Komunikasi interpersonal guru dan iklim komunikasi dalam pengaruhnya terhadap minat belajar siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi

Dwi Anggoro, Tri Wahyu Retno Ningsih

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh komunikasi interpersonal guru terhadap minat belajar siswa di SMAN 5 Depok. (2) pengaruh iklim komunikasi terhadap minat belajar siswa di SMAN 5 Depok. (3) pengaruh kualitas komunikasi interpersonal guru dan iklim komunikasi di kelas terhadap minat belajar siswa di SMAN 5 Depok. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 5 Depok yang mempelajari Ilmu Ekonomi yang berjumlah 929 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dengan sampel sebanyak 280 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah: (1) Minat belajar siswa sangat dipengaruhi oleh komunikasi interpersonal guru dengan nilai signifikansi sebesar 0,004 (t-statistik 2,931 > t-tabel 1,969). (2) Iklim komunikasi di dalam kelas berpengaruh kuat terhadap minat belajar siswa, dengan nilai kekuatan pengaruh signifikan sebesar 0,000 (t-statistik 11,918 > t-tabel 1,969). (3) terdapat hubungan secara simultan antara variabel komunikasi interpersonal guru dan iklim komunikasi dengan minat belajar siswa dengan nilai R² sebesar 0,656 (F-statistik 264,7 > F-tabel 3,028).

Kata kunci: iklim komunikasi kelas; komunikasi antar individu; kuantitatif; motivasi belajar

Abstract: This research aimed to determine (1) the effect of teachers' interpersonal communication on students' interest in learning at SMAN 5 Depok. (2) the effect of communication climate on students' interest in learning at SMAN 5 Depok. (3) the influence between the quality of teachers' interpersonal communication and communication climate in the classroom on students' interest in learning at SMAN 5 Depok. This research is quantitative research with a correlational approach.The population in this research were all SMA Negeri 5 Depok students who studied Economics, totaling 929 students. The sampling technique used was simple random sampling with a sample of 280 students. Data collection techniques used were questionnaires and documentation. The results of this research are: (1) Students' interest in learning was strongly influenced by the teacher's interpersonal communication with a significance value of 0.004 (t-statistic 2,931 > t-table 1,969). (2) The communication climate in the classroom has a strong effect on students' interest in learning, with a significant influence strength value of 0.000 (t-statistic 11,918 > t-table 1,969). (3) there is a simultaneous relationship between the teacher's interpersonal communication variables and the communication climate with students' interest in learning with an R² value of 0.656 (F-statistic 264,7 > F-table 3,028).

Keywords: classroom communication climate; interpersonal communication; interest in learning; quantitative


Keywords

iklim komunikasi kelas; komunikasi antar individu; kuantitatif; motivasi belajar; classroom communication climate; interpersonal communication; interest in learning; quantitative

Full Text:

PDF

References

Alkornia, S. (2017). Peran Komunikasi Interpersonal dalam Penyebaran Teknologi Green House di Sanggar Kegiatan Belajar Situbondo. Kanal: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 41-54. https://doi.org/10.21070/kanal.v6i1.1423

Cangara, H. (2014). Pengantar Ilmu Komunikasi. Rajawali Pers.

Cartono, C., & Maulana, A. (2019). Iklim Komunikasi, Iklim Organisasi, Dan Iklim Komunikasi Organisasi. ORASI: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 10(2), 228-235. DOI: 10.24235/orasi.v10i2.5420.

Irawan, D. (2016). Pengaruh iklim komunikasi organisasi terhadap kinerja pegawai kantor keluarga berencana Jakarta barat. Jurnal Kajian Komunikasi,4(2), 122 – 132 DOI: 10.24198/jkk.vol4n2.1

Kurtz, S., & Draper, J. (2017). Teaching and learning communication skills in medicine. CRC Press.

Meyzilia, A., Darsiharjo, D., & Ruhimat, M. (2019). Minat belajar geografi siswa SMA Negeri Se-Kabupaten Bangka. Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang pendidikan dan ilmu geografi, 24(1), 25-33 doi http://dx.doi.org/10.17977/um017v24i12019p025

Sari, D. P., & Rusmin, A. R. (2018). pengaruh iklim kelas terhadap motivasi belajar peserta didik di sman3 tanjung raja. Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 5(1), 80-88. DOI : 10.36706/jp.v5i1.5639

Zandvliet, D., Den Brok, P., & Mainhard, T. (Eds.). (2014). Interpersonal relationships in education: From theory to practice. Springer.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.