Pengaruh media pembelajaran dan perhatian orangtua terhadap motivasi belajar siswa
Abstract
Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan apakah ada pengaruh media pembelajaran pada motivasi belajar siswa, apakah terdapat pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi pembelajaran siswa, dan apakah ada efek media pembelajaran dan perhatian orangtua bersama-sama pada motivasinya belajar siswa. Penelitian ini bersifat deskriptif dan kuantitatif. Sampel yang digunakan untuk kelas XI memiliki 48 siswa. Saya menggunakan teknik proporsional sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumen Validitas data menggunakan rumus korelasi saat produk. Menggunakan formula Alpha Cronbach. Analisis data dengan menggunakan regresi linear. Hasil penelitian : Media pembelajaran memiliki dampak positif yang signifikan pada motivasi belajar siswa, dengan nilai signifikansi 0.000 <0.05 dan nilai tcount 35.658 > Penelitian 2.0188 Perhatian orang tua memiliki dampak positif yang signifikan pada motivasi belajar siswa, dengan nilai signifikansi 0.000 <0.05 dan nilai tcount 13.791 > Penelitian 2.0188 Ada efek positif yang signifikan dari Media Pembelajaran dan Perhatian Orang Tua pada Motivasi Pembelajaran Mahasiswa, dengan nilai signifikansi 0.000 <0.05 dan Funt 694,55 > Penulis 2.83.
Kata Kunci: kuantitatif; pembelajaran siswa; penelitian deskriptif
Abstract: The purpose of the study was to determine whether there is an influence of learning media on students' learning motivation, whether there is an influence of parental attention on students' learning motivation, and whether there is an influence of learning media and parental attention together on students' learning motivation. This research is descriptive and quantitative. The sample used for class XI has 48 students. I am using the Proportional Sampling Technique. Data collection techniques using questionnaires and documents The validity of the data using the product moment correlation formula. Reliability using Cronbach's Alpha formula. Data analysis using Multiple Linear regression. The study results: Learning media have a significant positive effect on student learning motivation, with a significance value of 0.000 <0.05 and a tcount value of 35.658> ttable 2.01808. Parental attention has a significant positive effect on student learning motivation, with a significance value of 0.000 <0.05 and a tcount value of 13.791 > ttable 2.01808. There is a significant positive effect of Learning Media and Parents' Attention on Student Learning Motivation, with a significance value of 0.000 <0.05 and a Fcount of 694,55 > Ftable 2.83.
Keywords: quantitative; research descriptive; student learning
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Effendi, E., Mursilah, M., & Mujiono, M. (2018). Korelasi Tingkat Perhatian Orang Tua dan Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 10(1), 17-23.
Handayani, S. (2016). Pengaruh perhatian orangtua dan minat belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2).
Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality sebagai media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 13(2), 174-183.
Pramitasari, A., Indriana, Y., & Ariati, J. (2018). Hubungan Antara Persepsi Terhadap Metode Pembelajaran Kontekstual Dengan Motivasi Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Pangkalan Kerinci, Riau. Jurnal Psikologi Undip, 9(1).
Ristawati, R. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Sinjai (Doctoral dissertation, FIS).
Robinson, R., & Usman, O. (2019). Effect of Learning Media, Family Environment and Income Parent of Student Learning Motivation SMK 46 Jakarta. Family Environment and Income Parent of Student Learning Motivation SMK, 46.
Setiani, F., Jayadi, J., & Setyaningsih, S. (2019). Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Sma Negeri 2 Sampit. Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan Dan Keagamaan, 7(1), 48-55.
Syaparuddin, S., & Elihami, E. (2019). Peningkatan motivasi belajar siswa melalui video pada pembelajaran PKN di sekolah paket c. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 187-200.
Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114.
Effendi, E., Mursilah, M., & Mujiono, M. (2018). Korelasi Tingkat Perhatian Orang Tua dan Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 10(1), 17-23.
Handayani, S. (2016). Pengaruh perhatian orangtua dan minat belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2).
Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality sebagai media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 13(2), 174-183.
Pramitasari, A., Indriana, Y., & Ariati, J. (2018). Hubungan Antara Persepsi Terhadap Metode Pembelajaran Kontekstual Dengan Motivasi Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Pangkalan Kerinci, Riau. Jurnal Psikologi Undip, 9(1).
Ristawati, R. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Sinjai (Doctoral dissertation, FIS).
Robinson, R., & Usman, O. (2019). Effect of Learning Media, Family Environment and Income Parent of Student Learning Motivation SMK 46 Jakarta. Family Environment and Income Parent of Student Learning Motivation SMK, 46.
Setiani, F., Jayadi, J., & Setyaningsih, S. (2019). Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Sma Negeri 2 Sampit. Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan Dan Keagamaan, 7(1), 48-55.
Syaparuddin, S., & Elihami, E. (2019). Peningkatan motivasi belajar siswa melalui video pada pembelajaran PKN di sekolah paket c. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 187-200.
Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114.
Refbacks
- There are currently no refbacks.