Profesionalisme kerja pegawai kantor Kecamatan Jebres Kota Surakarta
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menentukan (1) kinerja yang dilakukan karyawan Kantor Daerah Jebres, (2) faktor pendukung dan faktor penghambat kinerja karyawan kantor Daerah Jebres dalam mencapai kinerja profesional, dan (3) upaya yang dilakukan oleh karyawan dalam mencapai profesionalisme karyawan kantor Daerah. Penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data penelitian diperoleh dari informan (Jebres Head District, Head of Public Service Section, dan karyawan), dokumen (SOP, modul profil Jebres District, Sertifikat Pelatihan, Banner Layanan), dan hasil pengamatan (performance). Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposive dan sampel bola salju. Hasilnya menunjukkan bahwa (1) kinerja yang telah dilakukan hingga saat ini oleh karyawan Kantor Distrik Jebres mengacu pada tiga aspek, yaitu pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja: (2) Faktor-faktor pendukung kerja yang dimiliki oleh karyawan kantor distrik Jebres meliputi: (a) faktor kesadaran aparat; (b) aturan di masyarakat; (c) organisasi; (d) kemampuan dan keterampilan; dan (e) fasilitas dan faktor infrastruktur. Faktor-faktor yang menghambat termasuk (a) kualitas sumber daya manusia, (b) dukungan pemerintah, dan (c) kondisi kerja; (3) upaya karyawan untuk mencapai profesionalisme untuk meningkatkan dan mengevaluasi komitmen mereka untuk bekerja untuk hasil yang baik. Lebih baik lagi, upaya yang dilakukan oleh pemerintah, yaitu dengan menyediakan pelatihan, pengembangan karir, dan program pelatihan.
Kata Kunci: kinerja; kualitatif; penghalang
Abstract: This study aims to determine (1) the performance that employees of the Jebres District office have carried out, (2) the supporting factors and inhibiting factors of the performance of Jebres District office employees in achieving professional performance, and (3) the efforts made by employees in achieving the professionalism of the employees of the Jebres District office. This research is a descriptive qualitative approach with a case study research type. Sources of research data were obtained from informants (Jebres District Head, Head of Public Service Section, and employees), documents (SOP, Jebres District profile modules, Training Certificates, Service Banners), and results of observations (performance). The sampling technique used purposive sampling and snowball sampling. The results showed that (1) the performance that has been carried out so far by employees of the Jebres District office refers to three aspects, namely knowledge, skills, and work attitudes: (2) Work-supporting factors owned by employees of the Jebres District office include: (a) factors of apparatus awareness; (b) rules in the public; (c) organization; (d) capabilities and skills; and (e) facilities and infrastructure factors. The inhibiting factors include (a) the quality of personnel resources, (b) government support, and (c) working conditions; (3) the efforts made by employees to achieve professionalism to increase and evaluate their commitment to work for good results. Even better, the efforts made by the government, namely by providing training, career development, and training programs.
Keywords: obstacles; performance; qualitative
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfianto, S., & Suryandari, D. (2015). Pengaruh profesionalisme, komitmen organisasi dan struktur audit terhadap kinerja auditor. Accounting Analysis Journal, 4(1).
Fathurrochman, I. (2017). Pengembangan kompetensi pegawai aparatur sipil negara (ASN) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Curup melalui metode pendidikan dan pelatihan. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 11(2).
Fitria, F., Suryanto, S., & Mashuri, M. A. (2022). Strategi pengembangan kompetensi aparatur sipil negara dalam mewujudkan world class government. Societas: Jurnal Ilmu Administrasi dan Sosial, 11(1), 42-53.
Ratnayanti, R., Massyat, M., & Andriani, A. (2019). Upaya mewujudkan profesionalisme kerja aparatur sipil negara pada sekretariat dewan perwakilan rakyat daerah kabupaten Mamasa. Journal Peqguruang, 2(2), 335-340.
Rizaldi, A. R. (2019). Kinerja pegawai dalam tinjauan budaya organisasi (Studi kasus). SEIKO: Journal of Management & Business, 2(2), 131-144.
Robbins, S., Judge, T. A., Millett, B., & Boyle, M. (2013). Organizational behaviour. Pearson Higher Education AU.
Silalahi, U., & Syafri, W. (2015). Desentralisasi dan demokrasi pelayanan publik: Menuju pelayanan pemerintah daerah lebih transparan, partisipatif, responsif dan akuntabel. IPDN Press.
Sunarsi, D. (2018). Pengembangan sumber daya manusia strategik & karakteristik sistem pendukungnya: Sebuah tinjauan. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(3), 178-194.
Refbacks
- There are currently no refbacks.