Komunikasi bisnis pada masa pandemi Covid 19 (Studi kasus di Ubigo Karanganyar)

Ikhlas Rahmat Zaki, Anton Subarno, Muhammad Choerul Umam

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui komunikasi bisnis yang diterapkan di Ubigo Karanganyar pada masa pandemi. (2) mengetahui pemanfaatan media sosial untuk meningkatkan komunikasi bisnis di Ubigo Karanganyar pada masa pandemi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian antara lain komunikasi bisnis pada Ubigo Karanganyar, informan dan dokumen. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling dan snowball sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi langsung dan analisis dokumen. Teknik uji validitas yang digunakan adalah triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut.  (1) Ubigo Karanganyar melaksanakan komunikasi bisnis melalui metode langsung dan media. Cara langsungnya adalah dengan menggandeng Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karanganyar, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Karanganyar serta transportasi online Maxim dan Gojek. Metode medianya adalah dengan menggunakan media sosial WhatsApp dan Instagram. (2) Pemanfaatan media sosial sebagai media komunikasi bisnis di Ubigo Karanganyar yaitu WhatsApp, Instagram, Youtube, Market Place dan Facebook dan yang aktif digunakan adalah kedua platform WhatsApp dan Instagram yang memuat berbagai informasi seperti katalog, promo, lokasi dan jam buka yang dapat membantu konsumen.

Kata kunci: hubungan bisnis; kualitatif; media sosial

Abstract: This study aims to (1) find out business communication is being implemented at Ubigo Karanganyar during a pandemic. (2) find out to use social media to improve business communication at Ubigo Karanganyar during a pandemic. This research is a qualitative descriptive study. Sources of research data include business communications at Ubigo Karanganyar, informants and documents. Sampling technique with purposive sampling and snowball sampling. Data collection was carried out by interviews, direct observation and document analysis. The validity test technique used is technique triangulation and source triangulation. Data analysis using interactive analysis techniques. The results of this study are as follows.  (1) Ubigo Karanganyar implements business communication through direct and media methods. The direct method is to collaborate with the Tourism, Youth and Sports Office of Karanganyar Regency, Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) in Karanganyar Regency and Maxim and Gojek online transportation. The media method is by using WhatsApp and Instagram social media. (2) Utilization of social media as a medium of business communication at Ubigo Karanganyar, namely WhatsApp, Instagram, Youtube, Market Place and Facebook and which are actively used are the two WhatsApp and Instagram platforms which contain various information such as catalogs, promos, locations and opening hours that can be helping consumers.

Keywords: business communication; qualitative; social media


Keywords

hubungan bisnis; kualitatif; media sosial; business communication; qualitative; social media

Full Text:

PDF

References

Asri, P. C. (2019). Komunikasi bisnis untuk mahasiswa dan kalangan umum. Pustaka Baru Press.

Az-zahra, H. N., Tantya, V. A., & Apsari, N. C. (2021). Layanan online food delivery dalam membantu meningkatkan penjualan pada usaha mikro. Jurnal Pengabdian dan Penelitian Kepada Masyarakat (JPPM), 2 (2), 156-165.

Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di indonesia. Publiciana, 9 (1), 140-157. https://journal.unita.ac.id/index.php/publiciana/article/view/79

Christiana, I., Bahagia, R., Putri, L. P., & Suwanto, R. (2022). Peran komunikasi bisnis dalam membantu perkembangan umkm. Jurnal Somasi. https://jurnal.ceredindonesia.or.id/index.php/somasi/article/download/700/778

Dwiantari, S., Slahanti, M. (2022). Media sosial whatsapp bisnis sebagai media promosi guna meningkatkan penjualan pada bakmi jowo denbagus. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 3 (2). https://jurnal.umj.ac.id/index.php/JMMB/article/view/13531

Iriantara, Y., Subarna, T., & Rochman, S. (2014). Komunikasi bisnis. Universitas Terbuka.

Irma, A. (2017). Peran instagram sebagai media komunikasi pemasaran bisnis online (studi deskriptif kualitatif pada bisnis online beautyhomeshop). Jurnal Online Kinesik, 4 (2), 1-12.

Kusumastuti, Y. I. (2021). Komunikasi bisnis. IPB Press.

Manullang, M. (2014). Pengantar komunikasi bisnis. Citra Pustaka.

Mulyani, L. H. (2017). Peran dinas kebudayaan dan pariwisata dalam meningkatkan wisatawan domestik di kota makassar. (Skripsi, Universitas Muhammadiyah Makassar). Retrieved from https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/15953-Full_Text.pdf

Nasrullah, R. (2015). Media sosial. Simbiosa Rekatama Media.

Pandjaitan, D. R. & Wiryawan, D. (2016). Modul komunikasi bisnis. FEB Universitas Lampung.

Praditya, A. (2019). Pengaruh media sosial dan komunikasi bisnis terhadap perkembangan bisnis online shop. Jurnal Semarak, 2 (1), 31-43.

Purbohastuti, A. W. (2017). Efektivitas media sosial sebagai media promosi. Tirtayasa Ekonomika, 12 (2), 212-231. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTE/article/view/4456

Purwanto, D. (2010). Komunikasi bisnis (edisi ke-2). Erlangga.

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi (studi deskriptif pada happy go lucky house). Jurnal Common, 3 (1), 73-74. https://ojs.unikom.ac.id/index.php/common/article/view/1950/1307

Saleh, M. (2016). Komunikasi dalam kepemimpinan organisasi. Universitas Brawijaya Press.

Santoso, J. P. (2021). Komunikasi bisnis di media sosial. Universitas Sains dan Teknologi Komputer. https://stekom.ac.id/artikel/komunikasi-bisnis-di-media-sosial

Sugiyono. (2020). Metode penelitian kualitatif. Alfabeta.

Suwendra, I. W. (2018). Metodologi pendidikan kualitatif dalam ilmu sosial, pendidikan, kebudayaan dan keagamaan. Nilacakra.

Tresnawati, Y., & Prasetyo, K. (2022). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro kecil dan menengah bisnis kuliner. Journal of New Media and Communication, 1 (1), 43-57. https://journal.sinergiinstitute.com/index.php/JNMC/article/download/5/4

Umam. (2021). Pengertian media sosial, sejarah, fungsi, jenis, manfaat, dan perkembangannya. Gramedia Blog. https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-media-sosial/

Yustiani, R., & Yunanto, R. (2017). Peran market place sebagai alternatif bisnis di era teknologi informasi. Jurnal Ilmiah Komputer dan Infromatika (KOMPUTA), 6 (2), 43-48. https://ojs.unikom.ac.id/index.php/komputa/article/view/2476

Refbacks

  • There are currently no refbacks.