Pengaruh persepsi mahasiswa tentang mata kuliah kewirausahaan dan kompetensi dosen terhadap minat berwirausaha mahasiswa

Lutfi Dwi Puspitasari, Patni Ninghardjanti, Anton Subarno

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (1) pengaruh persepsi mahasiswa tentang mata kuliah kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa; (2) pengaruh persepsi mahasiswa tentang kompetensi dosen kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa dan (3) pengaruh persepsi mahasiswa tentang mata kuliah kewirausahaan dan kompetensi dosen kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa FKIP Angkatan 2019 sebanyak 2080 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling dengan 240 mahasiswa sebagai sampel. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) terdapat pengaruh postif dan signifikan antara persepsi mahasiswa tentang mata kuliah kewirausahaan terhadap minat berwirausaha, dibuktikan dengan thitung 9,50 > ttabel 1,96; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara persepsi mahasiswa tentang kompetensi dosen terhadap minat berwirausaha, dibuktikan dengan thitung 2,35 > ttabel 1,96; dan (3) terdapat pengaruh signifikan antara persepsi mahasiswa tentang mata kuliah kewirausahaan dan kompetensi dosen terhadap minat berwirausaha, dibuktikan dengan Fhitung 58,83 > Ftabel 3,03.


Kata kunci: kompetensi pengajar dan keinginan berwirausaha; kuantitatif; mata kuliah kewirausahaan; tanggapan mahasiswa


Abstract: The purpose of this study was to determine: (1) the impact of student perceptions of entrepreneurship courses on the entrepreneurial intention of FKIP UNS students; (2) the impact of student perceptions of entrepreneurship lecturers' competence on the entrepreneurial intention of FKIP UNS students and (3) the impact of student perceptions of entrepreneurship courses and entrepreneurship lecturers' competence on entrepreneurial intention of FKIP students. This study uses quantitative methods. The study population was 2080 students of the FKIP Class of 2019. The sampling technique used proportional random sampling with 240 students as samples. The data collection method used a questionnaire. Data analysis uses multiple linear regression analysis with prerequisite analysis tests, namely normality, linearity, and multicollinearity tests. The results of the study are as follows: (1) there is a positive and significant influence between students' perceptions of entrepreneurship courses on entrepreneurial interest, as evidenced by tcount 9.50 > ttable 1.96; (2) there is a positive and significant influence between students' perceptions of lecturers' competence on entrepreneurial interest, as evidenced by tcount 2.35 > ttable 1.96; and (3) there is a significant influence between students' perceptions of entrepreneurship courses and lecturers' competence on entrepreneurial interest, as evidenced by Fcount 58.83 > Ftable 3.03.


Keywords: entrepreneurship courses; lecturer competence and entrepreneurial intention; quantitative; student perceptions

Keywords

kompetensi pengajar dan keinginan berwirausaha; kuantitatif; mata kuliah kewirausahaan; tanggapan mahasiswa; entrepreneurship courses; lecturer competence and entrepreneurial intention; quantitative; student perceptions

Full Text:

PDF

References

Damanik B & Irawan E. (2021). Pengaruh persepsi mahasiswa mengenai kompetensi dosen dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar. Jurnal Publikasi Pendidikan, 11(2), 1-7.

Faulina, H & Permatasari. (2021). Pengaruh persepsi mahasiswa terhadap mata kuliah kewirausahaan dan lingkungan sosial terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Jurnal PAKIS Publikasi Berkala Pendidikan Ilmu Sosial, 1(1), 62-69.

Hapsari (2018). Peran pendidikan kewirausahaan dalam meningkatkan motivasi, kompetensi dan menumbuhkan minat mahasiswa. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, 16(3), 214-220.

Iwu, C. G., Opute, P. A., Nchu, R., Eresia-Eke, C., Tengeh, R. K., Jaiyeoba, O., & Aliyu, O. A. (2021). Entrepreneurship education, curriculum and lecturer-competency as antecedents of student entrepreneurial intention. The International Journal of Management Education, 1-13.

Kurniasih, A, Lestari, D., S & Herminingsih, A. (2013). Persepsi mahasiswa terhadap kuliah kewirausahaan dan pengaruhnya terhadap sikap dan intensi berwirausaha mahasiswa. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial, 2(2), 129-146.

Kusuma, A I & Pramesti D. (2020). Students perception about entrepreneurship course using quantum learning model. Advance in Social Science, Education and Humanities Research, 479, 11-16.

Maharani, Y. (2016). Pengaruh persepsi mahasiswa terhadap mata kuliah kewirausahaan, budaya organisasi, dan motivasi terhadap minat berwirausaha mahasiswa Pendididikan Ekonomi Universitas Lampung tahun 2015 (Skripsi, Universitas Lampung).

Nian, T., Y, Bakar., R & Islam, A. (2014). Student’s perception on entrepreneurship education: the case of Universiti Malaysia Perlis. International Education Studies, 7(10), 40-49.

Purmadi, A., & Lukitasari, D. (2017). Pengembangan sumber belajar digital berbasis web pada mata kuliah kewirausahaan. Teknologi Pendidikan, 2(2), 6-16.

Purwanto, M. I. (2015). Pengaruh kompetensi dosen dan sikap mahasiswa pada mata kuliah kewirausahaan terhadap tumbuhnya jiwa entrepreneur mahasiswa dalam penerapan project based learning. Jurnal Probisnis, 8(2), 334-361.

Rahmi, Y. (2022). Hubungan antara hasil belajar mata kuliah kewirausahaan dan soft skill dengan kesiapan berwirausaha mahasiswa Universitas Negeri Padang. (Skripsi, Universitas Negeri Padang) Padang, Indonesia.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2013). Organizational behavior edition 15. New Jersey: Pearson Education.

Rosmiati & Hutabarat, Z. (2021). Hubungan persepsi mahasiswa tentang mata kuliah kewirausahaan dan hasil belajar dengan minat berwirausaha mahasiswa reguler angkatan 2013 pendidikan ekonomi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 11(2), 1-7.

Sartikawati. (2015). Hubungan antara persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran mata kuliah kewirausahaan dengan minat berwirausaha mahasiswa (studi deskriptif korelasional pada mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP UPI). (Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia) Bandung, Indonesia.

Supriaman, S. (2019). Kepribadian wirausaha, pengetahuan kewirausahaan, dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Politeknik LP3I Jakarta. Jurnal Lentera Bisnis, 8(1), 65-83.

Syah M. (2015). Psikologi Pendidikan. Rajawali Pers.

Tahir, A. M. (2014). Perilaku organisasi. Deepublish.

Wibowo. (2013). Perilaku dalam organisasi . Rajawali Pers.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.