Pengaruh keikutsertaan dalam organisasi dan Pengalaman PKL terhadap penguasaan soft skill siswa SMKN 3 Surakarta

Amarla Rachel Listi Arta, Susantiningrum Susantiningrum, Patni Ninghardjanti

Abstract

Abstrak: Tujuan dari studi ini adalah: 1) untuk mengetahui apakah ada efek dari partisipasi dalam kegiatan organisasi pada penguasaan keterampilan lunak siswa di SMKN 3 Surakarta; 2) untuk mencari tahu apakah ada pengaruh dari program magang pada Penguasaan Keterampilan Lunak Siswa di SMKN 3 surakarta; dan 3) untuk menemukan apakah Ada Efek dari Partisipasi Dalam Kegiatan Organisasi dan Penjual Jalan Bersama pada Penguasaian Keterampilannya Siswa Di SMKN 3. Populasi adalah semua siswa kelas OTKP 12, total 106 siswa. Hasilnya menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh positif antara partisipasi siswa dalam kegiatan organisasi dan penguasaan keterampilan lunak, seperti yang ditunjukkan oleh t count (2.107) > t tabel (1.983) dan nilai signifikansi 0,038 < 0,050, 2) ada pengaruhnya positif antara program magang dan Penguasaan Keterampilan Lunak, sebagaimana dibuktikan dengan t count (3.774) > t Table (1.983), dan 3) ada secara simultan pengaruh yang positif dari Partisipasi mahasiswa dalam Aktivitas Organisasi dan Program Magang pada pengujian keterampilan lembut, seperti dibuktikan oleh nilai Fcount (11.661) > Ftable (3.08).


Kata Kunci: kuantitatif; organisasi sekolah; program magang


Abstract: The aims of this study were: 1) to find out whether there was an effect of participation in organizational activities on the soft skill mastery of students at SMKN 3 Surakarta; 2) to find out whether there is an influence of internship programs on the soft skill mastery of students at SMKN 3 Surakarta; and 3) to find out whether there is an effect of participation in organizational activities and street vendors together on the soft skill mastery of students at SMKN 3 Surakarta. This study uses quantitative techniques and correlational methods. The population is all OTKP grade 12 students, totaling 106 students. The results show that:1) there is a positive influence between student participation in organizational activities and the mastery of soft skills, as evidenced by t count (2.107) > t table (1.983) and a significance value of 0.038 <0.050, 2) there is a positive influence between the internship program and the mastery of soft skills, as evidenced by t count (3.774) > t table (1.983), and 3) there is simultaneously a positive influence of student participation in organizational activities and internship programs on the mastery of soft skills, as evidencedby the value of Fcount (11.661) > Ftable (3.08).


Keywords: internship program; quantitative; school organization


Keywords

kuantitatif; organisasi sekolah; program magang; internship program; quantitative; school organization

Full Text:

PDF

References

Arnata, & Surjosepuro. (2014). Evaluasi soft skills dalam pembelajaran mahasiswa baru di fakultas teknologi pertanian universitas udayana. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 21(1), 1-9.

Rusdianti, F. & Suranto. (2018). Pengalaman berorganisasi dalam membentuk soft skill mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 28(1). https://doi.org/10.2317/jpis.v28i1.6772

Hidayah, Y., & Sunarso. (2017). Penguasaan civic skills aktivis badan eksekutif mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPS, 4(2). https://doi.org/10.21831/hsjpi.v4i2.9862

Irwanto. (2015). Studi komparasi sekolah menengah kejuruan yang efektif di DIY. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Informasi, 1(1).https://doi.org/10.31980/jpetik.v1i1.58

Setiani, F., & Rasto. (2016). Mengembangkan soft skill siswa melalui proses pembelajaran. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1).https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3272

Sudana, I., Apryani, D., & Nurmasitah, S. (2019). Revitalization of vocational high school roadmap to encounter the 4.0 industrial revolution. The Journal of Social Sciences Research, 5(2)

Sulastri, & Herawati. (2021). Faktor yang mempengaruhi soft skill siswa SMK Negeri 2 Blitar dalam menghadapi dunia kerja di era revolusi industri 4.0. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 14(2).

Suwarman. (2014). Pengelolaan praktik kerja industri pada program keahlian teknik pemesinan SMK se-Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1). https://doi.org/10.21831/jpv.v4i1.2537.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.