Pengaruh digital literacy dan self efficacy terhadap kesiapan kerja siswa SMK Negeri 1 Sukoharjo
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) digital literacy terhadap kesiapan kerja; (2) self efficacy terhadap kesiapan kerja; (3) digital literacy dan self efficacy secara bersama-sama terhadap kesiapan kerja siswa jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas XII jurusan OTKP sebanyak 107 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu proportional random sampling dengan total 84 sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan digital literacy terhadap kesiapan kerja (thitung 2,52>ttabel 1,98) dengan signifikansi (0,01<0,05); (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan self efficacy terhadap kesiapan kerja (thitung 11,89>ttabel 1,98) dengan signifikansi (0,00<0,05); (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan digital literacy dan self efficacy secara simultan terhadap kesiapan kerja (Fhitung 148,80>Ftabel 3,10) dengan signifikansi (0,00<0,05).
Kata kunci : keterampilan digital; kemampuan kerja; kuantitatif; keyakinan diri
Abstract: This study aims to determine the effect of (1) digital literacy on work readiness, (2) self-efficacy on work readiness, and (3) digital literacy and self-efficacy together on the work readiness of students majoring in Office Automation and Governance. This research is quantitative research with the correlational method. The population in this study was 107 students in class XII majoring in OTKP. The sampling technique used was proportional random sampling with 84 samples. Data collection techniques using questionnaires and documentation. The data analysis techniques are the prerequisite test and multiple linear regression analysis. The results showed that: (1) there was a positive and significant effect of digital literacy on work readiness (tcount 2.52> ttable 1.98) with a significance (0.01<0.05); (2) there is a positive and significant effect of self-efficacy on work readiness (tcount 11.89> ttable 1.98) with significance (0.00<0.05); (3) there is a positive and significant effect of digital literacy and self-efficacy simultaneously on work readiness (Fcount 148.80>Ftable 3.10) with a significance (0.00<0.05).
Keywords : digital skills; work ability; quantitative; self confidence
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aprianto, A., Putra, M. E., Maulana, F., & Batubara, H. S. (2022). Dampak Pembelajaran Online Terhadap Kesiapan Siswa SMK Dalam Menghadapi Dunia Kerja. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 9(2), 154-162.
Badan Pusat Statistik. (2022). Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Februari 2022.
Baiti, A. A., & Munadi, S. (2014). Pengaruh pengalaman praktik, prestasi belajar dasar kejuruan dan dukungan orang tua terhadap kesiapan kerja siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(2).
Doanh, D. C., & Bernat, T. (2019). Entrepreneurial self-efficacy and intention among Vietnamese students: A meta-analytic path analysis based on the theory of planned behavior. Procedia Computer Science, 159, 2447-2460.
Fitriyani, F., & Nugroho, A. (2022). Literasi Digital Di Era Pembelajaran Abad 21. Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Inovasi, 2(1), 307-314.
Khadifa, A., Indriayu, M., & Sudarno (2018). Pengaruh Praktik Kerja Industri dan Efikasi Diri Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Banyudono 2017/2018. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, 4(1).
Krisnamurti, T. F. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan kerja siswa SMK. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 6(1), 65-76.
Kusnaeni, Y., & Martono, S. (2016). Pengaruh Persepsi Tentang Praktik Kerja Lapangan, Informasi Dunia Kerja Dan Motivasi Memasuki Dunia Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Smk. Economic Education Analysis Journal, 5(1).
Lodjo, F. S. (2013). Pengaruh pelatihan, pemberdayaan dan efikasi diri terhadap kepuasan kerja. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3).
Maulana, M. (2015). Definisi, Manfaat, dan Elemen Penting Literasi Digital. Seorang Pustakawan Blogger, 1(2).
Mohammadyari, S., & Singh, H. (2014). Understanding the effect of e-learning on individual performance: The role of digital literacy. Computers & Education, 82, 11-25.
Mukti, B., & Tentama, F. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi efikasi diri akademik. In Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, 341347.
Muliawanti, S., & Kusuma, A. B. (2019). Literasi digital matematika di era revolusi industri 4.0. Prosiding Sendika, 5(1), 637-646.
Ningsih, W. F., & Hayati, I. R. (2020). Dampak Efikasi Diri Terhadap Proses & Hasil Belajar Matematika (The Impact Of Self-Efficacy On Mathematics Learning Processes and Outcomes). Journal on Teacher Education, 1(2), 26-32.
Nur’Aini, D., & Nikmah, C. (2020). Pengaruh penguasaan teknologi informasi dan prestasi belajar terhadap kesiapan kerja siswa SMK. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5(2), 250-266.
Pangastuti, U., & Khafid, M. (2019). Peran Kematangan Karir dalam Memediasi Kompetensi Kejuruan dan Efikasi Diri terhadap Kesiapan Kerja Siswa. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 485-500.
Pusat Penelitian Kebijakan. (2021). Meningkatkan Keterserapan Lulusan SMK dalam Dunia Industri dan Dunia Kerja.
Putri, R. Y., & Supriansyah, S. (2021). Pengaruh Literasi Digital terhadap Kesiapan Kerja Generasi Z di Sekolah Menengah Kejuruan. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3007-3017.
Raharjo, N. P., & Winarko, B. (2021). Analisis Tingkat Literasi Digital Generasi Milenial Kota Surabaya dalam Menanggulangi Penyebaran Hoaks. Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika, 10(1), 33-43.
Riyanti, S., & Kasyadi, S. (2021). Motivasi dan Pengalaman Praktek Kerja Industri Mempengaruhi Kesiapan Kerja Siswa: Studi pada SMK Swasta di Kabupaten Bogor. Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS, 4(1), 43-57.
Rohman, T. (2020). Kesiapan kerja siswa SMK ditinjau dari kinerja prakerin. JUPITER Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1), 22-27.
Sabrina, A. R. (2018). Literasi digital sebagai upaya preventif menanggulangi hoax. Communicare: Journal of Communication Studies, 5(2), 31-46.
Sadewi, A. I., Sugiharto, D. Y. P., & Nusantoro, E. (2012). Meningkatkan self efficacy pelajaran matematika melalui layanan penguasaan konten teknik modeling simbolik. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 1(2), 7-12.
Santoso, E., & Setiawan, J. L. (2018). Peran dukungan sosial keluarga, atasan, dan rekan kerja terhadap resilient self-efficacy guru sekolah luar biasa. Jurnal Psikologi, 45(1), 27-31.
Yulianti, M., Asniati, A., & Juita, V. (2021). Pengaruh Keahlian Akuntansi, Literasi Digital dan Literasi Manusia Terhadap Kesiapan Kerja Calon Akuntan di Era Disrupsi Teknologi Digital. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 5(2), 449-456.
Zakiyah, S., Imania, S. H., Rahayu, G., & Hidayat, W. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah dan penalaran matematik serta Self-Efficacy siswa SMA. JPMI Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(4), 647-656.
Refbacks
- There are currently no refbacks.