Penggunaan aplikasi sistem administrasi kendaraan pajak online (Sakpole) dalam pembayaran PKB tahunan di Samsat Surakarta
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui penggunaan aplikasi Sistem Administrasi Pajak Kendaraan Online (SAKPOLE) dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor di SAMSAT Surakarta; 2) mengetahui kendala penggunaan aplikasi Sistem Administrasi Pajak Kendaraan Online (SAKPOLE) dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor di SAMSAT Surakarta; 3) mengetahui solusi kendala penggunaan aplikasi Sistem Administrasi Pajak Kendaraan Online (SAKPOLE) dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor di SAMSAT Surakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Dengan menggunakan purposive dan snowball sampling, data penelitian diperoleh dari informan, peristiwa, dan dokumen. Wawancara, observasi, dan analisis dokumen dilakukan dengan teknik pengumpulan data. Keabsahan data diperoleh dengan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Teknik analisis data menggunakan analisis data interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan aplikasi SAKPOLE dalam pembayaran PKB tahunan meliputi: (1) meningkatkan kesadaran dalam membayar pajak, (2) mengurangi penggunaan biro jasa, (3) meningkatkan pendapatan, dan (4) mempercepat jasa.
Kata kunci : pusat administrasi pajak kendaraan bermotor Surakarta; sistem SAKPOLE; teknologi
Abstract: This study aims to: 1) determine the use of the Online Vehicle Tax Administration System (SAKPOLE) application in paying motor vehicle taxes at SAMSAT Surakarta; 2) find out the obstacles to using the Online Vehicle Tax Administration System (SAKPOLE) application in paying motor vehicle taxes at SAMSAT Surakarta; 3) knowing the solution to the constraints of using the Online Vehicle Tax Administration System (SAKPOLE) application in paying motor vehicle taxes at SAMSAT Surakarta. This study uses a type of qualitative research. Using purposive and snowball sampling, research data were obtained from informants, events, and documents. Interviews, observation, and document analysis collected data collection techniques. Data validity was obtained by source, technique and time triangulation. The data analysis technique uses interactive data analysis. The results of the study show that the use of the SAKPOLE application in annual PKB payments includes: (1) increasing awareness in paying taxes, (2) reducing the use of service bureaus, (3) increasing income, and (4) speeding up services.
Keywords: SAKPOLE application; SAMSAT Surakarta; technology
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, M. (2019). Analisis Efektivitas Aplikasi Sistem Administrasi Kendaraan Pajak Online (SAKPOLE) dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor di Provinsi Jawa Tengah (Studi Kasus SAMSAT Semarang 1). (Skripsi, Universitas Semarang) Semarang, Indonesia.
Armstrong, A. A., & Pilot, R. W. (2019). Application Documentation Effectiveness Monitoring and Feedback. United States Patent Application Publication, 2.
Darussalam, D. S., Kristiaji, B. B., & Vissaro, D. (2019). Era baru hubungan otoritas pajak dengan wajib pajak. DDTC.
Febrianti, S., & Sulandjari, R. (2019). Efektivitas Peran Public Relations Petugas Pelayanan Pada Kepuasan Masyarakat Desa Leyangan Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Jurnal Egaliter, 3(5). 68-89.
Fitrah, M., & Luthfiyah, D. (2017). Metodologi Penelitian; Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus.CV Jejak.
Kusumaningrum, F. R., Luhsasi, D. I., & Sitorus, D. S. (2020). Pengetahuan Dan Kesadaran Masyarakat Dalam Kepatuhan Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan Di Dusun Kalipanggang Desa Candirejo Tuntang. Jurnal Akuntansi dan Pajak, 21(1), 24-31.
Lindgren, I., Madsen, C. Ø., Hofmann, S., & Melin, U. (2019). Close encounters of the digital kind: A research agenda for the digitalization of public services. Government information quarterly, 36(3), 427-436.
Maulana, M. I., Maesaroh, & Widowati, N. (2022). Inovasi SAKPOLE (Sistem Administrasi Kendaraan Pajak Online) pada Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor di SAMSAT Semarang 2. Journal of Public Policy and Management Review, 11(2), 296-314.
Pamungkas, W. D., & Setiyawati, N. (2020). Pembangunan Aplikasi Go-Pajak Berbasis Mobile. POSITIF: Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi, 6(2), 112-120..
Parera, A. M. W., & Erawati, T. (2017). Pengaruh kesadaran wajib pajak, sanksi perpajakan, pengetahuan perpajakan, dan pelayanan fiskus terhadap kepatuhan wajib pajak bumi dan bangunan. Jurnal Akuntansi, 5(1), 37-48.
Semil, M.Si., D. (2018). Pelayanan Prima Instansi Pemerintah. Kencana.
Refbacks
- There are currently no refbacks.