Aplikasi presensi online “SiPedro” di BKPSDM Kota Surakarta

Rafa Shena Arifin, Wiedy Murtini, Susantiningrum Susantiningrum

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: 1) Bagaimana penerapan “SiPedro” Kantor BKPSDM Kota Surakarta, 2) Kendala yang dihadapi dalam penerapan aplikasi “SiPedro”, dan 3) Upaya yang dilakukan oleh Kantor BKPSDM Kota Surakarta dalam menghadapi kendala penerapan aplikasi “SiPedro”. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan di Kantor BKPSDM Kota Surakarta. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi aplikasi “SiPedro” di Kantor BKPSDM Kota Surakarta yang terdiri dari kegiatan: a) Perencanaan dan persiapan, b) Pelaksanaan, c) Pemantauan dan evaluasi. 2) Hambatan dalam implementasi “SiPedro” di BKPSDM Kota Surakarta Hambatan dalam implementasi aplikasi “SiPedro” yang meliputi: a) Sistem operasi iOs yang belum tersedia, b) Adanya presensi ilegal, c) Server aplikasi “SiPedro” yang sering mengalami masalah, dan 3) Upaya yang dilakukan oleh Kantor BKPSDM Kota Surakarta dalam menghadapi hambatan tersebut antara lain: a) Menambahkan update sistem operasi aplikasi “SiPedro” untuk iOs, b) Memberikan hukuman bagi oknum yang melakukan presensi ilegal, c) Mengupayakan perbaikan server.


Kata Kunci: presensi ilegal; server aplikasi; sistem

 

Abstract: This research was conducted to know: 1) How to apply “SiPedro” BKPSDM Office of Surakarta City, 2) Obstacles faced in the application of the "SiPedro" application, and 3) The efforts made by the BKPSDM Office of Surakarta City in dealing with the obstacles to the application of the "SiPedro" application. This type of research is descriptive qualitative with a case study approach. This research was conducted at the BKPSDM Office of Surakarta City. This research uses purposive sampling and snowball sampling. The results showed that: 1) Implementation of the "SiPedro” application at the BKPSDM Office of Surakarta City consisting of activities: a) Planning and preparation, b) Implementation, c) Monitoring and evaluation. 2) Obstacles in implementing "SiPedro" at BKPSDM Surakarta City Barriers to the implementing of the "SiPedro" application which include: a) Operating system iOs is not yet available, b) There is an illegal presence, c) Application server "SiPedro" often has problems, and 3) The efforts made by the BKPSDM Office of Surakarta City in dealing with these obstacles include: a) Added the "SiPedro" application operating system update for iOs, b) Provide punishment for persons who perform illegal attendance, c) Attempt server repair.


Keywords: application server; illegal attendance; system


Keywords

presensi ilegal; server aplikasi; sistem; application server; illegal attendance; system

Full Text:

PDF

References

Arifin, M., & Widiyarta, A. (2021). Efektivitas absensi online dalam disiplin kerja di Kantor Imigrasi Khusus TPI Surabaya saat pandemi Covid-19. Sawala: Jurnal Administrasi Negara, 9(1), 35-57.

Fardiana, N. (2019). Penerapan absensi online “Jathilan” bagi penilik sekolah Ponorogo dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. AL-MANAR: Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 8(2), 65-85.

Hasibuan, J. S., & Silvya, B. (2019). Pengaruh disiplin kerja dan motivasi terhadap kinerja karyawan. In Prosiding Seminar Nasional USM (Vol. 2, No. 1, pp. 134-147).

Hati, G. M., Suprayogi, A., & Sasmito, B. (2013). Aplikasi penanda lokasi peta digital berbasis mobile GIS pada smartphone Android. Jurnal Geodesi Undip, 2(4).

Hidayat, A. (2018). Sistem proteksi fail over dengan RSTP pada server router internet Fikom UM Metro berbasis Mikrotik. Semnasteknomedia Online, 6(1), 1-1.

Ichwan, M., Sugeng, W., & Brata, A. (n.d.). (2012). Perancangan dan implementasi prototype sistem realtime monitoring performa server. Jurnal Informatika, 2(3), 12-22.

Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/382/2020.

Lukas, M., Tewal, B., & Walangitan, M. D. (2017). Pengaruh pengawasan, kepemimpinan dan kompensasi terhadap kinerja pegawai pada Badan Pengelola Keuangan dan Barang Milik Daerah Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 5(2), 1921-1928.

Nashihuddin, W. (2016). Promosi layanan perpustakaan khusus melalui media sosial dan kegiatan sosialisasi: Tinjauan kegiatan promosi di PDII-LIPI. In Conference Paper.https://www.researchgate.net/publication/313312786 (diakses 26 Desember 2022).

Peraturan Pemerintah Nomor 94 Tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.

Rasyidin, M. Y. B. (2019). Android-based mobile attendance system application online for on site engineers at PT. ZYX in Indonesia. MULTINETICS, 5(2), 46-51.

Rieger, C., & Majchrzak, T. A. (2019). Towards the definitive evaluation framework for cross-platform app development approaches. Journal of Systems and Software, 153, 175-199.

Rizal, R., & Rahmatulloh, A. (2019). Restful web service untuk integrasi sistem akademik dan perpustakaan Universitas Perjuangan. Jurnal Ilmiah Informatika, 7(01), 54-59.

Sasoko, D. M. (2022). Pentingnya perencanaan dalam upaya pencapaian tujuan yang efektif dan efisien. Jurnal Perspektif-Jayabaya Journal of Public Administration, 21(2), 83-89.

Subiantoro, S., & Sardiarinto, S. (2018). Perancangan sistem absensi pegawai berbasis web studi kasus: Kantor Kecamatan Purwodadi. Swabumi, 6(2).

Tsauri, S. (2013). Manajemen sumber daya manusia. STAIN Jember Press.

Wijonarko, D., & Aji, R. F. (2018). Perbandingan Phonegap dan React Native sebagai framework pengembangan aplikasi mobile. Jurnal Manajemen Informatika dan Sistem Informasi, 1(2), 1-7.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.