Pendidikan Karakter melalui Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Jenjang SMK
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menentukan: (1) persiapan implementasi P5 di SMK Negeri 1 Surakarta, (2) implementasinya di PM Negeri 1 surakarta. (3) evaluation of P5 implementation in SMK N 1 Surakarta (4) mendukung dan menghambat faktor-faktor implementasi P5 di SMK Negeri 1 Surakarta. Penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data penelitian diperoleh dari informan, dokumen, dan pengamatan. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposive dan sampel snowball. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Validasi data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data menggunakan model interaktif. Hasilnya menunjukkan bahwa: (1) persiapan untuk implementasi P5 meliputi (a) membentuk koordinator tim, (b) membentuk tim facilitator, (c) menentukan dimensi, tema, dan alokasi waktu, (d) merancang modul proyek, (e) menyosialisasikan proyek. (2) implementasi P5 dalam bentuk integrasi dalam pembelajaran intracurricular dan implementasi proyek. (3) Penilaian dilakukan dalam dua bagian, yaitu, (a) penilaian pembelajaran intracurricular, dan (b) evaluasi proyek.(4) Faktor pendukung untuk implementasi P5 meliputi (a) kolaborasi antara siswa, (b) fasilitas dan infrastruktur yang memadai, dan (c) dukungan dari berbagai pihak. Faktor-faktor yang menghambat implementasi P5 adalah (a) perbedaan persepsi antara facilitator, (b) kebosanan yang timbul dari siswa, dan (c) pembatasan anggaran.
Kata Kunci: kualitatif deskriptif; model interaktif; studi kasus
Abstract: This study aims to determine: (1) preparation of P5 implementation in SMK Negeri 1 Surakarta, (2) implementation of P5 in SMK Negeri 1 Surakarta (3) evaluation of P5 implementation in SMK N 1 Surakarta (4) supporting and inhibiting factors of P5implementation in SMK Negeri 1 Surakarta. This research is a descriptive qualitative method with a case study approach. Sources of research data were obtained from informants, documents, and observations. The sampling technique uses purposive sampling and snowball sampling. Data collection techniques with interviews, observation, and document analysis. Data validity uses triangulation of sources and techniques. The data analysis techniques use an interactive model. The results showed that: (1) preparation for the implementation of P5 includes (a) forming a team coordinator, (b) forming a team of facilitators, (c) determining dimensions, themes, and time allocations, (d) designing project modules, (e) socializing the project. (2) implementation of P5 in the form of integration in intracurricular learning and project implementation. (3) evaluation is carried out in two parts, namely, (a) intracurricular learning evaluation, and (b) project evaluation. (4) Supporting factors for the implementation of P5 include (a) collaboration between students, (b) adequate facilities and infrastructure, and (c) support from various parties. The inhibiting factors for the implementation of P5 are (a) differences in perceptions between facilitators, (b) boredom arising from students, and (c) budget limitations.
Keywords: case studies; descriptive qualitative; interactive model
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Budiono, A. N. (2023). Analisis persepsi komite pembelajaran dan praktik baik projek penguatan profil pelajar pancasila pada kurikulum merdeka. Journal on Education, 5(2), 5340-5352.
Fitriani, R., Fauziah, N. N., & Masri, A. (2020). Peran guru bimbingan dan konseling dalam pencegahan perundungan di sekolah. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 8(3), 148-155.
Herdiana, D. (2018). Sosialisasi kebijakan publik: Pengertian dan konsep dasar. Jurnal Ilmiah Wawasan Insan Akademik, 1(3), 13-26.
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil kemahasiswaan Pancasila sebagai upaya penciptaan karakter bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224-1238.
Iswangga, K. D., Muttaqin, M. M., & Wiyoso, J. (2020). Strategi pembelajaran ekstrakurikuler karawitan di SMA Negeri 1 Pemalang. Jurnal Seni Musik, 9(2), 109-118.
Kumalasari, A., Romli, A., Emiliana, D., Arina, N., Yusmar, F., Mahardika, I., & Fadilah, R. (2023). Kolaborasi organisasi masyarakat dengan sekolah menengah pertama untuk mencapai tujuan pembelajaran IPA. FKIP E-Proceeding, 17–19.
Kurniawan, P. Y., Subyantoro, S., & Pristiwati, R. (2023). Urgensi bahan ajar interaktif berbasis Information and Communication Technologies (ICT) dalam pembelajaran menulis. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(1), 324-331. https://doi.org/10.9744/jak.22.1.94-107
Kurniawati, D. U., Sulistyorini, D., & Soegiharto, O. (2020). Pengaruh anggaran dan pengendalian biaya terhadap efektivitas dan efisiensi kegiatan organisasi. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 22(1), 94-107. https://doi.org/10.9744/jak.22.1.94-107
Lee, E.-J., Kim, Y., & Kwon, O. (2021). Perceived consensus in group decision making: A meta-analysis. Group Processes & Intergroup Relations, 24(4), 529-550.https://doi.org/10.1177/1368430221996351
Ma, T., Loh, J., Marsh, H. W., & Wang, L. (2021). Learning motivation and achievement in STEM education: A meta-analysis. Educational Research Review, 36, 100405.https://doi.org/10.1016/j.edurev.2021.100405
Megasari, R. (2020). Peningkatan pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di SMPN 5 Bukittinggi. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 636-648.
Muliati, I. (2016). Pandangan M. Natsir tentang demokrasi: Kajian pemikiran politik Islam. Tingkap, 11(2), 129-139.
Munthe, A. P. (2015). Pentingnya evaluasi program di institusi pendidikan: sebuah pengantar, pengertian, tujuan dan manfaat. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 1-14.
Narwanti, S. (2014). Pendidikan Karakter. Familia.
Nurhalimah, S., & Nurfadlilah, N. (2021). Penerapan pembelajaran intrakurikuler berbasis proyek untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(1), 85-97.
Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Panduan pengembangan projek penguatan profil pelajar pancasila. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemenbudristek.
Susilawati, E., Sarifudin, S., & Muslim, S. (2021). Internalisasi nilai pancasila dalam pembelajaran melalui penerapan profil pelajar pancasila berbantuan platform merdeka mengajar. Jurnal Teknodik, 25(2), 155–167.https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i2.897
Widari, I. M., & Wibawa, M. A. (2017). Pengaruh komitmen organisasional dan dukungan tim kerja terhadap representasi eksternal positif karyawan di tempat kerja. (Doctoral dissertation). Udayana University, Bali.
Wijayanti, P. S., Jamilah, F., Herawati, T. R., & Kusumaningrum, R. N. (2022). Penguatan penyusunan modul projek profil pelajar pancasila pada sekolah penggerak jenjang SMA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 43-49.
Refbacks
- There are currently no refbacks.