507.

Ariyanti, Y. (2019). Keterampilan manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 14(1), 26-36. http://dx.doi.org/10.31942/akses.v14i1.3265.

Chidi, N., Egboka, & Ndidi, S. (2017). Analysis of resource management strategies adopted by principals for secondary schools improvement in Enugu State, Nigeria. International Journal of Advance Research and Innovative Ideas in Education, 3(1), 4124-4129.

Gaol, N. T. (2017). Teori dan implementasi gaya kepemimpinan kepala sekolah. Kelola Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 213-219. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i2.p213-219.

Hamid, A. (2017). Guru profesional. Al Falah, 17(32), 274-285. https://doi.org/10.47732/alfalahjikk.v17i2.26.

Hamidah, D., & Julkifli. (2021). Kepala sekolah sebagai administrator dan supervisor di lingkungan sekolah. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 10(2), 38-45. https://doi.org/10.37755/jsap.v10i2.518.

Hamidi, N., Nuzuwar, & Nurmal, I. (2019). Peran kepala sekolah sebagai administrator dan supervisor. Alignment: Journal of Administration and Educational Management, 2(1), 39-47.

Kharismawati, D. E. (2019). Peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan sekolah. Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 4(1), 19-28. http://dx.doi.org/10.17977/um027v4i12019p019.

Kurniawan, A. (2020). Peran kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi pedagogik guru di sekolah menengah kejuruan Sultan Agung Cirebon. Jurnal Isema: Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 1-14. http://dx.doi.org/10.15575/isema.v5i1.8323.

Mahyuddin, M., Aunurrahman, A., & Thamrin, M. (2015). Peran Kepala Sekolah sebagai Inovator Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru Sekolah Dasar. (Doctoral dissertation, Tanjungpura University) Pontianak, Indonesia.

Muspawi, M. (2020). Strategi menjadi kepala sekolah profesional. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 402-209.

Nafidzi, E. (2020). Pengaruh spiritual leadership terhadap performa pegawai Bank Syariah Mandiri Kebon Sirih Jakarta Pusat. Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance, 3(2), 236-247.

Oktavia, Y. (2014). Usaha kepala sekolah dalam meningkatkan kreativitas guru dalam pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 2(1), 808-831.

Permatasari, I., & Permana, H. (2023). Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan sarana prasarana berbasis modern di SD Mutiara Bangsa Kabupaten Serang Baru tahun ajaran 2020. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran, 6(1), 106-109.

Sanisah, S. (2015). Kebijakan pengelolaan anggaran pendidikan di Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, 3(1), 101-118.

Sastrawan, K. B. (2019). Menggagas kepemimpinan berlandaskan ajaran asta brata dan etos kerja terhadap kinerja guru. Jurnal Agama dan Budaya, 3(2), 55-64.

Setiyadi, B., & Rosalina, V. (2021). Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 75-84.

Sholeh, M. (2016). Keefektifan peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 1(1), 41-54.

Sukma, O., & Hasanah, E. (2021). Best practice kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan nilai akreditasi di SMPN 5 Airgegas Bangka Belitung. Kelola Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2), 147-158.

Syahrul, & Nurmayanti. (2019). Pengelolaan pendidik dan tenaga kependidikan di SMA Muhammadiyah Kendari. Shautut Tarbiyah, 25(2), 259-284.

Victor, A. A. (2017). Analysis of principals' managerial competencies for effective management of school resources in secondary schools in Anambra State, Nigeria. IJSSHE-International Journal of Social Sciences, Humanities and Education, 1(4), 1-10.

Wibawani, D. T., Wiyono, B. B., & Benti, N. D. (2019). Kepemimpinan visioner kepala sekolah sebagai pemimpin perubahan dalam meningkatkan mutu pendidikan. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 2(4), 181-187.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.